Wanita Muslimah

Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang

Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang

Di artikel ini kami akan jelaskan terkait dengan Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang. Sebelum Islam datang, perempuan dipandang sebagai orang yang tidak berharga. Bahkan mereka juga dipandang sebagai pembawa sial dan memalukan.

Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang

Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang

Dalam tradisi dan hukum Romawi kuno, perempuan disebut sebagai makhluk yang selalu bergantung kepada laki-laki. Jika dia menikah, secara otomatis diri dan seluruh hartanya menjadi milik suaminya. Tidak jauh berbeda dengan masa jahiliyah, perempuan dipaksa untuk selalu taat kepada kepala suku atau suami mereka. Mereka dipandang seperti binatang ternak yang bisa dikontrol, dijual, atau bahkan bisa diwariskan.

Arab jahiliyah juga terkenal dengan tradisi mengubur bayi perempuan hidup-hidup. Mereka menguburnya dengan alasan bahwa perempuan hanya akan merepotkan keluarga. Selain itu, dalam peperangan perempuan lebih mudah ditangkap musuh dan kemudian harus ditebus. Arab jahiliyah juga terkenal dengan tradisinya yang membolehkan laki-laki mempunyai istri lebih dari satu.

Pernikahan Perempuan Jaman Jahiliyah

Masih banyak lagi tradisi masyarakat jahiliyah yang jelas-jelas mendiskreditkan perempuan, salah satunya lewat tiga bentuk pernikahan.

  1. Nikah al-dayzan, yaitu pernikahan yang anak laki-laki tertuanya berhak untuk menikahi ibunya dengan syarat jika ayahnya sudah meninggal. Dalam pernikahan ini, cukup dengan melemparkan sehelai kain kepada ibunya, maka secara otomatis si anak lelaki ini bisa mewarisi ibunya sebagai istri.
  2. Nikah zawj al-balad, yaitu dua orang suami sepakat untuk saling menukar istri mereka tanpa mahar apapun.
  3. Nikah zawj al-istibda, yaitu seorang suami memaksa istrinya untuk tidur dengan lelaki lain sampai hamil dan setelah hamil istrinya dipaksa lagi untuk kembali kepada suaminya. Tujuan dari nikah zawj al-istibda ini adalah untuk mernperoleh ‘bibit unggul’ dari orang yang dipandang mempunyai kelebihan.

Kedatangan Islam justru bertujuan untuk mengangkat derajat perempuan. Bahkan perempuan dinilai lebih istimewa daripada laki-laki. Banyak ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang kedudukan perempuan dalam Islam. Bahkan ada satu surah dalam Al-Qur’an yang berarti perempuan, yaitu An-Nisa’. Walaupun demikian, Allah Swt. tidak pernah membeda-bedakan status perempuan dan laki-laki, semua sama di mata Allah Swt. Hal yang membedakannya hanyalah keimanan dari masing-masing individu.

Tujuan dari penciptaan perempuan dan laki-laki adalah untuk saling melengkapi, terutama dalam menjalani segala perintah kepada Allah Swt. Hal ini telah dijelaskan dalam ayat,

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memngembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubunpan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu”. (QS. An-Nisa’ [4] : 1)

Dalam hal beribadah pun Allah tidak membeda-bedakan antara perempuan dan laki-laki. Ini seperti yang tercantum dalam ayat,

“Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung; halamannya, yang disakiti pada Jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik”. (QS. Ali-Imran [3] : 195)

Demikian pula pada ayat,

“Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. An-Nahl [16] : 97)

Sekian informasi mengenai Perbedaan Perlakuan Perempuan Dulu dan Sekarang, semoga post kali ini mencerahkan Anda. Tolong post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment