Ternak Website
Ratu Bisnis

Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis

Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis

Topik kita kali ini yakni Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis. Seringkali muslimah berfikir terlalu rumit dan muluk-muluk untuk memulai bisnis. Mau buka rumah makan misalnya, dengan anggaran tipis belum-belum sudah berfikir untuk menyewa ruko, membeli peralatan memasak, cari pegawai, dan masih banyak lagi. Tentu saja kita semua menginginkan sebuah usaha yang professional atau mendekati sempurna.

Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis

Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis

Namun jika anggaran yang kita miliki pas-pasan, tidak usah berencana yang muluk-muluk. Berfikirlah bagaimana bisnis bisa dimulai dengan anggaran sesuai yang kita miliki. Ini akan lebih membuat kita segera ‘take action’, nggak usah kebanyakan berencana.

Cermati semua yang Anda miliki. Kalau perlu catatlah. Anda akan menyadari bahwa ternyata Anda memiliki banyak hal. Mulai dari tubuh yang sehat, ilmu atau ketrampilan, tempat tinggal meskipun sebatas menyewa hingga perabotan rumah yang tidak mungkin Anda sebut satu per satu. Tapi ada satu yang belum tentu Anda miliki, yaitu kemauan. Hanya dengan kemauan, apa pun yang Anda miliki saat ini dapat menjadi modal untuk membangun kerajaan bisnis Anda.

Jadilah muslimah kreatif dengan memulai dari apa pun yang Anda miliki. Selain pemanfaatan ilmu dan ketrampilan yang kita miliki, berikut contoh-contoh pemanfaatan hal-hal sederhana untuk memulai berbisnis.

1. Ruangan atau kamar kosong

Jika Anda memiliki rumah yang lumayan besar dengan kamar yang lebih dari cukup, ada baiknya sisa ruangan atau kamar itu disewakan. Jika kamar itu letaknya di belakang, Anda bisa menyiasatinya dengan memberi akses keluar masuk lewat samping rumah. Jika pintu kamar yang akan disewakan berhadapan langsung dengan ruang keluarga, Anda bisa menutup pintu itu dan membuat pintu di sisi lain yang tidak mengganggu privasi keluarga Anda.

2. Halaman kosong

Jika Anda memiliki halaman depan yang luas dan tidak ingin mendirikan bangunan permanen di atasnya, ada baiknya halaman itu digunakan untuk membuka bisnis tanaman hias atau sentra pembibitan tanaman buah. Anda juga bisa bekerja sama dengan teman yang ahli dalam pembuatan taman. Sehingga selain menyediakan tanaman, Anda juga menawarkan jasa pembuatan dan perawatan taman. Jika koleksi tanaman Anda unik dan langka, Anda juga bisa membuka rental tanaman hias.

Selain untuk bisnis tanaman hias, halaman kosong juga bisa digunakan untuk berbisnis cuci mobil, motor dan karpet. Tentu saja Anda perlu mengubahnya menjadi semi permanen, misalnya dengan menyemen dan memberi atap. Namun ruang cuci ini bisa didesain sesederhana mungkin sesuai dengan kocek yang dimiliki.

3. Garasi kosong

Garasi kosong adalah tempat yang sangat fleksibel. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam bisnis. Yang paling sering adalah dimanfaatkan untuk membuka warung kelontong, warung makan, warung sembako atau isi ulang pulsa.

4. Dapur dan peralatan memasak

Jika Anda muslimah yang gemar bereksplorasi dalam menu masakan, jangan sia-siakan dapur dan peralatan memasak yang Anda miliki. Manfaatkanlah untuk memulai berbisnis kuliner sesuai keahlian dan keinginan Anda. Cari menu baru yang membuat orang penasaran ingin mencicipi.

5. Mesin cuci dan setrika

Peralatan ini bisa untuk membuka bisnis laundry. Laundry-laundy yang menjamur saat ini, sudah banyak yang memiliki fasilitas lengkap dan canggih. Jika Anda ingin tetap membuka berbisnis laundry namun dengan hanya menggunakan mesin cuci dan setrika, maka sebaiknya Anda mencari lokasi yang belum banyak berdiri usaha laundry. Jika nanti bisnis laundry Anda berkembang, Anda bisa menambahkan dengan mesin pengering dan fasilitas lain.

6. Mesin jahit

Kadang nenek atau ibu mewariskan mesin jahit untuk anak perempuannya. Tapi muslimah jaman sekarang banyak yang tidak suka menjahit. Akhirnya mesin jahit tua milik nenek atau ibu hanya menganggur. Jika Anda muslimah yang bisa menjahit, jangan sia-siakan mesin jahit yang ada meskipun sudah tua. Anda bisa membuka atau berbisnis modiste, aksesoris, jilbab, mukena, dan lain-lain. Anda bisa menukar mesin jahit tua dengan yang baru jika nanti bisnis mulai berkembang.

7. Blender

Sudah banyak yang memanfaatkan blender untuk membuka usaha jus buah. Jika Anda juga ingin membuka usaha jus buah, buatlah konsep yang berbeda dengan yang sudah ada. Misalnya, sediakan beberapa set meja kursi minimalis, sehingga konsumen tidak hanya membeli secara take away, tapi bisa sambil duduk dan ngobrol. Sedangkan untuk menu jus buah, buatlah yang variatif, tidak hanya buah di blender, tapi gunakan bahan lain untuk mempercantik penampilan.

8. Buku-buku bacaan

Jika keluarga Anda gemar membaca, tentu di rumah Anda banyak tersimpan buku bacaan. Apalagi jika anak-anak Anda penggila komik dan novel. Kumpulkan buku-buku tersebut, bagi sesuai isi bacaan dan sewakan. Anda perlu menambah fasilitas tempat membaca yang nyaman, sehingga selain tempat menyewa buku juga menjadi perpustakaan.

Lengkapi perpustakaan dengan koleksi buku terbaru dan best seller. Anda bisa memasang tarif tertentu untuk pengunjung yang ingin menikmati fasilitas perpustakaan. Jika koleksi buku keluarga Anda kurang lengkap, Anda bisa menghubungi distributor atau penerbit untuk memperoleh buku-buku baru dengan harga miring.

Demikian info tentang Mulailah dari Apa yang Anda Miliki Untuk Berbisnis semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment