Ratu Bisnis

Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran pada Bisnis Anda

Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran pada Bisnis Anda

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran pada Bisnis Anda. Rencana awal yang harus Anda lakukan adalah tentang profil dari bisnis Anda. Profil usaha atau bisnis merupakan gambaran singkat mengenai usaha yang akan Anda jalankan.

Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran pada Bisnis Anda

Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran

Profil usaha meliputi:

1. Jenis usaha

Rencanakan jenis usaha yang akan Anda pilih. Apakah dalam bidang jasa, perdagangan, pendistribusian barang atau yang lain. Pada uraian sebelumnya telah dibahas bagaimana cara menentukan jenis usaha.

2. Nama usaha

Pemberian nama pada usaha Anda merupakan langkah penting karena dengan nama itulah nantinya orang lain akan mengenal usaha atau produk Anda. Pilihlah nama yang unik, mudah diingat dan sesuai dengan citra yang ingin Anda bangun.

3. Tujuan

Tujuan hampir sama dengan target yang hendak Anda capai. Pada awal merintis usaha kadangkala banyak godaan yang membuat kita goyah. Misalnya ada tawaran bisnis lain yang terlihat menggiurkan. Dengan menentukan tujuan atau target yang jelas, pikiran dan langkah kita akan lebih fokus dan tak tergiur tawaran bisnis lain.

4. Kapan bisnis akan segera dimulai ?

Jika memang sudah jelas jenis dan tujuan usaha yang akan dijalankan, segera saja dimulai. Jangan jadikan alasan apa pun untuk menunda setiap langkah bisnis Anda. Saat semangat Anda menggebu, saat ide-ide mengalir lincah, jangan sia-siakan. Menunda-nunda hanya akan membiarkan semangat dan ide-ide menguap begitu saja. Atau bahkan ide-ide Anda keburu diserobot orang lain.

5. Rencana dan kiat pengembangan

Sebagai calon ratu bisnis, Anda harus memiliki keyakinan kuat bahwa bisnis yang Anda rintis akan segera berkembang. Tak ada salahnya jika rencana pengembangan ini disusun sejak awal. Tujuannya agar langkah-langkah awal bisa sesuai dengan arah pengembangan.

Rencanakan pemasaran

Selain membuat rencana seputar profil kerajaan bisnis, Anda juga harus merencanakan aspek pemasaran. Berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab ketika ingin merencanakan pemasaran, yaitu :

a. Siapa target pasar Anda ?

Kemaslah bisnis Anda sesuai target pasar. Mulai dari tampilan tempat usaha, tampilan produk, pelayanan, hingga cara beriklan akan lebih efektif jika disesuaikan dengan segmen pasar yang hendak Anda bidik.

b. Bagaimana cara berpromosi dan memasarkan ?

Berbagai cara dapat dilakukan untuk berpromosi. Jangan hanya berpromosi sebatas membuat brosur, pamphlet atau spanduk. Target pasar menentukan bagaimana cara Anda berpromosi. Jika target pasar Anda anak-anak balita misalnya, maka Anda akan lebih efektif berpromosi melalui kegiatan yang melibatkan balita. Lomba balita sehat, lomba foto balita atau kegiatan-kegiatan anak lainnya merupakan media yang jitu untuk mempromosikan produk-produk balita. Rencanakan cara promosi dan pemasaran sebanyak mungkin dan seefektif mungkin.

c. Bagaimana menentukan harga jual produk Anda ?

Untuk menentukan harga jual, terdapat tiga hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Harga produk sejenis di pasaran
  • Nilai keuntungan yang akan Anda ambil
  • Keunggulan atau nilai plus produk Anda

Jika harga produk Anda terlalu tinggi dibanding produk lain yang sejenis di pasaran, maka produk Anda menjadi sulit dipasarkan. Tetapi jika produk Anda memiliki keunggulan dibanding produk lain yang sejenis, maka Anda dapat memasang harga yang lebih tinggi. Banyak konsumen yang bertahan dengan produk yang bermutu meskipun harganya lebih tinggi. Berusahalah untuk menghasilkan produk yang selain kompetitif soal harga, juga memiliki keunggulan dibanding merek lain.

Demikian info tentang Siapkan Profil Usaha dan Rencana Pemasaran pada Bisnis Anda semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment