Peluang Bisnis

Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek

Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek

Sekarang kami akan jelaskan terkait dengan Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek. Belum banyak pebisnis yang spesial memproduksi aneka keripik dan rempeyek. Anda pernah mendengar peyek tumpuk dari Bantul, Yogyakarta? Camilan sederhana ini mampu menjadi salah satu ikon kuliner di Bantul.

Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek

Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek

Jika Anda mampu berinovasi dalam pembuatan aneka keripik dan rempeyek misalnya aneka keripik sayur, aneka keripik pedas dll, bukan tidak mungkin jika perusahaan Anda kelak menjadi pemimpin pasar penjualan keripik dan rempeyek.

Berbagai bahan bisa dijadikan keripik dan rempeyek, tergantung Anda mensiasatinya. Berikut contoh usaha aneka keripik yang bisa dilakukan :

  • Bisnis aneka keripik buah seperti salak, nangka, apel, dll.
  • Bisnis keripik kentang dan aneka bahan nabati lainnya seperti tempe, bayam, singkong dan daun singkong, ubi-ubian, kentang, sukun
  • Bisnis aneka keripik dari bahan hewani seperti udang, teri, kerang, belut, lele, cumi-cumi, dll.

Keuntungannya, hasil produksi tahan lama. Menjelang hari raya, Anda bisa membuat stock lebih banyak tanpa khawatir cepat basi.

Strategi Awal Bisnis Aneka Keripik dan Rempeyek

Berikut beberapa strategi awal untuk berbisnis atau usaha aneka keripik dan rempeyek, yaitu :

  1. Buatlah aneka keripik unik dan menarik. Agar jadi unik Anda harus bereksplorasi dengan berbagai bahan baku keripik dan rempeyek yang belum banyak dijual di pasaran.
  2. Keripik dan rempeyek menggunakan bahan dasar (tepung dan bumbu) yang hampir sama. Anda tinggal menambahkan variasi pada bahan isi.
  3. Terdapat variasi pembuatan rempeyek. Ada yang berbentuk lingkaran, memanjang, rempeyek tumpuk, dll. Anda bisa memilih salah satu, atau justru membuat aneka bentuk yang lain.
  4. Dari segi rasa, Anda juga bisa berkreasi dari rasa yang sudah ada. Anda bisa membuat usaha keripik pedas, asin, manis dan rasa nano-nano lainnya.
  5. Pilih penggorengan atau wajan yang lebar, atau sesuaikan dengan bentuk peyek yang akan Anda produksi.
  6. Cari referensi resep keripik dan rempeyek, misalnya resep aneka keripik layak untuk dijual, resep aneka keripik pedas dll. Referensi ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber seperti internet, majalah, pebisnis keripik lain dan masih banyak lagi.
Permodalan Bisnis Aneka Keripik dan Rempeyek

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk usaha aneka keripik dan rempeyek berbagai rasa yaitu :

  1. Sewa tempat Tak harus menyewa tempat jika rumah Anda bisa digunakan.
  2. Peralatan memasak. Meliputi kompor, wajan besar, wajan kecil, serok, dll.
  3. Sealer, untuk menutup kemasan kantong plastik.

Analisis Bisnis Aneka Keripik dan Rempeyek

Berikut contoh perhitungan bisnis rumahan usaha aneka keripik dan rempeyek yaitu

Modal awal
a. Sewa tempat Rp 3.000.000
b. Peralatan memasak Rp 1.500.000
c. Sealer, toples besar, dll Rp 500.000
Total Modal Rp 5.000.000
Biaya operasional
a. Belanja bahan baku Rp 3.500.000
b. Toples kecil, kantong plastik, dll Rp 500.000
c. Gaji karyawan Rp 500.000
d. Listrik, transport dan telepon Rp 300.000
Total biaya operasional Rp 4.800.000
Perhitungan laba per bulan
a. Penjualan aneka keripik dan rempeyek
Rp 250.000 x 30 hari Rp 7.500.000
b. Biaya operasional Rp (4.800.000)
Laba bersih Rp 2.700.000

Perhitungan di atas hanya salah satu contoh proposal peluang bisnis atau usaha aneka keripik dan rempeyek dengan perkiraan BEP 2 bulan. Contoh proposal usaha keripik di atas juga bisa dijadikan referensi Anda untuk membuat :

  • proposal usaha atau bisnis plan keripik singkong aneka rasa
  • proposal bisnis atau usaha keripik tempe aneka rasa
  • proposal bisnis atau usaha keripik pisang aneka rasa
  • proposal usaha rempeyek kacang
  • proposal usaha keripik buncis
  • dll

Kiat Bisnis dan Pemasaran Bisnis Aneka Keripik dan Rempeyek

Strategi pemasaran bisnis / usaha aneka keripik dan rempeyek di antaranya sebagai berikut :

  1. Cara memasarkan peyek dan aneka keripik juga bisa dengan cara konsinyasi. Titipkan di minimarket-minimarket, toko grosir snack dan toko oleh-oleh.
  2. Urus minimal izin dari Dinas Kesehatan agar produk Anda dapat dijual di supermarket.
  3. Cara mengemas peyek dan aneka keripik juga harus lain dari yang lain. Kemas produk aneka keripik dan rempeyek dengan kreasi yang unik. Contoh kemasan peyek dan aneka keripik biasanya hanya dikemas dalam kantong plastik biasa. Anda bisa mengemasnya dalam kantong plastik yang mirip tas jinjing atau mengemasnya dalam toples plastik. Tuliskan dalam kemasan mengenai keunggulan produk. Misalnya keripik nangka kaya serat dan vitamin, atau rempeyek cumi-cumi kaya protein.
  4. Untuk masalah harga Anda juga harus melihat harga aneka keripik dan rempeyek di pasaran. Ini dilakukan agar harga produk tidak kemahalan ataupun juga kemurahan. Anda perlu melakukan survei pasar sebelum menentukan harga.
  5. Selain itu Anda juga bisa jual aneka keripik dan rempeyek online. Hal ini akan membuat omzet penjualan Anda meningkat. Karena sekarang sudah jaman online. Jadi tidak ada salahnya usaha Anda juga harus sudah go online.

Tips Praktis Membuat Keripik Nangka Lebih Garing

Berikut cara membuat aneka keripik nangka agar lebih garing dan enak :

  • Gunakan nangka yang memiliki kadar air lebih rendah, di pasaran biasa disebut Nangka Salak yang memiliki daging buah lebih tebal dan kenyal.
  • Setelah nangka dibersihkan, rendam nangka dalam larutan air kapur sirih selama 15 menit.
  • Tiriskan nangka sebelum digoreng hingga dipanaskan terlebih dahulu, setelah nangka dimasukkan kecilkan api dan goreng sambil sesekali diaduk, goreng hingga benar-benar garing.
  • Akan lebih baik lagi jika menggoreng menggunakan dua buah wajan yang berisi minyak goreng banyak, bersih dan panas. Setelah digoreng dalam wajan pertama hingga minyak tidak banyak bergejolak dan nangka setengah matang, lalu angkat dan kemudian goreng kembali dalam wajan kedua hingga kering. Keripik nangka akan lebih garing karena pada minyak pertama kandungan air pada nangka sudah banyak yang keluar, dan pada minyak kedua kandungan air sangat sedikit dan mempercepat proses pengeringan.

Sekian info tentang Peluang Usaha Aneka Keripik dan Rempeyek, kami harap postingan kali ini membantu Anda. Mohon postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Comment