Muslimah Career

Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan di Tempat Kerja

Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan di Tempat Kerja

Topik kita sekarang ialah Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan di Tempat Kerja. Islam sangat menjunjung profesionalitas di tempat kerja. Dalam Islam, bekerja untuk menafkahi keluarga dengan jalan yang halal merupakan sebuah ibadah. Oleh karena itu, Islam mendorong umatnya untuk bersikap optimis, jujur, disiplin, penuh tanggung jawab, kerja keras, cerdas, dan efisien dalam bekerja.

Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan di Tempat Kerja

Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan

Dalam berdagang, Rasulullah Saw. selalu menekankan kejujurannya. Padahal pasar adalah tempat di mana banyak orang melakukan dusta. Sama halnya dengan dunia bisnis, orang seringkali menipu untuk mendapat keuntungan yang besar. Namun Rasulullah justru berbuat sebaliknya, agar dipercaya pelanggan beliau justru berlaku jujur.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita jadikan pegangan untuk menjunjung tinggi profesionalitas perempuan :

  1. Bekerjalah dengan pengetahuan yang cukup dan kesadaran melakukan sesuatu yang positif. “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Isra [17] : 36)
  2. Miliki semangat dan etos kerja untuk memajukan diri Anda dan perusahaan.
  3. Ingatlah Allah selalu saat bekerja sehingga kita akan bersikap jujur dan bertanggungjawab terhadap amanah yang diberikan.
  4. Pekerjaan harus dilakukan berdasarkan keahlian. Rasulullah Saw. bersabda, “Apabila suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancuran”. (HR. Bukhari).
  5. Jika kita memiliki bawahan maka memberikan upah atau gaji harus dilakukan secara tepat dan sesuai dengan amal atau karya yang dihasilkannya. Rasulullah Saw. bersabda, “Bayarlah kepada pekerja upahnya sebelum kering keringatnya dan beritahukanlah berapa upahnya, ketika dia masih bekerja”.
Keteladanan Rasulullah

Selain kelima hal di atas, Anda juga harus mencontoh sifat-sifat Rasulullah SAW. Jadikan Rasulullah SAW sebagai teladan dalam melaksanakan pekerjaan.

  1. Shiddiq (jujur) menjadi salah satu dasar yang paling penting untuk membangun profesionalisme. Hampir semua bentuk usaha yang dikerjakan bersama menjadi hancur, karena hilangnya kejujuran.
  2. Amanah (bertanggung jawab). Sikap bertanggung jawab juga merupakan sifat akhlak yang sangat diperlukan untuk membangun profesionalisme.
  3. Tabligh (menyampaikan). Maksud tabligh di sini adalah bersikap transparan dalam segala keputusan. Jangan menutup-nutupi apa yang sesungguhnya menjadi hak orang lain. Dengan sifat transparan, kepemimpinan dapat diakses semua pihak dan tidak ada kecurigaan sehingga semua anggotanya akan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepemimpinannya.
  4. Sifat fathanah (cerdas). Ia cepat memahami aspirasi anggotanya, sehingga setiap peluang dapat segera dimanfaatkan secara optimal dan problem dapat dipecahkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Selain materi tentang Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian info seputar Menjunjung Tinggi Profesionalitas Perempuan di Tempat Kerja, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semua. Mohon post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment