Kanker Payudara

Tipe Operasi Kanker Payudara yang bisa Dilakukan

Kali ini kami akan bahas mengenai tipe operasi kanker payudara yang bisa dilakukan. Secara umum, semakin kecil tumor, dianjurkan untuk dilakukannya operasi. Operasi yang dilakukan dalam mengobati penyakit kanker ada beberapa macam atau tipe. Untuk penjelasan selengkapnya bisa di baca di bawah ini :

Tipe Operasi Kanker Payudara yang bisa Dilakukan

Tipe Operasi Kanker Payudara

Berikut adalah type-type operasi kanker payudara :

a. Lumpectomy

Lumpectomy (Partial mastectomy / Segmental mastectomy) mengangkat tumor dan membersihkan jaringan sekitar tumor. Untuk DCIS dan Kanker yang invasive, biasanya terapi radiasi pada area yang terkena tumor diberikan.

b. Axillary limph node

Limph node mengangkat titik-titik kelenjar getah bening ketiak, kemudian sel kankernya diteliti oleh ahli patology.

c. Sentinel lymp node biopsy

Prosedur dimana ahli bedah akan mencari dan kemudian mengangkat kelenjar getah bening utama pada ketiak (sentinel lymph node) yang langsung berhubungan dengan payudara. Ahli patology kemudian akan meneliti sel-sel kankernya. Untuk mengidentifikasi sentinel lymp node ahli bedah akan menyuntikkan suatu cairan dan/atau radioactive tracer kedalam area sekitar puting payudara.

Cairan atau tracer tadi akan mengalir ketitik titik kelenjar getah bening yang pertama akan sampai ke sentinel lymp node Ahli bedah akan menemukan titik-titik pada KGB (kelenjar Getah Bening) yang warnanya berbeda (apabila digunakan cairan) atau pancaran radiasi (bila menggunakan tracer).

Cara ini biasanya mempunyai resiko rendah akan terjadinya lymphedema (pembengkakan pada lengan) daripada axillary lymp node dissection. Bila ternyata hasilnya sentinel node bebas dari penyebaran kanker, maka tidak ada operasi lanjutan untuk KGB. Apabila sebaliknya maka dilanjutkan operasi pengangkatan KGB.

Wanita yang sudah dilakukan mastectomy kemudian bisa mempertimbangkan untuk melakukan breast reconstruction yaitu ahli bedah akan membuatkan payudara baru. Rekonstruksi bisa dilakukan dengan mengambil jaringan dari bagian tubuh lain. Atau dengan implant sintetis. Hal ini bisa dilakukan langsung pada saat mastectomy bisa juga sesudahnya.

d. Adjuvant Therapy

Adalah pengobatan yang diberikan sebagai tambahan pengobatan setelah operasi. Tujuannya untuk mengurangi resiko kanker untuk kambuh. Tapi setiap pengobatan kanker tidak ada yang pasti akan melenyapkan kanker (hanya Tuhan yang tahu, manusia berikhtiar saja). Adjuvant theraphy antara lain : Terapi Radiasi, Chemotherapy, Hormon terapi dan Targeted Therapy.

Di bawah ini adalah garis besar beberapa tipe operasi kanker payudara yang termasuk adjuvant therapy :

1. Hormon Therapy

Terapi hormone berguna bagi pasien yang hasil biopsynya menunjukkan hasil positive untuk Estrogen receptor (ER +) dan Progesterone receptors (PR +) tipe kanker ini berarti pertumbuhan dipengaruhi oleh hormon-hormon tersebut sehingga diperlukan obat untuk memblock hormon untuk membatasi / mengerem pertumbuhan tumor.

Pemakaiannya bisa sendiri atau bersamaan dengan obat chemotherapy. Contoh terapi hormone sebagai adjuvant therapy adalah tamoxifen, anastrozole (arimidex), letrozole (femara) dan exemestane (aromasin).

  • Estrogen receptor
  • Estrogen
  • Estrogen helper protem
  • Cell nucleus
  • DNA (genetic material) inside the cell nucleus

Cell with estrogen receptors blocked by tamoxifen and helper protein :

  • Estrogen receptor
  • Tamoxifen
  • Estrogen helper protem.
  • Tamoxifen helper protem
  • Cell nucleus
  • DNA (genetic material) inside the cell nucleus
2. Targeted Therapy

Adalah termasuk obat baru yang bekerja untuk mengerem / menghentikan aksi dari protein abnormal (HER2/neu) yang menyebabkan sel kanker tumbuh dan membelah tak terkontrol. Monoclonal antibodies targete protein yang biasanya ada dalam jumlah yang besar di dalam sel kanker.

Obat lainnya :

  • Trastuzumab (Herceptin) dipakai sebagai obat untuk kanker payudara yang mengandung terlalu banyak protein HER2 / neu.
  • Bevacizumab (Avastin) adalah antiangiogenic. (masih dalam percobaan klinis). Antiagiogenesis agent ini memblock angiogenesis (formasi dari pembuluh darah baru) yang dibutuhkan tumor untuk berkembang dan metastasis.

Demikian info seputar tipe operasi kanker payudara yang bisa dilakukan, kami harap postingan ini berguna buat Anda. Tolong postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Comment