Kanker Payudara

Strategi Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Strategi Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Pembahasan kita kali ini yakni strategi pengobatan kanker payudara. Pengobatan kanker payudara tergantung dari : Ukuran dan letak tumor; Apakah kanker sudah menyebar serta Kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Strategi Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Strategi Pengobatan Kanker Payudara

Dalam banyak kasus, dokter akan bekerjasama dengan pasien untuk menentukan rencana pengobatan. Meskipun pengobatan tiap pasien akan disesuaikan oleh dokter. Tapi berikut adalah langkah-langkah umum yang dilakukan dalam pengobatan kanker payudara :

1. Tujuan Pengobatan Kanker

Tujuan utama pengobatan kanker stadium awal adalah mengangkat tumor dan membersihkan jaringan di sekitar tumor. Jadi dokter akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat tumor. Umumnya kemudian akan dilakukan terapi radiasi pada jaringan payudara yang masih ada. Untuk keadaan tertentu (misalnya: pasien dengan problem medis yang serius) radiasi bisa jadi ditunda.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Tahapan berikut dalam menangani kanker stadium awal adalah mengurangi resiko kanker akan kambuh dan membuang sel kanker yang masih ada. Bila tumornya lebar atau saluran kelenjar getah bening telah terserang kanker juga, dokter akan merekomendasikan terapi tambahan, antara lain :

  • Terapi Radiasi (radioterapi),
  • Chemotherapy, dan / atau
  • Hormone terapi.

Sedang untuk kanker yang kambuh lagi, diperlakukan dengan bermacam-macam cara. Ketika merencanakan pengobatan, dokter akan mempertimbangkan beberapa factor:

  • Stadium dan grade kanker
  • Satus tumor hormone receptor (ER, PR) dan status HER2/neu
  • Umur pasien dan kesehatannya secara umum
  • Pasien sudah menopause atau belum
  • Adanya mutasi dari gen kanker payudara. Kondisi biologi kanker payudara memberi efek pada tingkah laku kankernya dan pengobatannya. Beberapa tumor ukurannya kecil tapi tumbuhnya cepat atau ukurannya besar tapi tumbuhnya lambat.
Terapi Radiasi Kanker Payudara

Terapi ini menggunakan X-ray berenergy tinggi atau partikel lain untuk membunuh sel kanker. Terapi ini diberikan secara regular perminggu. Biasanya 5 hari selama seminggu. (Senin – Jum’at) selama 6 – 7 minggu.

Tujuannya adalah :

  • mematikan sel kanker yang mungkin masih ada / tertinggal di sekitar area tumor yang sudah dioperasi,
  • mengecilkan ukuran tumor sebelum kemudian dioperasi,
  • agar memudahkan pada saat pengangkatan.

Ketika metastasis kanker ke tulang belakang, di radiasi sebanyak 10 kali untuk menghilangkan rasa sakit. Dan untuk mengecilkan tumor sebelum operasi di radiasi lagi sebanyak 38 kali. Proses radiasi tidak menyakitkan untuk prosesnya tidak lama. Tidak sampai 4 menit, tidak ada efek apapun.

Hanya area yang di radiasi tidak boleh terkena air karena bisa melepuh. Ketika diradiasi di ketiak, memang agak lecet. Karena biasanya ketiak berkeringat. Bisa diobati dengan perban luka, setelah agak kering lukanya bisa diolesi krem / salep untuk lecet karena radiasi.

Demikian info mengenai strategi pengobatan kanker payudara, kami harap post ini mencerahkan kawan-kawan semua. Tolong post ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Comment