Ratu Bisnis

Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional

Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional

Di postingan ini kami akan bahas terkait dengan Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional. Meskipun tidak akan ada atasan yang memarahi atau menskors Anda ketika meninggalkan urusan bisnis. Karena Anda sendiri pemilik bisnis itu, tapi berusahalah untuk bersikap profesional.

Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional

Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional

Sikap professional ini dapat Anda terapkan saat Anda akan rencanakan pengelolaan bisnis antara lain:

1. Disiplin

Aturlah jam kerja Anda sendiri. Pada saat jam kerja tersebut, kesampingkan terlebih dahulu urusan rumah tangga. Begitu pula sebaliknya. Pada saat Anda mengurus rumah tangga, jangan dicampur aduk dengan urusan bisnis. Lamanya jam kerja dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan. Yang penting urusan bisnis lancar, urusan keluarga juga beres.

Buatlah agenda bisnis baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam agenda tersebut, cantumkan pula target yang ingin Anda capai dalam bisnis. Agenda ini penting untuk membuat Anda fokus pada tujuan atau target.

Buat juga agenda harian. Agenda harian merupakan bagian dari agenda jangka pendek. Agenda harian berisi tentang urusan bisnis apa saja yang akan Anda selesaikan dalam satu hari. Banyak yang meremehkan hal ini. Rencana-rencana hanya sebatas dalam pikiran saja tanpa ditulis dengan urut dan jelas. Padahal dengan membuat daftar urusan bisnis yang harus Anda selesaikan, maka secara tidak sadar Anda memacu diri Anda untuk bekerja efektif dan efisien sehingga seluruh urusan bisnis dapat terselesaikan.

2. Miliki ruang atau area tersendiri

Jika Anda menggunakan rumah Anda sendiri untuk membuka bisnis, sediakan ruangan atau tempat khusus untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan bisnis Anda. Itulah ruang kerja Anda. Sediakan fasilitas komputer dan printer jika memang diperlukan. Bila anak-anak masih kecil, Anda memerlukan pengasuh yang menjaga anak-anak selama Anda konsentrasi terhadap urusan bisnis.

Tidak usah merasa bersalah karena tidak menghiraukan anak-anak ketika Anda mendengar mereka menangis atau berteriak memanggil-manggil Anda saat jam kerja. Ajari pengasuh untuk memberikan penjelasan pada anak-anak bahwa Anda sedang bekerja dan nanti akan segera menemani mereka jika pekerjaan telah selesai. Lama kelamaan anak akan memahami kesibukan bundanya.

3. Administrasi yang jelas dan lengkap

Sejak awal modal keluar, Anda harus menyiapkan pembukuan. Mulailah dengan membuat buku kas, buku stok barang dan buku penjualan. Dengan mencatat semua transaksi, Anda dapat dengan mudah menghitung dan mengetahui apakah usaha Anda untung atau merugi.

Demikian info tentangĀ Rencanakan Pengelolaan Bisnis Anda yang Profesional semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment