Ternak Website
Tips Bisnis

The Power of WOW Factor untuk Bisnis

WOW Factor

Apa itu Faktor WOW? Jalan pintas namun pasti untuk merebut perhatian di tengah lautan produk baru yang bermunculan setiap hari. Itu salah satu dari the power of WOW Factor atau Faktor WOW. Mau tahu kekuatan / power lainnya, simak artikel ini hingga selesai.

WOW Factor

Persaingan Bisnis

Persaingan di bisnis (terutama bisnis kuliner) pada dasarnya memiiki barrier of entry yang rendah. Sebab produk yang ditawarkan bisa diproduksi dengan relatif lebih mudah dibandingkan produk-produk teknologi, misalnya.

Ibaratnya, Anda cukup sedia peralatan dapur yang sederhana, maka Anda bisa mulai berjualan produk kuliner. Tidak heran jika pesaing baru bisa bermunculan dalam jumlah hingga ratusan setiap bulannya.

Rendahnya barrier of entry tersebut semakin didukung oleh terbukanya informasi. Di mana semua orang bisa selalu tahu produk apa yang sedang menjadi tren dan mulai memproduksinya.

Informasi yang kian hari menjadi kian horizontal dan demokratis membuat semua orang menjadi pebisnis potensial. Yang hanya dipisahkan oleh jurang kemauan dan tekad saja.

Akhirnya, produk-produk kuliner yang tampil sebagai tren pun datang silih berganti. Dengan product lifetime yang semakin singkat dan pasar yang mudah jenuh saat semua pebisnis menawarkan produk yang sama.

Fenomena tersebut melahirkan sebuah tanda tanya besar, “Bagaimana cara bisnis dapat bertahan dan menang di era yang sangat gila ini?”

Pertanyaan yang masuk akal sebab terlalu banyak kemungkinan sebuah produk diluncurkan dan gagal. Karena sudah banyak pesaing yang lebih dulu meluncurkan produk sejenis.

Atau momen peluncurannya sudah tak lagi tepat karena trennya sudah berlalu, sementara biaya produksi sudah dikeluarkan dan tak bisa kembali.

Berkutat hanya di pertanyaan tersebut saja bisa menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran yang lantas menahan langkah untuk maju. Harus ada satu jalan keluar yang membuat produk yang Anda tawarkan bisa menarik perhatian.

Dengan cara :

  • menjadi pembeda,
  • mengawali tren, dan
  • mempertahankannya selama mungkin.

Masalahnya : mungkinkah?

Waktunya Menggebrak dengan Faktor WOW

Saat Anda bingung, ragu, dan takut gagal untuk meluncurkan produk baru karena sudah banyak produk lain yang sejenis di pasar. Maka selalu ingat satu mantra yang bisa sangat membantu.

Satu jurus yang bisa membuat keseluruhan penawaran Anda jadi lebih menarik di antara ribuan kompetitor. Yang akan sulit dilewatkan apalagi ditolak oleh calon konsumen Anda. Satu mantra itu adalah WOW Factor / Faktor WOW.

Seorang pakar pemasaran memberikan penekanan tentang faktor WOW dengan sebuah cara yang tidak akan dilupakan. Pakar tersebut berjalan-jalan ke sebuah peternakan penuh dengan sapi yang sangat tipikal dengan warna hitam putihnya yang monokrom.

Kemudian saat dia meminta menunjuk satu ekor sapi yang paling menarik perhatian, dapatkah Anda melakukannya dengan mudah? Tentu tidak karena semua sapi terlihat sama. Tidak Anda temui sapi yang, katakanlah, lebih mancung hidungnya.

Tapi saat seekor sapi berwarna ungu melenggang di antara ratusan sapi tersebut. Tentu perkara memilih sapi yang paling menarik tak lagi menjadi sulit bagi Anda.

SEEKOR SAPI YANG MEMBUAT ANDA BERKATA, “WOW!”

Saat ratusan sapi lainnya berwarna hitam putih, apalagi hal tersebut sudah berlaku dan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Maka wajar jika Anda tercengang dan terbelalak saat ada seekor sapi berwarna ungu.

Anda bahkan mungkin akan berulang kali mengecek mata, karena tak percaya dengan yang dilihat. Bahkan Anda mungkin akan mencari tahu lebih lanjut tentang sapi ungu ini tanpa diminta.

Begitulah cara WOW Factor bekerja. Ia melangkahi batas-batas definisi diferensiasi produk. Bukan hanya untuk sekadar menjadikan produk Anda berbeda. Namun juga membuat siapapun yang melihatnya terkesan dan ingin mencari segala hal tentangnya lebih lanjut.

Dampak Faktor WOW

Harus WOW banget nih? Kenapa? Banyak pebisnis yang seolah lupa pentingnya “cinta pada pandangan pertama”.

Mereka lebih memilih untuk terus berteriak menawarkan produk pada setiap orang yang lewat. Dan mereka juga berharap akhirnya mereka akan penasaran dan mencoba mencari tahu.

Padahal, yang terjadi justru mereka seringkali terganggu dengan brand yang terlalu sibuk menjejali kuping dengan pesan-pesan pemasaran yang masif. WOW Factor hadir sebagai sebuah antitesis.

Faktor WOW adalah langkah pertama untuk menjadikan produk Anda sebagai “cinta pada pandangan pertama”. Lantas, apa dampak positifnya?

1. Traffic Yang Lebih Tinggi

Produk yang memiliki WOW Factor akan mendapatkan perhatian lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Bahkan lebih dari sekadar menarik perhatian, namun juga memancing rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Anda sendiri pasti pernah melihat suatu produk di internet yang menjadi fenomena di tengah masyarakat. Di mana fenomena tersebut membuat Anda pun tergerak untuk mencari tahu :

  • apa itu?
  • berapa harganya?
  • di mana bisa mendapatkannya?

Akhirnya rasa penasaran itu menggiring Anda ke laman demi laman berikutnya. Bayangkan jika proses itu dilalui oleh jutaan orang sekaligus, maka traffic mengalami peningkatan signifikan.

Apapun platform jualan produk tersebut, baik itu :

  • media sosial,
  • web,
  • WhatsApp,
  • dan sebagainya.

Persis seperti yang diungkapkan oleh pakar pemasaran :

“PENASARAN ADALAH PEMASARAN”

Semakin produk Anda bisa membuat banyak orang penasaran, maka semakin WOW pula produk Anda itu. Dan semakin tinggi pula dia mampu mendatangkan traffic pengunjung, serta lebih besar pula peluangnya untuk menciptakan penjualan.

Prinsip ini tentu bukanlah hal yang baru. Maka mengabaikan faktor WOW hanya akan membuat produk Anda tertinggal jauh di belakang. Apalagi di tengah persaingan yang berdarah-darah bersama para kompetitor Anda seperti saat ini.

2. Kartu AS yang dapat Diandalkan

Sekali bisa menemukan WOW Factor, maka Anda bisa menjadikannya andalan dalam pesan-pesan pemasaran yang Anda buat untuk jangka waktu lama.

Anda tinggal mengangkatnya dari berbagai sudut pandang. Dan tak lupa mengaitkannya dengan masalah yang dialami oleh audiens Anda agar tetap relevan. Dengan faktor WOW, Anda punya bahan bakar yang tak pernah habis untuk membuat konten pemasaran.

3. Viralitas Yang Hemat Biaya

Efek domino dari konten-konten seputar WOW Factor dan produknya sendiri yang menciptakan rasa penasaran yang terus berputar-putar bagai sebuah siklus.

Pada akhirnya akan menciptakan viralitas di mana konten tak lagi hanya diproduksi oleh Anda sendiri. Namun juga orang-orang yang rasa penasarannya terjawab setelah mengonsumsi produk Anda.

Konten yang mereka buat dan bagikan bersama-sama akan membuat brand dan produk Anda masuk ke skala awareness yang lebih tinggi lagi. Hal ini akhirnya dapat berdampak pada efektivitas dan efisiensi pemasaran yang meningkat drastis.

Akhirnya ada begitu banyak biaya pemasaran yang dapat dihemat. Atau bahkan dialokasikan untuk hal-hal lain dalam aktivitas pemasaran maupun non-pemasaran yang lebih strategis.

Menciptakan Faktor WOW

Dari mana WOW Factor diciptakan? Untuk menciptakan faktor WOW, Anda harus memahami rumusnya, yaitu :

  1. Why
  2. Offer
  3. Who

Setelah memahami rumusan di atas, Anda juga perlu mengidentifikasi dari mana saja faktor WOW dapat dihasilkan. Apa saja sih faktor yang bisa menghasilkan faktor WOW? Berikut beberapa di antaranya :

  1. Produk
  2. Konten & Influencer
  3. Promosi Yang Bombastis
  4. Packaging / Kemasan
  5. Extreme Pricing
  6. Lokasi Yang Menakjubkan
  7. Story Telling

Selain itu, Anda juga harus tahu jalur cepat menciptakan WOW effect. Berikut jalur cepatnya :

  1. Lebih Unik
  2. Lebih Ekstrem
  3. Lebih Besar
  4. Lebih Banyak
  5. Lebih Aneh / Ngga Masuk Akal
  6. Lebih Heboh

Anda juga bisa membuat effect WOW ini secara terus menerus yang penting memiliki hal-hal berikut :

  1. Data
  2. Facts (Fakta)
  3. Information (Informasi)
  4. Knowledge (Pengetahuan)
  5. Experience (Pengalaman)

The Power of WOW Factor

Bagaimana, sudah paham tentang faktor WOW dalam bisnis? Anda bisa menggunakan strategi bisnis ini untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Mereka Yang Telah Menerapkan Faktor WOW

Menjadi WOW dengan WOW Factor di bisnis (khususnya bisnis kuliner) pada akhirnya adalah :

  • soal kreativitas, dan
  • keberanian untuk keluar dari standar-standar yang ada dengan tetap memperhatikan estetika dan cita rasa.

Hal ini nampak lebih mudah diucapkan daripada dilaksanakan. Lantas, bagaimana brand-brand ini mengeksekusi ide tersebut dan mewujudkan faktor WOW versi mereka? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Limo Pizza dari Pizza Hut

Semua mata terbelalak saat Pizza Hut memutuskan untuk meluncurkan pizza yang tidak hanya aneh karena tidak berbentuk bundar melainkan persegi. Namun juga karena pizza persegi ini memiliki ukuran panjang 1 meter!

Burger McDonald’s

Bukan rahasia kalau McDonald’s termasuk brand global paling rajin untuk urusan meracik menu-menu yang menyesuaikan dengan lidah lokal. Misalnya burger dengan :

  • sambal hijau ala Indonesia.
  • 3 buah sosis bratwurst sebagai pengganti patty di Jerman.
  • isian kepiting salju di Jepang.

Keunikan (WOW factor) ini bikin McDonald’s jadi brand burger yang tidak ada duanya. Karena selalu berhasil menarik perhatian market dengan inovasi mereka.

Fire Flying Chicken Dari Richeese

Richeese Factory sempat membuat sensasi dengan meluncurkan menu yang terdengar dan terlihat sadis. Bayangin saja, 1 ayam utuh disajikan langsung di depan Anda dalam kondisi panas dan super pedas?

Terinspirasi dari hidangan ala Korea, menu ini memang untuk dihabiskan bersama. Tapi kalau kuat sendirian juga boleh.

Ukuran ayam yang super besar dan disajikan utuh jadi WOW Factor yang diusung oleh Richeese Factory. Dan hal ini sukses menarik perhatian banyak orang.

Eat Sambel

Sambal yang pedas banget, udah biasa. Sambal yang pakai banyak varian isi mulai dari cumi, teri, hingga cakalang, juga udah banyak. Sambel yang satu ini, menyisipkan WOW Factor nya lewat garansi!

Jadi, Eat Sambel berani menggaransi uang konsumen dikembalikan 100% jika sambelnya tidak enak! Wah, pede banget ya dengan kualitas produknya! Tapi in justru jadi daya saing tersendiri dibandingkan brand-brand sambel pada umumnya.

Cireng Cipok

WOW Factor yang diusung oleh Cireng Cipok menjadikannya sangat berbeda dengan produk cireng yang banyak beredar di pasar. Bagaimana tidak?

Cireng Cipok mengolah cirengnya sedemikian mirip dengan popcorn. Dan juga memosisikan produknya dengan pengalaman makan cireng ala popcorn dengan berbagai varian rasa.

Warmindo Biar Buncit

Warmindo Biar Buncit memberikan pengalaman yang menjadi WOW Factor dengan menerapkan konsep self service. Di mana pengunjung yang mampir bisa memilih dan mengambil mie instan dengan varian sesuai selera sendiri.

Bukan hanya itu pengunjung juga mengambil mangkuk dan memilih topping yang tersedia di sana, seperti :

  • bakso,
  • sosis,
  • sawi,
  • slice beef,
  • dumpling cheese, siomay, crabstick, kornet dan masih banyak lagi.

Meskipun menawarkan mie instan, tetapi ditambah juga oleh bumbu rahasia.

Mercusuar Cafe

Di Kota Bandung, ada sebuah kafe yang memaksimalkan desain gedung dan bangunan yang estetik dengan rupa seperti kastil kuno. Kafe ini bernama Mercusuar Cafe.

Tak hanya itu, kafe ini juga menawarkan udara segar dan panorama alam yang sangat indah. Karena memanfaatkan lokasi geografisnya yang terletak di dataran tinggi. Ini jadi sepaket WOW Factor yang sulit ditandingi oleh kafe-kafe pada umumnya.

Warung Lowcal

Pandemi membuat banyak orang lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan terutama dari makanan. Banyak inovasi untuk membuat makanan sehat tetapi masih diterima oleh lidah orang Indonesia.

Warung Lowcal jadi salah satu inovator di bisnis ini. Sesuai namanya, Warung Lowcal menyediakan berbagai macam menu khas Indonesia tapi rendah kalori seperti :

  • ayam geprek,
  • nasi padang,
  • dan yang lainnya.

Keunikan olahan menu lokal rendah kalori ini menjadi WOW Factor tersendiri bagi Warung Lowcal.

Demikian informasi terkait dengan The Power of WOW Factor, kami harap artikel ini mencerahkan Anda. Kami berharap artikel tips bisnis kuliner dan bisnis lainnya ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!