Peluang Bisnis

Strategi Bisnis Indekos yang Menguntungkan

Strategi Bisnis Indekos

Di artikel ini kami akan ulas perihal strategi bisnis indekos yang menguntungkan. Indekos merupakan tempat penyewaan tempat tinggal, baik yang sudah dilengkapi peralatan di dalamnya maupun belum. Berbeda dengan kontrakan pada umumnya indekos hanya terdiri dari satu ruangan yang digunakan untuk ruang tidur. Sementara itu, kontrakan biasanya terdiri dari beberapa ruangan dan kamar.

Strategi Bisnis Indekos

Strategi Bisnis Indekos yang Sukses

Pada umumnya indekos banyak ditemui di daerah perkantoran, kampus, atau daerah padat penduduk. Apabila Anda mempunyai rumah yang mempunyai banyak kamar kosong atau rumah yang tidak ditempati, tidak ada salahnya apabila Anda menyewakan kamar tersebut untuk menambah pendapatan keluarga.

Di tambah lagi apabila rumah Anda berdekatan dengan daerah perkantoran atau kampus. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam membuka usaha rumah kost atau kontrakan, yaitu sebagai berikut.

Persiapan Bisnis Indekos

Jika Anda ingin berbisnis kontrakan atau bisnis kos kosan, berikut beberapa hal yang harus disiapkan.

  • Mempunyai lahan di daerah yang akan dikontrakkan. Ada baiknya apabila lahan tersebut sudah milik pribadi dan letaknya strategis.
  • Memberlakukan syarat khusus sehingga tahu apa saja hak dan kewajiban pemilik rumah dan juga orang yang mengontrak tersebut.
  • Membeli perabotan indekos, seperti tempat tidur, lemari, meja belajar, dan perabotan lainnya.
  • Memberikan pelayanan dan kepuasan terhadap pengontrak.
Pelaksanaan Bisnis Indekos

Anda perlu memperhatikan langkah-langkah berikut untuk memulai usaha kos kosan (indekos) sederhana. Dalam memulainya juga memerlukan strategi bisnis indekos yang baik.

  • Memilah calon pengontrak yang sesuai keinginan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.
  • Memberikan kepuasan konsumen, salah satunya dengan memberi beberapa pelayanan seperti berikut.
  • Memperhatikan kuantitas atau kecukupan air sepanjang waktu. Pemilik kontrakan berkewajiban menyediakan air bersih untuk pengontrak.
  • Membuat ventilasi yang cukup di dalam ruang kontrakan karena sirkulasi udara yang baik tentu sangat dibutuhkan oleh pengontrak
  • Mendesain kamar mandi senyaman mungkin. Tidak perlu yang besar, yang penting bersih.
  • Mempertimbangkan dalam menentukan harga kontrakan yang sebanding dengan fasilitas yang diberikan.
  • Mengadakan renovasi secara teratur sangat penting, baik dari segi cat rumah, fasilitas, maupun beberapa tempat lainnya yang harus diperbaiki.

Untuk bisnis kost ekslusif berikan pelayanan yang sesuai dengan harga. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa puas.

Promosi dan Pemasaran Bisnis Indekos

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam memasarkan usaha kontrakan. Berikut beberapa strategi bisnis indekos (kos kosan / kontrakan) yaitu seperti berikut.

  • Promosi secara konvensional dari mulut ke mulut merupakan salah satu cara yang efektif. Anda dapat memanfaatkan beberapa ‘jaringan’, seperti teman-teman, saudara, dan juga mantan penghuni kontrakan.
  • Promosi melalui leaflet / brosur. Leaflet atau brosur dapat dibagikan di tempat strategis atau tempat yang sesuai untuk dipromosikan, seperti daerah perkantoran, pabrik, kampus, atau sekolah.
  • Promosi melalui calo kontrakan, yaitu membawa dan mengantarkan calon pengontrak ke rumah Anda. Akan tetapi, promosi lewat calo mempunyai risiko, yaitu seringnya meminta harga yang tinggi pada pemilik kontrakan.
  • Promosi dengan cara menempelkan kertas pengumuman di depan rumah Anda bahwa di rumah Anda ada kamar yang dikontrakan.

Hambatan Bisnis Indekos

Berikut beberapa hambatan dalam usaha indekos (hambatan ini biasanya akan lebih besar bila membuka bisnis kos kosan mewah). Ini harus masuk ke dalam strategi bisnis indekos Anda.

1. Hambatan dari diri sendiri

  • Modal yang dibutuhkan untuk membangun kontrakan.
  • Bimbang dalam mengambil keputusan pemakaian modal. Misalnya, Anda mempunyai modal berupa tanah dan bangunan, tetapi Anda lebih suka menjadikannya tempat usaha atau rumah tempat tinggal.
  • Tidak ada kemauan untuk mempromosikan.
  • Tidak mengevaluasi kontrakan Anda yang mungkin kurang nyaman, harganya kemahalan, atau juga pelayanannya kurang memuaskan.
  • Terlalu mengawasi pengontrak.

2. Hambatan dari penduduk sekitar

  • Preman-preman yang berada di lingkungan padat penghuni kontrakan sering menjadi hambatan bagi pelaku bisnis kontrakan.
  • Penduduk sekitar yang memutar musik keras-keras sehingga situasi tersebut mengganggu bagi penghuni kontrakan.

3. Hambatan dari penghuni kontrakan

  • Pengontrak yang melanggar peraturan yang telah disepakati bersama. Pengontrak yang suka membuat ulah sehingga menimbulkan pertengkaran antar pengontrak.
  • Pengontrak berbuat hal-hal yang tidak sesuai dengan norma-norma kesusilaan.

Analisis Bisnis Indekos

Berikut contoh analisis dan strategi bisnis indekos atau kost-kostan dengan estimasi 10 kamar indekos :

Modal usaha kos kosan
Peralatan
Tempat tidur (10 x Rp 500.000) Rp 5.000.000
Kasur (10 x Rp 200.000) Rp 2.000.000
Lemari baju (10 x Rp 300.000) Rp 3.000.000
Jumlah Rp 10.000.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Pendapatan (10 pengontrak @ Rp 300.000 / bulan) Rp 3.000.000
Biaya-biaya
Biaya listrik dan air Rp 500.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 208.312
Maintenance Rp 300.000
Biaya lain-lain Rp 300.000
Jumlah biaya Rp 1.308.312
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 3.000.000 – Rp 1.308.312 Rp 1.691.688

Catatan:

*Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan  metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 10.000.000 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 2.499.750 per tahun atau sama dengan Rp 53.896 per bulan

Selain strategi bisnis indekos, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis kami ini. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian info perihal strategi bisnis indekos yang menguntungkan, semoga artikel ini membantu kalian. Tolong artikel ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment