Pilar Inovasi

Pentingnya Inovasi pada Bisnis

Pentingnya Inovasi pada Bisnis

Pada kesempatan ini kami akan ulas mengenai Pentingnya Inovasi pada Bisnis. Inovasi adalah suatu usaha menghidupkan ide baru yang orisinil. Inovasi tidak pernah ada batasannya. Terobosan baru justru selalu dinantikan oleh pasar. Namun kadangkala ide-ide baru ini tersendat oleh modal yang harus besar, kurang berani mengambil resiko dan sikap ragu-ragu dari pelaku bisnis itu sendiri.

Pentingnya Inovasi pada Bisnis

Pentingnya Inovasi pada Bisnis

Pioneer dalam bisnis seringkali memperoleh pasar yang begitu besar. Sebut saja brand Aqua. Pioneer dalam bisnis air mineral ini begitu kuat memimpin pasar air minum kemasan. Bagitu banyak brand baru yang muncul pun tidak berhasil menggeser posisi Aqua.

Pada awalnya memang dibutuhkan sebuah keberanian untuk meluncurkan produk baru, produk aneh dan bahkan produk yang sepertinya saat itu tidak dibutuhkan. Saat pertama kali Aqua diluncurkan, mungkin saat itu tidak banyak orang yang respek, bahkan merasa tidak membutuhkan karena sebagian besar masyarakat kita, diperkotaan sekalipun, masih terbiasa merebus air untuk air minum sehari-hari.

Tapi bagaimana sekarang? Banyak orang yang membutuhkan Aqua layaknya mereka membutuhkan bensin untuk kendaraannya.

Jangan hanya bermimpi bisnis Anda menjadi penguasa pasar. Tapi segera wujudkanlah mimpi Anda tersebut! Itulah pentingnya inovasi pada bisnis. Jadilah innovator agar produk Anda menjadi beda dengan produk lain. Untuk menjadi innovator, Anda bisa mencoba resep berikut:

1. Jeli melihat kebutuhan konsumen

Misalnya Anda adalah produsen rempeyek. Biasanya rempeyek itu dikemas dalam kantong plastik. Pengemasan seperti ini akan menjadi kendala bagi konsumen yang ingin membawa rempeyek tersebut bepergian jauh. Tidak lain dan tidak bukan, kendala tersebut adalah rempeyek bisa remuk atau minimal patah-patah. Konsumen harus menaruhnya ekstra hati-hati agar rempeyek tidak rusak.

Anda sebagai pengusaha yang jeli terhadap kebutuhan konsumen mestinya melakukan inovasi agar kendala tersebut terselesaikan. Misalnya dengan menambahkan kemasan karton jinjing mirip tas. Agar tetap bisa menampakkan ‘wajah cantik’ si rempeyek, Anda bisa memadukan sedikit bagian karton tersebut dengan bahan mika. Sederhana tapi menarik bukan?

2. Fokuslah pada solusi, bukan pada masalah

Sebagai ilustrasi simak cerita di bawah :

Ilustrasi pentingnya inovasi pada bisnis 1

Ketika NASA meluncurkan para astronotnya ke angkasa luar, mereka menemukan bahwa para astronot tersebut tidak bisa memakai pulpen karena tintanya tidak bisa mengalir ke bawah akibat kondisi gravitasi nol. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, NASA menghabiskan waktu 10 tahunan dan USD 12 juta.

NASA mengembangkan sebuah pulpen yang bisa berfungsi dalam gravitasi nol, atas bawah, di bawah laut, di segala jenis permukaan termasuk kristal dan pada segala kondisi temperatur dari titik beku sampai titik didih air. Tetapi lain dengan yang dilakukan oleh Uni Soviet. Para kosmonot Uni Soviet menggunakan pensil.

Ilustrasi pentingnya inovasi pada bisnis 2

Sebuah cerita dari salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Jepang. Perusahaan ini menerima keluhan dari salah satu pelanggan yang membeli sebuah sabun, tetapi menemukan kotak sabun tersebut kosong melompong. Karena kualitas merupakan masalah penting di Jepang, perusahaan segera mencari sebab musababnya.

Akhirnya, sumber masalah ditemukan di jalur perakitan. Karena sesuatu alasan, sebuah kotak kosong masuk ke jalur tersebut tanpa terdeteksi. Pihak manajemen langsung meminta para insinyur memecahkan masalah tersebut. Mereka akhirnya menciptakan sebuah alat X-ray untuk melihat semua kotak sabun yang lewat. Alat ini harus dijaga oleh 2 orang yang tentu saja tidak efisien.

Ketika sebuah perusahaan kecil lainnya menghadapi masalah serupa, apa yang mereka lakukan? Mereka menggunakan solusi yang simpel. Alih-alih mendeteksi dengan alat secanggih X-ray, mereka menggunakan kipas angin besar yang diarahkan ke jalur perakitan. Angin dari kipas tersebut akan menghembuskan kotak kosong keluar dari jalur perakitan.

Dari dua ilustrasi sederhana tadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa berinovasi tidak harus rumit dan membutuhkan dana yang besar. Orisinilitas ide itu dapat muncul dari hal yang amat sederhana. Intinya, fokuslah pada solusi, bukan pada masalah.

3. Jadikan perkembangan trend dan gaya hidup sebagai inspirasi Anda

Pahami pentingnya inovasi pada bisnis. Seseorang seringkali membeli bukan karena butuh, tapi karena ingin mengikuti trend dan gaya hidup. Sudah punya baju lima lemari pun, kalau ingin memakai baju yang modelnya sedang trend, pasti beli baju lagi. Tidak hanya baju, banyak sekali barang-barang yang dibeli orang bukan hanya karena mereka butuh.

Sudah punya handphone bagus pun masih ingin ganti handphone keluaran terbaru. Motivasi-motivasi membeli yang lebih dipengaruhi oleh trend dan gaya hidup ini dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan inovasi produk. Cermati model atau desain apa yang sedang trend, juga kebiasaan hidup apa yang digemari oleh masyarakat.

Jika Anda pengusaha casing dan aksesori produk elektronik misalnya. Anda bisa memetik inspirasi dari corak batik yang belum lama ini telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia. Bayangkan satu unit komputer atau laptop atau notebook beserta aksesorinya memiliki casing asli bercorak batik. Sebuah perpaduan antara teknologi dengan trend batik yang sedang menggeliat di Indonesia, khususnya Jawa.

Selain materi tentang pentingnya inovasi pada bisnis, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian info tentang Pentingnya Inovasi pada Bisnis semoga bermanfaat.

Referensi :

Leave a Comment