Ternak Website
Peluang Bisnis

Usaha Taman Bermain Anak Bernilai Edukatif

Usaha Taman Bermain Anak

Pembahasan kita kali ini adalah usaha taman bermain anak bernilai edukatif. Taman bermain atau play group merupakan sarana bermain dan bersosialisasi bagi anak-anak berusia 2-4 tahun. Di tempat ini balita belajar mengenal lingkungan lain selain lingkungan keluarga.

Usaha Taman Bermain Anak

Peluang Usaha Taman bermain anak (play group)

Namanya saja taman bermain, maka yang harus kita sediakan dalam taman bermain ya alat permainan sebanyak-banyaknya. Namun tak boleh asal, alat permainan ini harus aman, sesuai dengan tahap perkembangan anak dan bernilai edukatif.

Untuk membuat taman bermain yang berani beda, kami menawarkan sebuah ide play group multiple intelligence. Multiple Intelligence atau kecerdasan majemuk adalah teori kecerdasan yang ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner (profesor pendidikan di Havard University).

Dr Howard Gardner mengusulkan delapan kecerdasan yang berbeda untuk menjelaskan potensi manusia pada anak-anak dan orang dewasa. Kecerdasan ini adalah

  1. Linguistic intelligence (kecerdasan bahasa)
  2. Kecerdasan logis-matematis (kecerdasan angka / penalaran)
  3. Kecerdasan spasial (picture smart)
  4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani (body smart)
  5. Kecerdasan musikal (music smart)
  6. Kecerdasan interpersonal (orang pintar)
  7. Kecerdasan intrapersonal (self smart)
  8. Kecerdasan naturalis (nature smart)

Play group multiple intelligence adalah sebuah play group yang mampu mendeteksi secara dini 8 jenis kecerdasan yang dimiliki anak. Meskipun sekedar bermain, namun permainan dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk mengukur tingkat tiap jenis kecerdasan anak. Kadangkala orang tua merasa bingung ketika anaknya yang berusia hampir 4 tahun masih sulit menghitung satu sampai lima.

Padahal kemungkinan anak tersebut memang tingkat kecerdasan logis-matematisnya rendah, namun ia pasti memiliki beberapa jenis kecerdasan lain yang menonjol. Nah, dengan menerapkan teori-teori multiple intelligence, sebuah play group dapat menjelaskan jenis-jenis kecerdasan yang menonjol pada tiap anak. Ini penting agar orang tua atau siapa pun tak serta merta menganggap anaknya telmi atau lambat berfikir.

Untuk mendirikan play group multiple intelligence atau buka usaha taman bermain anak ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pakar pendidikan atau mempelajari sendiri buku-buku multiple intelligence.

Strategi awal bisnis taman bermain anak

Berkut beberapa strategi awal buka usaha taman bermain anak yaitu :

  1. Susun silabus yang mengacu pada pengakomodasian delapan jenis kecerdasan. Silabus digunakan sebagai dasar untuk membuat rencana kegiatan harian, rencana penilaian anak hingga format pengukuran 8 jenis kecerdasan anak.
  2. Tentukan jenis-jenis alat permainan edukatif yang sesuai silabus.
  3. Rekrut tenaga pengajar yang berlatar belakang pendidikan atau psikologi perkembangan anak.
Permodalan bisnis taman bermain anak

Modal usaha taman bermain anak di antaranya sebagai berikut :

  1. Sewa tempat jika Anda belum memiliki bangunan sendiri untuk usaha ini. Tempat yang diperlukan cukup luas. Selain ruang bermain dan ruang administrasi, diperlukan halaman untuk bermain menunggu dan memarkir kendaraan.
  2. Alat permainan adukatif mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Jenisnya sangat banyak, Anda bisa memilih dalam katalog alat permainan edukatif (APE).
  3. Meja kursi anak, kursi penunggu, white board dan ATK.
  4. Perlengkapan makan dan kebersihan. Perlengkapan makan diperlukan untuk pemberian snack atau makan porsi kecil pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Analisis bisnis taman bermain anak

Berikut contoh analisis bisnis dari taman bermain anak yang bisa Anda pakai

Modal usaha taman bermain anak (awal)
Sewa tempat dan renovasi per tahun Rp 10.000.000
Alat permainan edukatif berbagai jenis Rp 10.000.000
Baju seragam 30 stel x Rp 50.000 Rp 1.500.000
Meja kursi, white board, ATK, dll Rp 5.000.000
Perlengkapan administrasi (komputer + printer, lemari, dll) Rp 5.000.000
Perlengkapan makan dan kebersihan Rp 1.000.000
Total modal awal Rp 32.500.000
Biaya operasional
Gaji pengajar 3 orang Rp 4.500.000
Gaji karyawan 2 orang Rp 1.000.000
Bahan permainan anak dan ATK Rp 1.000.000
Perawatan alat dan kebersihan Rp 300.000
Listrik dan telepon Rp 500.000
Total per bulan Rp 7.300.000
Total per tahun Rp 87.600.000
Perhitungan laba
Pemasukan per bulan 30 murid x Rp 150.000 x 12 bulan Rp 54.000.000
Uang masuk 30 murid x Rp 2.500.000 Rp 75.000.000
Total pemasukan per tahun Rp 129.000.000
Biaya operasional Rp (87.600.000)
Laba per tahun Rp 41.400.000

Peluang usaha taman bermain anak di atas diperkirakan BEPnya 10 bulan

Kiat dan pemasaran usaha taman bermain anak

Peluang bisnis taman bermain anak ini harus bisa Anda manfaatkan dengan baik. Berikut beberapa kiat pemasaran dari bisnis ini :

  1. Tonjolkan bahwa play group milik Anda mengusung konsep yang lebih unggul, yakni konsep multiple intelligence atau kecerdasan majemuk.
  2. Adakan seminar untuk para orang tua murid tentang delapan kecerdasan yang dimiliki anak. Dalam seminar tersebut, kenalkan kurikulum dan berbagai program unggulan dalam play group. Yakinkan para orang tua murid bahwa dengan memasukkan anaknya ke play group Anda, mereka dapat mengetahui perkembangan tipe-tipe kecerdasan putra-putrinya.
  3. Buatlah brosur dan pamflet, terutama menjelang tahun ajaran baru. Carilah bahan dan bentuk brosur yang eksklusif untuk meyakinkan bahwa play group Anda bukan sembarang play group.
  4. Pasang iklan di media cetak radio dan internet. Gunakan momen-momen yang tepat misalnya menjelang tahun ajaran baru agar iklan tidak mubazir.
  5. Adakan training bagi para pengajar agar mereka benar-benar dapat mengadakan penilaian dengan tepat terhadap anak.

Sekian info terkait dengan usaha taman bermain anak bernilai edukatif, kami harap post kali ini mencerahkan kalian. Kami berharap post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment