Pilar Marketing

Teknik Perburuan Konsumen yang Mudah Dilakukan

Teknik Perburuan Konsumen

Pembahasan kita sekarang yaitu Teknik Perburuan Konsumen yang Mudah Dilakukan. Konsumen itu banyak, di mana-mana, tidak terhingga. Tapi mereka tidak akan dengan sendirinya datang dan membeli produk Anda. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk mencari dan memperoleh konsumen. Kadang Anda merasa mentok kenapa penjualan tidak kunjung meningkat padahal betapa banyak pasar yang tersebar di depan Anda setiap hari.

Teknik Perburuan Konsumen

Teknik Perburuan Konsumen

Berikut beberapa teknik perburuan konsumen yang bisa dilakukan :

a. Mulailah dari yang Anda kenal

Bagaimana agar konsumen dapat terus menerus Anda temukan? Untuk memulainya, ingatlah bahwa di dekat Anda telah banyak orang-orang yang Anda kenal. Selanjutnya, simaklah teknik perburuan konsumen berikut ini.

  1. Buatlah daftar keluarga, daftar teman, sahabat dan relasi. Daftar tersebut mencakup nama, alamat, nomor telephon, pekerjaan dan perusahaan miliknya atau perusahaan tempat ia bekerja.
  2. Simpan daftar tersebut dalam file khusus. Up date data jika diperlukan.
  3. Kembangkan data awal tersebut. Setiap satu orang keluarga, teman atau relasi, masing-masing memiliki jaringan, yaitu semua orang yang dikenalnya. Jaringan itulah yang harus Anda masukkan dalam data berikutnya.

Memang dibutuhkan ketelatenan untuk menemukan semua data jaringan. Tapi, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Kelak jika semua jaringan dapat Anda simpan datanya, maka Anda dapat mengelola data tersebut untuk memasarkan produk Anda.

Konsumen yang berasal dari orang-orang yang Anda kenal sebelumnya adalah pasar yang berpotensi percaya penuh kepada perusahaan dan produk Anda. Mengapa? Jaringan yang bermula dari orang-orang yang Anda kenal lebih memiliki kedekatan emosional. Kedekatan emosional ini melahirkan sebuah kepercayaan. Sebuah kekuatan yang mampu mengokohkan sendi-sendi bisnis. Kekuatan dari rasa kepercayaan inilah yang pada akhirnya akan mempersingkat proses pemasaran.

Sekali saja orang percaya dengan Anda, perusahaan Anda dan produk Anda, maka penjualan tidak akan berhenti sampai di sini. Mereka akan melakukan repeat order dan menyampaikan keunggulan produk Anda pada orang lain. Inilah pentingnya efek domino yang muncul dari sebuah rasa kepercayaan.

b. Data konsumen dari luar

Selain dari orang yang Anda kenal, data konsumen juga dapat Anda peroleh dari luar, misalnya dari sebuah instansi. Pasar ini tidak terbatas jumlahnya dan tersebar di mana pun. Meski jumlahnya tidak terbatas, Anda harus pandai memilah-milah. Tidak semua orang membutuhkan produk Anda.

Pilih target pasar yang sesuai dan fokuslah pada target tersebut. Seringkali staf marketing hanya asal jalan dan keluar masuk instansi tanpa melihat siapa fokus targetnya. Akhirnya sedikit sekali yang berhasil terjaring sebagai konsumen. Berikut sumber yang bisa dipakai untuk menemukan konsumen dari luar yaitu :

  • Buku telepon dan Yellow Pages
  • Iklan di media massa
  • Direktori bisnis dan katalog pameran
  • Asosiasi dan Komunitas Bisnis

Dari sumber di atas, Anda tinggal memilah-milah ke dalam kelompok-kelompok sesuai target pasar yang akan Anda bidik. Misal Anda memiliki bisnis salon dan spa, bisnis perhiasan atau bisnis butik yang membidik kalangan menengah ke atas. Anda tinggal membuat daftar elit perusahaan yang potensial untuk Anda jadikan calon konsumen. Setelah data Anda olah, langkah selanjutnya adalah membuat janji pertemuan dan melakukan pendekatan bisnis kepada mereka.

Selain materi tentang teknik perburuan konsumen, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian info tentangĀ Teknik Perburuan Konsumen semoga bermanfaat.

Referensi :

Leave a Comment