Muslimah Career

Syarat Perempuan Bekerja di Luar Rumah

Syarat Perempuan Bekerja

Pembahasan kita kali ini adalah Syarat Perempuan Bekerja di Luar Rumah. Bagaimanapun, perempuan adalah perhiasan dunia yang dilindungi oleh norma dan akhlak. Dimuliakan oleh aturan yang sesungguhnya baik untuk dirinya, baik untuk agamanya, dan baik untuk masyarakat di sekitarnya. Demikian halnya dengan kebolehannya bekerja, dalam tataran operasional ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Syarat Perempuan Bekerja

Syarat Perempuan Bekerja

Berikut ini beberapa syarat perempuan bekerja di luar rumah yang harus dilakukan:

1. Pekerjaannya sesuai dengan syariat

Dalam hal ini, perempuan harus pintar memilah pekerjaan. Pekerjaan yang dipilih adalah yang sesuai dengan syariat. Jangan terjebak oleh pekerjaan yang akan menjerumuskannya pada hal yang haram, seperti penyuapan, pengadaan barang-barang yang haram seperti miras, pornografi, judi, atau pekerjaan yang akan menuntutnya untuk melanggar aturan-aturan Islam.

2. Teguh pada identitasnya

Tetap teguh dengan identitasnya sebagai muslimah dengan cara tetap memenuhi adab muslimah dalam hal bergaul, berpakaian, berbicara, dan bertingkah laku.

“Katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan ….” (QS. An-Nur [24] : 31)

“… maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS. Al-Ahzab [33] : 32)

3. Mendapat izin suami

Jika sudah menikah harus mendapatkan izin dari suami. Segenting apa pun urusan istri, tanpa izin suami tidak boleh dilaksanakan apalagi harus keluar rumah. “Tiap istri yang keluar rumah tanpa izin suaminya, tetap berada dalam murka Allah sehingga kembali ke rumahnya atau dimaafkan oleh suaminya.” (HR. Khatib)

4. Taat pada tugas utama sebagai istri dan ibu

Tidak mengabaikan tugas utama sebagai istri dan ibu. Anak-anak selalu membutuhkan ibunya.

Persyaratan lain bagi Perempuan Bekerja

Berikut ini adalah beberapa hal yang patut diperhatikan oleh perempuan berkeluarga yang bekerja:

a. Sadar akan tanggung jawab dalam rumah tangga

Seorang istri atau ibu rumah tangga harus selalu ingat bahwa kepentingan dan keutuhan keluarga adalah hal yang penting. Syarat ini pun juga berlaku kepada seorang laki-laki sebagai kepala rumah tangga. Seorang muslimah, bisa masuk surga dari pintu mana pun, selama ia mengerjakan sholat, puasa, dan taat pada suaminya dalam hal kebaikan.

b. Nilai tambah karena keikhlasan membantu keluarga

Seorang istri, pada dasarnya tidak berkewajiban untuk menafkahi keluarga. Meskipun demikian, jika dirinya berkenan untuk memberikan sebagian hartanya kepada keluarganya maka perbuatan tersebut akan tercatat sebagai sedekah berpahala ganda, yakni pahala sedekah dan pahala membantu keluarga. (HR. Bukhari-Muslim)

c. Mampu menjaga keseimbangan dalam perannya

Keluarga dan pekerjaan adalah dua hal yang sama-sama akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Jagalah keseimbangan keduanya. Jagalah keseimbangan diri, perasaan, pikiran, tenaga, dan waktu dalam peranannya sebagai ibu bagi anak-anak, sebagai istri bagi suami, dan sebagai seorang profesional dalam lingkungan kerja.

Selain materi tentang syarat perempuan bekerja di luar rumah, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian informasi tentang Syarat Perempuan Bekerja di Luar Rumah, kami harap artikel ini berguna buat kawan-kawan semua. Kami berharap postingan ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment