Ternak Website
Pilar SDM

Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan Bisnis Anda

Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan Bisnis

Di artikel ini kami akan bahas mengenai Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan Bisnis Anda. Tidak mudah melakukan pembagian tugas untuk usaha yang masih skala kecil, dengan beberapa orang karyawan. Misalnya si A bertanggung jawab bagian produksi, si B bagian pengiriman, dan si C mengurus keuangan. Saat kita melihat kamar mandi kantor begitu kotor, jadi bingung siapa yang akan kita suruh membersihkan. Akhirnya main tunjuk aja siapa yang kelihatan tidak begitu sibuk.

Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan Bisnis

Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan

Pembagian tugas yang asal tunjuk akan membuat semrawutnya manajemen bisnis Anda. Hal ini berdampak pada pelayanan terhadap konsumen menjadi tidak maksimal. Bisa dipastikan jika terus berlanjut, konsumen akan kapok dan berpaling ke bisnis yang lain. Berikut beberapa langkah agar Anda dapat melakukan pembagian tugas dan tanggung jawab dengan jelas pada kerajaan bisnis Anda yaitu :

1. Merinci kegiatan

Rinci semua kegiatan di perusahaan Anda, terutama kegiatan harian. Pilah-pilah kegiatan dalam kelompok-kelompok. Jumlah kelompok kegiatan dapat disesuaikan dengan jumlah karyawan. Pisahkan juga mana kegiatan yang menjadi tanggung jawab perseorangan dan mana kegiatan yang dilakukan secara bergantian.

2. Pembagian tugas

Pasangkan kegiatan yang telah dibagi dalam kelompok-kelompok dengan karyawan sesuai dengan kompetensi atau kemampuan karyawan tersebut. Selanjutnya rinci lebih detail lagi tugas masing-masing karyawan sesuai bagian yang menjadi tanggung jawabnya. Misal untuk bagian keuangan, selain mencatat tiap transaksi, membuat laporan (tugas pokok bagian keuangan), juga menjaga kebersihan dan kerapian ruang administrasi.

3. Membuat kesepakatan Job Description

Sebelum Anda menetapkan tugas-tugas pada tiap karyawan, sebaiknya adakan meetingĀ terlebih dahulu untuk membahas rancangan job description dengan mereka. Tanggapi dan selesaikan jika ada keluhan dari mereka. Dengan cara ini, para karyawan Anda akan lebih bersemangat dan bertanggung jawab dalam melaksanakan job description tersebut.

4. Tegas memberi sanksi

Setiap ada aturan, pasti ada sanksi jika aturan tersebut dilanggar. Saat Anda membuat kesepakatan dengan karyawan mengenai job description, sepakati pula apa sanksinya jika aturan dan job description tersebut dilanggar. Tegaslah dalam memberi sanksi. Satu kali saja Anda toleran terhadap pelanggaran, maka selanjutnya karyawan akan meremehkan sanksi yang sudah disepakati.

Demikian info tentang Jelas dalam Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan Bisnis Anda semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment