Khusus Muslimah

Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis

Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis

Kali ini kami akan bahas berkaitan dengan Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis. Salon muslimah di Indonesia saat ini masih tergolong sedikit. Padahal tanggapan masyarakat dan peluang bisnis masih sangat besar. untuk salon muslimah di kawasan Jabodetabek berkembang banyak di daerah Jakarta Selatan, Depok Citayam, Bogor dan Bekasi. Sedangkan, potensi salon muslimah di Indonesia berada di Makassar (Sulawesi Selatan), Yogyakarta, Papua (Jayapura) dan Bandung.

Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis

Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis

Tingginya minat kaum muslimah terhadap perawatan tubuh yang sesuai syariah, dibuktikan dengan semakin banyaknya salon khusus wanita dan salon muslimah yang melebarkan sayapnya dengan membuka beberapa cabang. Bahkan beberapa di antaranya menawarkan paket franchise.

Tanggapan masyarakat untuk mengelola bisnis salon muslimah memang cukup tinggi. Beberapa salon kecantikan muslimah yang menawarkan paket franchise memberikan syarat sebagai berikut :

  1. Mitra memiliki tempat seluas minimal 60 m2 untuk salon dan 40 m2 untuk spa, serta terletak di lingkungan yang memiliki sekurangnya 3.000 Kepala Keluarga (KK) muslim
  2. Mitra menyediakan biaya sebesar 75 juta rupiah untuk :
  • Pengadaan peralatan dan perlengkapan salon
  • Dukungan untuk setting dan desain ruang salon
  • Penyediaan SDM, maksimal 5 orang
  • Starting product: kosmetik dan produk untuk awal operasional
  • Sistem keuangan / cash flow

Jika mitra mengikuti prinsip operasional dan syar’i yang telah ditetapkan, dalam waktu kurang dari dua tahun modal investasi niscaya akan kembali. Namun pada kenyataannya, para mitra kurang sabar dan ingin cepat mengeruk keuntungan, sehingga mereka tidak konsisten dalam standar pelayanan maupun waktu yang selanjutnya pelanggan pindah ke tempat lain.

Contohnya ketidakkonsistenan standar pelayanan adalah membolehkan tamu pria masuk ke dalam salon sehingga mengganggu pengunjung yang sedang menjalani perawatan / treatment.

Kendala utama pengelolaan salon muslimah adalah tingginya keluar masuk pegawai. Hal ini disebabkan tingginya persaingan antar salon. Untuk mengatasi bajak membajak karyawan salon, banyak salon muslimah yang berinisiatif untuk membuka training centre yang menggembleng calon pekerja menjadi terapis salon dan spa yang handal.

Ada tiga kunci utama bagi keberhasilan usaha salon muslimah jadi sebuah peluang bisnis yaitu :

  1. Kualitas pelayanan dan juga waktu pelayanan
  2. Jenis kosmetik / produk yang dipakai
  3. Harga / tarif pelayanan

Tips sukses merintis salon muslimah

Berikut beberapa tips menjadikan salon muslimah jadi sebuah peluang bisnis yaitu :

  • Merintis usaha salon muslimah seperti ibadah. Pengelola harus benar-benar menjalankan usaha sesuai syariah yang berlaku. Kalau melenceng sedikit, bisa jadi pelanggan mencari tempat lain.
  • Pengelola usaha salon muslimah perlu memperhatikan dua sisi yaitu internal dan eksternal. Sisi internal adalah hubungan pemilik dengan para karyawannya. Jika mereka merasa nyaman bekerja, tentu saja meningkatkan kualitas pelayanan karyawan terhadap konsumen. Konsumen harus dianggap seperti saudara, sehingga selain mendapatkan perawatan, konsumen juga merasa seperti berada dalam suatu keluarga.
  • Yang paling penting agar tetap eksis ialah dengan mencintai usaha yang digeluti, berkemauan keras dan tentu saja kesabaran.

Demikian info tentang Salon Muslimah Jadi Sebuah Peluang Bisnis semoga bermanfaat.

Referensi :

Leave a Comment