Peluang Bisnis

Peluang Usaha Kursus Bahasa Asing

kursus bahasa asing

Di postingan ini kami akan ulas berkaitan dengan peluang usaha kursus bahasa asing. Tuntutan untuk menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sepertinya makin merambah segala kalangan. Tidak hanya kalangan akademis, menghadapi perdagangan global, para pelaku bisnis pun dituntut menguasai bahasa asing. Jenis bahasa asing yang dibutuhkan pun makin beragam.

kursus bahasa asing

Peluang Usaha Kursus Bahasa Asing

Peluang bisnis atau usaha kursus bahasa asing ini dapat kita manfaatkan. Misal untuk kursus bahasa Inggris, jangan bayangkan belajar bahasa Inggris hanya dengan duduk di kelas, mendengarkan pengajar bercuap-cuap menjelaskan teori-teori bahasa Inggris. Ini takkan efektif. Mungkin peserta paham pada waktu dijelaskan, tetapi begitu pulang, semua seperti hilang.

Tonjolkan suatu metode pembelajaran bahasa asing yang menjadi keunggulan Lembaga Anda. Buat publik yakin bahwa lembaga Anda selalu berinovasi dalam mengembangkan system pebelajaran bahasa asing yang efektif.

Elain B Johnson, seorang pakar sistem pengajaran dari Amerika menegaskan bahwa belajar itu akan bermakna jika menggunakan konteks. Dia sebut sistem pembelajaran tersebut dengan nama ‘Contextual Teaching and Learning (CTL)’. Metode ini dapat Anda transfer ke proses belajar mengajar dalam lembaga Anda.

Untuk mempelajari tenses misalnya. Peserta kursus dibawa ke sebuah kasus atau peristiwa (konteks). Mereka dibuat sedemikian sehingga seolah-olah mengalami, melihat dan merasakan kasus / peristiwa tersebut. Inilah yang dimaksud sebagai belajar menggunakan konteks. Belajar seperti ini akan lebih membekas dalam ingatan seseorang.

Strategi awal usaha kursus / les bahasa asing

Berikut contoh strategi ketika membuka bisnis kursus bahasa asing yaitu :

  1. Untuk membuka kursus bahasa asing, Anda tidak perlu menguasai bahasa tersebut. Gandeng partner yang menguasai salah satu bahasa asing dan teknik mengajarkannya Berkoordinasilah mengenai sistem pembelajaran dan modul yang akan digunakan.
  2. Rekrut pengajar yang selain menguasai materi, juga menguasai teknik pembelajaran bahasa asing.
  3. Susun kurikulum, rencana pembelajaran, modul kursus bahasa inggris (bila buka kursus bahasa inggris) serta jadwal kursus dan tata tertib lembaga.
  4. Urus perizinan, minimal izin lingkungan sekitar.
  5. Perkuat ilmu manajemen kursus bahasa inggris dan bahasa asing lainnya.
Permodalan usaha kursus / les bahasa asing

Cara membuka tempat les bahasa inggris di rumah dan juga bahasa asing lainnya di antaranya perlu beberapa hal. Berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan yaitu :

  1. Anda perlu menyewa tempat yang cukup luas dan nyaman. Selain ruang untuk kursus, diperlukan ruang tamu, ruang administrasi, toilet dan lahan parkir.
  2. Renovasi tempat agar sesuai dengan aktifitas lembaga.
  3. Perlengkapan mengajar, seperti modul, white board, ATK, meja kursi, TV dan CD player. Jika lembaga Anda berkembang nantinya, Anda bisa merencanakan untuk membuat laboratorium bahasa.

Analisis usaha kursus / les bahasa asing

Berikut contoh perhitungan bisnis kursus bahasa inggris dan bahasa asing lainnya :

Modal awal
Sewa tempat dan renovasi per tahun Rp 10.000.000
Perlengkapan belajar (meja kursi, white board, TV + CD player) Rp 6.000.000
Perlengkapan administrasi (komputer + printer, lemari, dll) Rp 4.000.000
Pembuatan modul Rp 2.000.000
Jumlah modal Rp 22.000.000
Biaya operasional
ATK Rp 500.000
Gaji / honor 5 tentor x Rp 35.000 x 15 jam mengajar Rp 2.625.000
Gaji karyawan 2 orang Rp 1.000.000
Listrik, transport, telepon Rp 400.000
Promosi Rp 500.000
Total biaya Rp 5.025.000
Perhitungan laba per bulan
Biaya kursus bahasa inggris rumahan dan bahasa asing lainnya
50 peserta x Rp 175.000 per bulan Rp 8.750.000
Biaya operasional Rp (5.025.000)
Laba bersih Rp 3.725.000

Perkiraan BEP 6 bulan

Kiat dan pemasaran usaha kursus / les bahasa asing

Berikut kiat dan strategi pemasaran kursus bahasa inggris dan bahasa asing lainnya yaitu :

  1. Tonjolkan bahwa lembaga kursus milik Anda memiliki teknik pembelajaran bahasa asing yang lebih efektif dan profesional.
  2. Lakukan inovasi teknik pembelajaran. Gunakan berbagai macam media pembelajaran. Selain TV dan CD player, gunakan juga media internet.
  3. Buatlah web site lembaga Anda. Selain sebagai media beriklan, dalam web site tersebut sediakan berbagai fasilitas misalnya pendaftaran on line, program kursus bahasa asing on line, konsultasi on line, dll. Anda dapat bekerja sama dengan programer atau lembaga-lembaga pembuat web site.
  4. Lakukan promosi secara rutin, baik melalui media cetak, radio maupuninternet. Rekrutlah sebanyak-banyaknya murid.
  5. Manfaatkan momen-momen penerimaan cpns job fair, ujian masuk perguruan tinggi, dll untuk berpromosi.
  6. Monitoring jalannya kursus agar kualitaspembelajaran dapat terjaga. Anda dapat membuat lembar monitoring harian yang berisi kehadiran pengajar, kehadiran peserta didik, ketepatan waktu mengajar, penggunaan media, kerusakan alat, dll.

Demikian info seputar peluang usaha kursus bahasa asing, semoga postingan ini membantu Anda. Mohon artikel ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment