Ternak Website
Wisata

Tips Liburan Murah dan Hemat sesuai Budget

Tips Liburan Murah

Apakah Anda sedang merencanakan untuk liburan? Bila iya, Anda harus merencanakannya dengan sebaik-baiknya apalagi masalah anggaran / budget. Oleh karena itu simak tips liburan murah dan hemat di artikel ini hingga tuntas.

Tips Liburan Murah

Tips Liburan Murah

Liburan tak selamanya mahal dan mengeluarkan budget / anggaran yang besar. Waktu liburan bisa Anda habiskan dengan menyenangkan bahkan dengan budget yang bisa diatur sendiri.

Berikut ini beberapa tips liburan murah dan hemat. Dengan tips ini bisa menolong Anda dalam mengatur liburan yang menyenangkan dengan budget minimum.

a. Lakukan Survei Lokasi Liburan

Tips liburan murah pertama yaitu Anda harus melakukan survei terlebih dahulu. Carilah info sebanyak mungkin tentang lokasi wisata tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa tempat yang ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi Anda.

Survei ini bisa Anda lakukan melalui :

  • internet,
  • buku-buku wisata,
  • teman yang sudah berpengalaman,
  • brosur dari agen travel,
  • dan sebagainya.

Selain itu, dengan melakukan survei Anda bisa mulai menghitung kisaran uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang dituju. Dan juga dapat mengetahui bila ada promosi atau diskon. Sehingga kemauan Anda untuk berhemat jadi lebih mudah.

b. Tentukan Budget

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran adalah menentukan budget Traveling Anda. Tentukan budget / anggaran minimal yang Anda butuhkan untuk :

  • transportasi,
  • akomodasi,
  • biaya makan sehari-hari,
  • dan lainnya.

Kemudian lebihkan sekitar 30% dari budget di atas untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan dapat batasan dan terhindar dari berbagai biaya yang tak perlu.

c. Pemesanan dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan menentukan tempat tujuan, sekarang Anda harus mulai memesan :

  • tiket transportasi,
  • tempat penginapan,
  • tiket tempat wisata di lokasi,
  • dan sebagainya.

Biasanya jika pemesanan dilakukan sebelum hari H, Anda akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah. Atau bisa juga Anda dapat berbagai penawaran menarik lainnya selama liburan.

d. Pergi Bukan di Musim Liburan

Kebanyakan tempat wisata, harga pada waktu musim liburan akan jadi lebih mahal daripada saat di musim biasa. Oleh karena itu, tips liburan murah dan hemat jika Anda pergi sebelum atau setelah musim liburan.

Selain itu, Anda bisa lebih leluasa bila pergi bukan di musim / waktu liburan. Karena biasanya lebih sepi, jadi bisa lebih menikmati liburan.

e. Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Lupakan tentang liburan mewah jika Anda mau berhemat. Tapi jangan sampai karena Anda sangat berhemat, liburan jadi tak nyaman. Utamakan kenyamanan liburan Anda, baik dalam memilih :

  • transportasi,
  • tempat tinggal,
  • pemandu liburan,
  • dan sebagainya.

Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi bila Anda dapat berliburan dengan nyaman, mewah, namun murah. Bila mau liburan yang nyaman tapi hemat, pakai tips liburan murah ini :

1. Gunakan transportasi umum ketika keliling tempat wisata

Sebisa mungkin untuk menghindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan liburan Anda. Selain untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda juga akan lebih leluasa untuk berpindah-pindah obyek wisata.

Di mana perpindahan obyek wisata satu ke yang lain mungkin sulit untuk dilalui kendaraan pribadi. Tetapi untuk obyek wisata yang dekat dengan penginapan, Anda bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki.

2. Gunakan kereta atau bus ke tempat tujuan liburan

Dari pada memakai pesawat, akan lebih baik bila Anda memakai kereta atau bus yang umumnya lebih murah dari tiket pesawat. Dengan menggunakan kereta atau bus, Anda sekaligus dapat menikmati pemandangan di luar sana.

Lakukan perjalanan ini pada malam hari agar kita bisa tidur di dalam kereta / bus dan menghemat biaya menginap.

3. Cari penginapan murah yang layak dan dekat dengan obyek wisata

Anda dapat memanfaatkan situs internet yang menyediakan referensi penginapan atau hotel murah yang tentunya dekat dengan obyek wisata yang akan dikunjungi, dan biasanya akan ada diskon atau potongan harga pada setiap akhir bulan.

Hal ini juga bisa lebih menghemat waktu dan biaya bila ingin ke obyek wisata. Bila penginapan murah dan dekat, Anda tinggal jalan kaki saja ketika ingin ke obyek wisata tersebut.

f. Bawa Uang Tunai

Tips liburan murah yang keenam yaitu selalu bawa uang tunai selama Anda traveling. Tentu saja ini bukan Anda gunakan untuk berfoya-foya. Namun dengan membawa uang tunai, Anda akan lebih dapat mengatur pengeluaran selama liburan.

Dengan membawa uang tunai, Anda dapat melihat langsung berapa sisa uang yang ada. Sehingga Anda bisa berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

Bila takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja. Tapi Anda tetap harus membawa debit dan kartu kredit yang masih aktif. Hal ini untuk membantu Anda ketika memerlukan uang mendadak.

g. Catatlah Pengeluaran Selama Liburan

Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang Anda lakukan meskipun itu nilainya kecil. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengatur dan mengetahui kemana saja uang Anda mengalir.

Dengan mengetahui itu semua, Anda dapat menekan kemungkinan untuk boros dan berfoya-foya. Karena hal tersebut akan membuat liburan jadi mahal.

h. Prioritaskan Objek Wisata sesuai Rencana

Tips liburan murah yang kedelapan yaitu prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi dan sebisa mungkin hindari tourist spot. Seringkali destinasi / objek wisata terkenal akan menetapkan tarif masuk yang tinggi.

Tidak ada salahnya apabila ingin mendatangi objek wisata tersebut. Yang harus Anda lakukan yaitu mengimbanginya sesuai dengan budget liburan / jalan-jalan Anda.

Selain itu hindari juga tourist spot karena pada umumnya harganya mahal seperti :

  • tiket masuk,
  • souvenir,
  • dan sebagainya.

Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan memprioritaskan yang ada direncana.

i. Makan di Pedagang Kaki Lima

Tips liburan murah yang kesembilan yaitu makanlah di pedagang kaki lima dan belanja cemilan di minimarket. Urusan makan lebih baik beli di warung-warung kaki lima atau lesehan karena harganya lebih murah dari beli di restoran.

Bila Anda tidak bawa bekal dari rumah maka belilah cemilan dan air minum di minimarket yang harganya lebih efisien daripada di tempat wisata. Hal ini bisa lebih menghemat biaya liburan Anda.

j. Membeli Oleh-Oleh dengan Bijak

Hal ini perlu jadi pokok pikiran Anda yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan.

Saat pergi ke tempat liburan, sangat dianjurkan untuk membeli oleh-oleh dan beberapa barang supaya Anda dapat mengenang momen-momen liburan tersebut.

Tetapi jangan dijadikan belanja sebagai prioritas utama Anda jika tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya. Anda bisa membeli oleh-oleh di pasar tradisional terdekat. Bila ingin lebih berhemat lagi maka Anda harus bisa menawar barang tersebut.

Ada satu hal yang terpenting ketika melakukan liburan, yaitu Anda menikmati liburan dan mendapatkan pengalaman. Meskipun mencoba untuk berhemat, jangan berhemat sampai keterlaluan, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal.

Nikmati liburan Anda walaupun harus mengeluarkan budget yang sedikit lebih besar.

Perhatikan Tips Liburan Murah, Sekarang!

Setelah menerapkan berbagai tips di atas maka rencana liburan Anda bisa berjalan dengan baik. Selain tips ini Anda harus mempersiapkan kesehatan dengan maksimal.

Kami di sini merekomendasikan produk suplemen herbal kami untuk menjaga kesehatan Anda sebelum liburan. Dengan mengonsumsi produk herbal kami maka kesehatan Anda bisa terjaga selama liburan.

Bila saat ini Anda mau bisnis tourism-nya maju, selalu rekomendasikan tips liburan murah dan hemat ini pada klien. Hal ini agar klien puas dan lebih percaya pada bisnis Anda.

Sehingga dikemudian hari bila mau berlibur mereka akan memilih bisnis tourism Anda. Atau mereka akan merekomendasikan pada yang lain untuk memilih bisnis tourism Anda. Dengan begitu impian untuk sukses menjadi womanpreneur dalam bisnis toursim akan Anda raih

Sekian informasi terkait dengan tips liburan murah dan hemat sesuai budget, semoga post ini mencerahkan Anda. Kami berharap postingan liburan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!