Pilar Marketing

Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal

Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan tentang Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal. Perburuan konsumen yang tidak Anda kenal atau bukan bersumber dari diri Anda tetapi dari luar.

Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal

Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal

Perburuan konsumen dari luar bisa diambil dari berbagai sumber. Berikut beberapa sumber perburuan konsumen dari eksternal seperti :

1. Buku telepon dan Yellow Pages

Sumber perburuan konsumen dari sisi eksternal yang pertama adalah yellowpages dan buku telepon. Daftar pelanggan telepon yang dijadikan satu dengan halaman kuning (yellow pages) ini diberikan secara gratis oleh Telkom untuk semua pelanggan telepon kabel. Data ini pun diperbarui tiap tahun. Jika Anda jeli, buku ini dapat menjadi senjata ampuh untuk memperluas jaringan pemasaran.

Informasi yang tertulis dalam buku tersebut meliputi nama pelanggan, alamat dan nomor telephon kabel. Jadi selain nomor telephon, Anda pun dapat menemukan alamat seseorang atau instansi. Karena telepon kabel, maka nomor tersebut hanya bisa menghubungi orang yang berada dalam rumah atau kantor. Jika orang yang Anda maksud sedang keluar, tidak masalah, tanyakan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

Yellow pages lebih banyak berisi informasi perusahaan-perusahaan, alamat tempat usaha dan nomor telephon. Data ini sangat cukup untuk Anda olah menjadi data calon konsumen. Selanjutnya Anda tinggal menelpon, membuat janji untuk bertemu dengan pimpinannya, dan siapkan jurus-jurus menaklukkan calon konsumen.

2. Iklan di media massa

Setiap hari Anda tidak luput dari serbuan iklan di media massa seperti koran, majalah, tabloid, radio dan yang paling membombardir adalah iklan televisi. Ternyata iklan yang bagi sebagian orang terasa amat menjengkelkan ini dapat menjadi jalan rezeki bagi yang jeli memanfaatkannya.

Para pengusaha atau perseorangan yang menayangkan iklan itu bertujuan untuk mencari pasar. Tetapi berkat kejelian Anda, mereka pun dapat Anda jadikan pasar alias calon konsumen. Artinya, Anda harus pandai-pandai mengolah data iklan menjadi data calon konsumen.

3. Direktori bisnis dan katalog pameran

Direktori bisnis biasanya mengambil tema bisnis tertentu dan diterbitkan oleh instansi yang berkaitan. Misalnya direktori bisnis waralaba Indonesia. Di dalamnya memuat ketentuan lengkap mengenai bisnis waralaba beserta daftar perusahaan-perusahaan pewaralaba lengkap dengan alamat dan nomor telepon

Setiap ada pameran bisnis dengan tema tertentu, biasanya diterbitkan juga katalog pameran oleh event organizer yang menyelenggarakan. Anda bisa menanyakannya pada panitia pameran atau instansi yang berkaitan. Katalog pameran ini dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh data perusahaan-perusahaan atau pengusaha-pengusaha peserta pameran.

4. Asosiasi dan Komunitas Bisnis

Seringkali Anda tidak menghiraukan adanya asosias atau komunitas bisnis yang berseliweran di sekitar Anda. Bahkan saat ini, komunitas komunitas tersebut aktif berinteraksi melalui facebook atau pun milis.

Beberapa komunitasĀ bisnis tersebut misalnya Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dll. Asosiasi atau komunitas tersebut pastilah memiliki organisasi dan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai sebuah organisasi, mereka akan berusaha mengelola anggotanya, termasuk menyusun data base anggota. Carilah informasi di mana alamat sekretariat komunitas tersebut. Datang dan temui ketua atau pimpinannya. Sampaikan tentang maksud dan kebutuhan Anda akan database anggota komunitas. Jika tidak merugikan mereka, Anda pasti akan mendapatkan data tersebut. Segera olah data tersebut. Pilih mana yang sesuai dengan target pasar Anda.

Selain materi tentang sumber perburuan konsumen dari eksternal, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian info tentangĀ Sumber Perburuan Konsumen dari Eksternal semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment