Pilar Marketing

Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran

Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran

Topik kita sekarang yakni Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran. Dalam membuat rencana bisnis, Anda harus menentukan target pasar yang hendak Anda bidik. Untuk pemasaran pun Anda harus tetap fokus pada siapa yang menjadi target pasar Anda. Ibarat Anda sedang menggempur musuh, pasukan Anda harus paham medannya, di mana posisi musuh, di mana jebakan-jebakan dan bagaimana meraih kemenangan tanpa menghabiskan tenaga.

Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran

Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran

Bayangkan jika seorang pengusaha spa (perawatan tubuh) mendirikan usahanya di pedesaaan. Bukankah yang berminat terhadap pelayanan spa dan beragam perawatan tubuh lainnya adalah kalangan menengah ke atas atau pegawai kantor yang ingin melepas kepenatan? Membuka usaha spa di daerah pedesaan sama saja dengan bunuh diri bukan?

Bagaimana pula jika seorang sales jam tangan ratusan ribu rupiah menawarkan produknya kepada pelajar SMP? Berjam-jam ia menjelaskan keunggulan produk pun, tidak akan didengarkan oleh pelajar tersebut. Sebuah pekerjaan yang buang-buang waktu saja.

Kesalahan membidik calon konsumen seringkali dialami oleh staf marketing. Bahkan ia tidak tahu apa makna marketing itu sendiri. Mereka hanya menawarkan kepada siapa yang kebetulan ia temui. Akhirnya ia hanya buang-buang waktu untuk menjelaskan ini itu tanpa ada hasilnya. Faktor target pasar yang tidak jelas ini menjadi penyebab terbesar kegagalan memperoleh konsumen yang akhirnya menghambat tercapainya target penjualan.

Jika Anda tidak akan memasarkan produk Anda sendiri, tetapi dengan mempekerjakan marketing, disarankan untuk mengadakan training singkat agar sales marketing tersebut betul-betul memahami siapa calon konsumen yang potensial untuk melakukan pembelian. Jika perlu, buat daftar nama-nama calon konsumen beserta alamat dan nomor telepon. Data ini sangat efektif sebagai bekal staf marketing agar tidak usah bingung mencari calon konsumen.

Membuat skala prioritas untuk tiap target pasar juga bagus untuk Anda terapkan. Misalnya minggu ini mengadakan penawaran untuk target pasar A, karena target inilah yang paling potensial. Minggu berikutnya menyerbu dan tentukan target pasar B, dst.

Media Pemasaran

Selain tentukan target pasar dari produk, Anda juga harus menentukan media apa yang akan digunakan untuk mempromosikan atau memasarkan produknya. Media pemasaran adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan sekaligus mempromosikan produk. Seiring makin derasnya arus teknologi, media pemasaran pun kian berkembang tidak hanya sebatas media cetak.

Dari sekian banyak jenis media pemasaran Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan perusahaan. Cermati juga biaya pembuatan agar didapat media pemasaran dengan biaya murah namun efektif untuk mempromosikan produk. Berikut contoh-contoh media pemasaran yang dapat Anda gunakan:

  1. Kartu nama
  2. Spanduk atau papan nama
  3. Brosur atau selebaran
  4. Poster
  5. Katalog Produk
  6. Iklan media cetak
  7. E-mail dan milis
  8. Website
  9. Jaringan blogger
  10. Facebook
  11. Pesan singkat media chat (Yahoo Messenger, Windows Messenger, Gtalk, ICQ, dll)
  12. Telephon dan Pesan singkat melalui Ponsel (SMS)
  13. Iklan radio
  14. Pameran
  15. Pemberian sampel gratis
  16. Undian berhadiah

Demikian info tentangĀ Tentukan Target Pasar dan Media Pemasaran semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment