Peluang Bisnis

Merintis Usaha Bimbingan Belajar Sendiri

Merintis Usaha Bimbingan Belajar Sendiri

Topik kita sekarang ialah merintis usaha bimbingan belajar sendiri. Anda yang memiliki latar belakang jurusan pendidikan tentu menguasai teknik pembelajaran dengan baik. Jika Anda memiliki ruang kosong di rumah yang dapat Anda jadikan ruang kelas, embrio usaha atau bisnis bimbel (bimbingan belajar) dapat Anda ciptakan di rumah Anda sendiri.

Merintis Usaha Bimbingan Belajar Sendiri

Cara Mendirikan Usaha Bimbingan Belajar Rumahan

Cara memulai bisnis atau usaha bimbingan belajar (bimbel) rumahan dimulai dengan mengajak anak tetangga Anda. Ajaklah anak tetangga kanan kiri untuk belajar atau mengerjakan PR di rumah Anda. Jangan dulu mematok tarif, yang terpenting pastikan bahwa mereka merasa enjoy ketika belajar bersama Anda.

Jika satu dua anak merasa senang belajar bersama Anda, dengan sendirinya dia akan mengajak teman-temannya untuk bergabung. Jika Anda telah mampu merekrut banyak murid dan mereka merasa puas belajar bersama Anda, silakan mulai pasang spanduk dan pasang tarif. Ini merupakan konsep bimbel yang bisa Anda gunakan. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mau berbisnis.

Bisnis Kepercayaan

Usaha bimbingan belajar (lembaga pendidikan) adalah bisnis kepercayaan. Jika Anda telah mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen, maka saat itulah Anda layak mematok tarif untuk jasa bimbingan belajar yang Anda berikan. Anda bisa mulai dari yang paling mudah yaitu usaha atau bisnis bimbel calistung (baca tulis hitung).

Ketika jumlah murid bertambah banyak, Anda bisa mencari partner, baik untuk permodalan maupun keahlian. Rumah Anda sendiri mungkin sudah tidak muat untuk menampung banyak murid. Maka Anda membutuhkan bangunan yang luas untuk menjadi ruang-ruang kelas. Untuk itu ganti manajemen bimbel rumahan Anda menjadi yang lebih besar lagi.

Dunia pendidikan tidak akan pernah ada matinya. Selama orang butuh dengan yang namanya ilmu. Jadi peluang bisnis bimbingan belajar (bimbel) rumahan maupun ruko bisa jadi usaha menjanjikan. Asalkan tahu cara memanajemennya, baik manajemen dalam hal SDM maupun kurimulum materinya. Dan satu lagi yang tidak kalah penting yaitu berilah nama yang bagus untuk usaha bimbel Anda.

Strategi Awal Bisnis Bimbingan Belajar

Cara membuka dan mengembangkan bisnis atau usaha bimbingan belajar / bimbel dirumah (rumahan) atau di ruko. Berikut strategi-strateginya

a. Gandeng partner untuk bergabung

Anda tidak mungkin mengurus semuanya sendiri. Selain berbagi beban kerja, partner dapat Anda ajak untuk bersama-sama menanamkan modal.

b. Persiapan Bisnis Bimbel

Selalu perhatikan tiap satuan pelajaran (SD, SMP dan SMA) tiap tahunnya. Dalam proses bisnis bimbingan belajar, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini:

1. Kurikulum yang sedang berlaku

Anda harus segera tahu ketika terdapat perubahan kurikulum dari departemen Pendidikan Nasional. Yang sudah-sudah, tiap ganti menteri, kurikulum bisa ikut-ikutan ganti.

2. Materi yang dipelajari dalam tiap semester

Tanyakan langsung materi yang dipelajari kepada pihak terkait, misal dinas pendidikan setempat. Jangan mengacu kepada materi buku-buku teks yang dijual di pasaran.

3. Soal-soal yang sering diujikan

Menjejalkan seribu macam soal kepada siswa justru tidak akan efektif. Pelajari tipe soal yang sering diujikan, baik dalam ulangan harian, ujian tengah dan akhir semester, maupun dalam ujian nasional.

4. Tips atau cara cepat mengerjakan soal

Inilah bedanya bimbel dengan sekolah. Di sekolah, biasanya soal dikerjakan sesuai rumus atau aturan yang berlaku. Keuntungannya, siswa jadi paham betul dari mana hasil atau jawaban. Harapannya, ketika di sekolah siswa sudah memahami logika atau urutan untuk memperoleh jawaban, maka di bimbel diberikan cara yang lebih praktis atau cara cepat untuk menemukan jawaban. Ketepatan dan kecepatan mengerjakan soal adalah nilai plus yang harus dimiliki tiap bimbel.

5. Kalender pendidikan dari dinas pendidikan setempat

Ini penting untuk patokan menyusun jadwal pembelajaran di bimbel Anda. Kapan harus menyiapkan siswa untuk ujian tengah semester, akhir semester, ujian nasional, dll.

6. Modul tiap bidang studi

Ada baiknya Anda mempelajari tipe modul dari bimbel lain. Anda bisa bekerja sama dengan tiap tentor untuk pembuatan modul sesuai bidang studi yang diampu tentor tersebut. Buatlah modul dengan gaya bahasa ringan sesuai tahap perkembangan psikologi pembacanya, lengkap namun sistematis dan mudah dipelajari. Modul yang gaya penulisannya kaku, seperti teks book orang kuliahan justru akan membuat siswa malas membukanya. Membuka saja malas, apalagi mempelajari.

7. Administrasi untuk Bisnis Bimbel

Administrasi pokok yang perlu disiapkan untuk sebuah bimbel:

  • Formulir pendaftaran
  • Isian data siswa
  • Kartu siswa
  • Daftar presensi. Untuk bimbel yang sudah menerapkan komputerisasi presensi, biasanya pada kartu siswa telah dilengkapi barcode, sehingga untuk kepentingan presensi, siswa tinggal menggesekkan atau mendekatkan kartu pada scanner.
  • Jadwal harian. Berisi nama kelas, bidang studi yang dipelajari dan tentor yang bertugas.
  • Presensi tentor. Berisi tanggal, jam mengajar dan bidang studi yang diajarkan.

Berkumpulnya siswa dalam jumlah banyak kadang akan membuat suasana gaduh. Untuk mengantisipasi komplain dari warga lain, Anda harus mengurus izin usaha bimbingan belajar. Uruslah perizinan, minimal izin dari lingkungan atau RT / RW setempat. Izin dari lingkungan akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalankan usaha.

Permodalan usaha bimbingan belajar

Persiapan membuka usaha bimbingan belajar yang Anda butuhkan di antaranya :

  1. Sewa tempat. Diperlukan tempat yang cukup luas untuk membuat ruang-ruang kelas. Untuk tahap awal, misal Anda akan membuat tiga ruang kelas, satu ruang administrasi (gabung ruang tentor) dan satu ruang front office (penerima tamu). Tiap ruang minimal luas 9 m2, maka diperlukan bangunan seluas 45 m2. Selain itu, diperlukan kamar mandi dan lahan parkir.
  2. Perlengkapan belajar seperti meja kursi, white board, modul, ATK, dll.
  3. Tentor atau pengajar tiap bidang studi. Anda bisa melakukan seleksi untuk memperoleh tentor yang tidak hanya menguasai materi, namun juga menguasai teknik mengajar.
  4. Karyawan untuk bagian administrasi dan kebersihan.

usaha bimbingan belajar

Analisis Bisnis Bimbingan Belajar

Berikut contoh analisa bisnis atau usaha bimbingan belajar (bimbel) yang bisa Anda gunakan sebagai patokan

Modal awal
Sewa tempat dan renovasi per tahun Rp 10.000.000
Perlengkapan belajar (meja kursi, white board, ATK, dll) Rp 4.000.000
Perlengkapan administrasi (komputer + printer, lemari, dll) Rp 4.000.000
Pembuatan modul Rp 2.000.000
Total modal usaha bimbel Rp 20.000.000
Biaya operasional
ATK Rp 500.000
Gaji/honor 5 tentor x Rp 35.000 x 12 jam mengajar Rp 2.100.000
Gaji karyawan 2 orang Rp 1.000.000
Listrik, transport, telepon Rp 400.000
Promosi dan penawaran ke sekolah-sekolah Rp 1.000.000
Total biaya Rp 5.000.000
Perhitungan laba per bulan
Biaya bimbingan 50 siswa x Rp 175.000 per bulan Rp 8.750.000
Biaya operasional Rp (5.000.000)
Laba bersih Rp 3.750.000

Catatan untuk contoh studi kelayakan bisnis bimbingan belajar di atas yaitu :

  • Perkiraan BEP 6 bulan
  • Perhitungan proposal usaha atau bisnis bimbingan belajar (bimbel) di atas bisa saja berubah sesuai pasar dan waktu
  • Buat juga analisis swot usaha bimbingan belajar agar bisnis Anda bisa tetap survive dari masa ke masa

Kiat dan pemasaran usaha bimbingan belajar

Dalam memulai bisnis ini yang paling penting adalah alasan memilih usaha bimbel. Bila alasan Anda hanya ikut-ikutan tanpa pengetahuan maka akan susah berkembang. Oleh karena itu Anda juga harus belajar kiat sukses usaha bimbingan belajar berikut ini:

1. Promosi ke Sekolah

Adakan promosi dan penawaran ke sekolah-sekolah. Misalnya dengan mengadakan try out, simulasi ujian nasional, simulasi ujian masuk perguruan tinggi negeri, dll.

2. Manfaatkan ujian

Manfaatkan bulan-bulan menjelang ujian semester, ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi untuk beriklan, baik di media cetak, radio, internet, maupun langsung ke sekolah-sekolah.

3. Lakukan Koordinasi

Lakukan koordinasi dengan seluruh tentor agar mereka memahami standar pembelajaran yang telah ditetapkan. Lakukan juga evaluasi secara general terhadap siswa-siswa, sehingga Anda mengetahui sampai sejauh mana kesiapan siswa menghadapi ujian.

4. Evaluasi

Adakan evaluasi setiap aspek sesering mungkin, sehingga masalah sekecil apa pun bisa langsung teratasi. Ingat, bisnis pendidikan adalah bisnis kepercayaan. Jika usaha bimbingan belajar Anda tak dapat mengantarkan siswa-siswa untuk siap menghadapi ujian. Orang tua mana yang mau memasukkan putra putrinya ke bimbel Anda.

5. Prospek bisnis bimbel lain

Selain pembelajaran klasikal, Anda juga bisa membuka les privat. Tentor atau pengajar dapat direkrut dari mahasiswa akhir semester atau alumni yang belum mempunyai pekerjaan tetap. Seleksilah sehingga Anda bisa memilih tentor yang selain menguasai materi, juga komunikatif dengan siswa.

6. Buka Layanan Konsultasi

Bukalah layanan konsultasi untuk siswa maupun orang tua siswa. Konsultasi meliputi segala aspek yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, misal materi pembelajaran, kesulitan belajar, kesulitan menentukan jurusan, kurang motivasi, dll.

7. Mulai Online

Buatlah web site untuk bimbel Anda. Anda bisa melakukan banyak hal melalui web site tersebut. Mengenalkan bimbel Anda pada publik, sebagai media promosi, media komunikasi, juga media evaluasi berdasar kritik saran yang masuk dalam web site. Selain itu Anda juga bisa buka bisnis bimbingan belajar (bimbel) online. Bimbel ini bisa dilakukan dimana saja dan bisa diikuti siapa saja.

Strategi bisnis bimbingan belajar di atas bisa Anda pakai. Bila perlu Anda perbaharui setiap strategi-strategi di atas. Perbaharui menurut perkembangan zaman dan kompetitor Anda. Jangan sampai bisnis Anda ini ketinggalan zaman dan tertinggal dari kompetitor.

Sekian info terkait dengan cara merintis usaha bimbingan belajar sendiri, kami harap postingan ini mencerahkan teman-teman semua. Tolong artikel ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

sumber:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment