Peluang Bisnis

Usaha Makanan Camilan Kekinian dengan Prospek Menjanjikan

Bisnis Makanan Camilan

Mau menjalankan bisnis rumahan yang mudah Anda lakukan? Jualan makanan camilan merupakan peluang bisnis yang bisa Anda jalani. Ingin tahu caranya? Simak artikel panduan usaha makanan camilan kekinian ini hingga tuntas.

Bisnis Makanan Camilan

Produk Camilan

Saat ini makanan camilan banyak diminati oleh masyarakat. Carnilan merupakan jenis makanan yang praktis untuk disantap di kala santai menerima tamu, bahkan menjadi makanan favorit bagi para peiajar den mahasiswa pada saat mengerjakan pekerjaan rumah.

Selain itu, harganya pun cukup terjangkau di kantong / kocek masyarakat pada umumnya. Oleh sebab itu, bisnis makanan camilan bisa jadi alternatif bagi Anda yang mau memulai usaha.

Persiapan Jualan Produk Camilan

Bila mau berbisnis produk camilan, berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan.

  1. Menyiapkan tempat di rumah, misalnya dengan mengambil bagian depan rumah untuk disulap menjadi tempat berjualan camilan sehingga tidak perlu membuka kios.
  2. Modal yang harus disediakan bergantung pada produk camilan yang akan Anda jual, apakah hasil produksi sendiri atau hanya menjadi distributor saja (membeli dari agen). Uraian yang akan dipaparkan dalam tulisan ini adalah produk camilan yang dibeli dari agen.
  3. Mempunyai kemahiran dalam menentukan dan membuat prediksi harga agar Anda memperoleh keuntungan yang diinginkan.
Pelaksanaan Usaha Produk Camilan

Untuk melakukan bisnis ini, Anda perlu melakukan langkah­langkah berikut :

  1. Mencari tahu pusat produksi camilan terlengkap di kota atau daerah Anda.
  2. Melakukan tawar menawar pada pihak produksi saat Anda membeli produk camilan tersebut. Ada baiknya jika Anda membeli dalam jumlah grosiran.
  3. Mengemas produk makanan camilan pada kantong plastik dalam berbagai ukuran tertentu, misalnya :
  • 100 gram,
  • 250 gram,
  • 1 kg,
  • dan sebagainya.

Promosi dan Pemasaran Bisnis Camilan

Makin banyak media yang dipakai untuk pemesanan maka makin besar juga peluang untuk menjadikan produk camilan Anda dikenal banyak orang. Beberapa media yang bisa Anda pakai untuk memasarkan usaha camilan di antaranya sebagai berikut :

  1. Pemasaran dari mulut ke mulut. Anda bisa memberitahu keluarga, tetangga, sahabat, dan sebagainya bahwa Anda membuka usaha / jualan makanan camilan.
  2. Pemasangan plang atau spanduk tentang produk jualan di depan rumah Anda. Sehingga calon pelanggan dapat mengetahui bila ada toko camilan di situ.
  3. Pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan pun bisa jadi salah satu daya tarik untuk menjaring pelanggan.

Hambatan Berjualan Produk Camilan

Meskipun bisnis ini terkesan simpel, namun ada beberapa hambatan yang akan Anda temui. Berbagai hambatan yang mungkin bisa terjadi dalam bisnis ini di antaranya yaitu :

  1. Tidak semua makanan camilan dapat bertahan lama. Ada juga makanan camilan yang mudah tengik sehingga pelanggan tak tertarik untuk membelinya.
  2. Jika ada makanan camilan yang tidak habis atau basi, camilan tersebut akan terbuang percuma dan usaha Anda akan mengalami kerugian.

Analisis Usaha Makanan Camilan

Berikut ini contoh proposal bisnis makanan camilan yang dapat Anda perhatikan (angka di bawah hanya estimasi tahun 2009)

Modal awal
Peralatan
Timbangan Rp 100.000
Toples Rp 1.000.000
Sealer Rp 200.000
Kalkulator Rp 70.000
Jumlah Rp 1.370.000
Perlengkapan
Kantong pembungkus Rp 50.000
Kantong plastik Rp 50.000
Jumlah Rp 100.000
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
Macam­macam makanan camilan 30 hari x Rp. 100.000 Rp 3.000.000
Biaya-biaya
Makanan camilan Rp 1.500.000
Listrik dan telepon Rp 100.000
Transportasi Rp 150.000
Lain-lain Rp 50.000
Biaya perlengkapan Rp 100.000
Biaya penyusutan peralatan Rp 28.521
Jumlah biaya Rp 1.128.521
Laba / (Rugi) Bersih

= pendapatan – biaya­biaya

= Rp 3.000.000 – Rp 1.128.521

Rp 1.871.479

Catatan :

Peralatan untuk bisnis makanan camilan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan punya nilai residu sebesar Rp 1.000. Penyusutan peralatan memakai metode garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 1.370.000 – Rp 1.000) / 4 = Rp 342.250 per tahun atau sama dengan Rp 28.521 per bulan.

Baca juga : Usaha Jualan Sepatu Rumahan

Sekian informasi seputar usaha makanan camilan kekinian dengan prospek menjanjikan, semoga post ini berguna buat Anda. Mohon artikel mompreneur ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : 99 Bisnis Ibu Rumah Tangga, Penerbit+

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!