Keuangan

Tips Bayar Cicilan Tapi Keuangan Tetap Aman

Tips Bayar Cicilan Tapi Keuangan Tetap Aman

Punya cicilan tapi takut bila bayar akan mempengaruhi keuangan Anda? Jangan takut bayar hutang / cicilan bila memang punya. Terapkan saja tips bayar cicilan tapi keuangan tetap aman ini hingga selesai.

Tips Bayar Cicilan Tapi Keuangan Tetap Aman

Tips Bayar Cicilan Tapi Keuangan Tetap Aman

Anda tetap bisa bayar cicilan dengan aman bila menerapkan tips di bawah. Yuk, simak tips di bawah ini agar Anda bisa mengatur keuangan saat memiliki cicilan!

1. Susun Skala Prioritas Keuangan

Saat membuat anggaran, perhitungkan dengan baik segala keperluan / kebutuhan. Hal ini supaya pengeluaran bisa menjadi sepadat mungkin. Ketika jumlah pengeluaran jadi semakin kecil, maka kondisi keuangan bisa terkontrol dengan baik.

Catat semua utang sehingga Anda bisa membuat kategori utang, seperti :

  • suku bunganya paling tinggi,
  • utang dengan nominai besar,
  • sifatnya seperti pinjaman lunak,
  • dan sebagainya.

Kemudian susun berdasarkan skala prioritas utang yang wajib hukumnya untuk segera lunas. Misalnya :

  • utang dengan suku bunga paling tinggi,
  • utang yang nominalnya paling besar,
  • dan sebagainya.
2. Kontrol Keuangan dengan Tidak Konsumtif

Utang konsumtf adalah utang yang di mana hanya untuk membeli barang-barang yang nilanya selalu mengalami depresiasi atau penurunan di masa depan. Misalnya :

  • kendaraan bermotor,
  • peralatan eletronik,
  • gadget,
  • dan sebagainya.

Lalu, dalam kondisi banyak utang seperti ini, Anda harus berhenti menggunakan kartu kredit. Meskipun itu Anda gunakan untuk membayar secangkir kopi di kafe langganan.

3. Selalu Bayar Tepat Waktu

Niat dan usaha akan sia-sía jka tidak beriringan dengan pembayaran tepat waktu. Hal ini karena Anda tidak bersungguh-sungguh dalam mengelola utang. Plus malah bisa menambah beban utang. Setiap keterlambatan pembayaran cicilan tentunya akan ada denda yang harus Anda bayar. Apalagi jika Anda menunggak hingga berbulan-bulan.

4. Jauhi Prinsip “Gali Lubang – Tutup Lubang”

Anda harus menghindarì membayar utang dengan berutang lagi. Karena ini bukanlah strategi keuangan yang tepat. Ini hanya akan membuat Anda makin sulit untuk keluar dan utang yang ada. Satu lubang utang mungkin bisa tertutup dengan cara ini, namun tetap saja penghasilan Anda akan tetap berkurang untuk menutupi utang berikutnya.

5. Cari Penghaslian Tambahan

Salah satu cara paling efektit untuk menanggulangi utang yang menumpuk yaitu dengan mencari penghasilan (income) tambahan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari mengambil pekerjaan sampingan hingga membuka usaha rumahan.

Anda pun bisa mulai melakukan investasi untuk menghindari berutang di masa depan. Investasi bisa sebagai cara Anda menabung, bahkan tabungan Anda dapat berkembang. Pada zaman yang sudah modern sudah banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan dengan modal minim.

Baca juga : Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil dan Sehat

Demikian info seputar tips bayar cicilan tapi keuangan tetap aman, kami harap artikel ini berguna buat kalian. Mohon post keuangan keluarga (financial family) ini kalian viralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!