Peluang Bisnis

Menjadi Produsen Kue dan Jajanan Pasar

Menjadi Produsen Kue dan Jajanan Pasar

Di postingan ini kami akan bahas berkaitan dengan menjadi produsen kue dan jajanan pasar. Roti dan kue hampir selalu dibutuhkan dalam berbagai acara, apalagi di hari-hari raya. Bagi sebagian penduduk kota besar mungkin sudah bosan dengan berbagai jenis kue. Mereka ingin makanan tradisional atau yang biasa disebut jajanan pasar. Klepon, lopis, cenil, nagasari, mendut, dll adalah beberapa jenis makanan tradisional khas Jawa yang sering dirindukan penduduk kota besar.

Menjadi Produsen Kue dan Jajanan Pasar

Menjadi Produsen Kue dan Jajanan Pasar

Peluang ini bisa Anda tangkap dengan menjadi produsen kue dan jajanan pasar. Jika Anda pernah kursus membuat aneka kue dan sering mempraktekkan untuk acara keluarga, kesempatan yang bagus untuk Anda menyalurkan kemampuan Anda.

Terdapat dua pilihan untuk menjadi produsen kue dan makanan tradisional

  1. Anda sebagai produsen murni dan tidak menjual eceran. Anda lebih banyak melayani pesanan entah itu dari tengkulak maupun dari orang lain yang memesan untuk acara tertentu. Anda bisa juga membuka peluang pada orang lain untuk mitra pada waktu-waktu tertentu misalnya membuka grosir dan distributor kue lebaran atau kue kering dan basah kiloan.
  2. Anda sebagai produsen sekaligus sebagai penjual eceran. Untuk pilihan ini, Anda harus memiliki tempat atau kios untuk melayani pemesan dan pembeli eceran.
Strategi awal produsen jajanan pasar dan kue

Berikut strategi awal untuk memulai bisnis ini yaitu :

  1. Pelajari berbagai resep kue yang laris di pasaran, terutama kue-kue yang sedang ngetrend. Uji coba di dapur Anda supaya Anda yakin telah mampu membuatnya dengan baik dan memperoleh rasa yang pas. Untuk masa uji coba ini, Anda bisa mengundang teman atau saudara untuk mencicipi dan memberikan penilaian.
  2. Setiap Anda selesai membuat berbagai jenis kue dan jajanan pasar, letakkan pada tempat semenarik mungkin dan abadikan dengan kamera untuk bahan pembuatan katalog.
  3. Buat sistem kemitraan seperti agen atau distributor untuk waktu-waktu tertentu yang memang sedang ngetrend. Misalnya membuka agen kue lebaran.
Permodalan bisnis kue dan jajanan pasar

Modal yang diperlukan antara lain :

  1. Sewa tempat, jika rumah Anda tidak terletak di pinggir jalan besar dan ingin melayani pembeli eceran.
  2. Peralatan memasak kue dan jajanan pasar.
  3. Toples aneka ukuran dan mika. Berbagai jenis kue kering akan lebih menarik jika dikemas dalam toples. Sedang untuk kue basah dan jajanan pasar dapat dikemas dalam dos, mika atau plastik.
  4. Lemari pendingin berpintu kaca untuk mendinginkan kue-kue tart. Aneka kue tart berbagai ukuran dapat Anda buat sesuai modal yang Anda miliki untuk dipajang di lemari pendingin. Lemari mampu mengawetkan kue-kue untuk beberapa hari sehingga tidak mudah berjamur. Selain itu, dengan memajang berbagai jenis kue, orang akan lebih leluasa memilih jenis kue mana yang akan dipesan.
  5. Karyawan, minimal 1 orang.
  6. Dana untuk membeli bahan baku.

Analisis usaha kue dan jajanan pasar

Berikut contoh perhitungan laba rugi untuk menjadi produsen kue kering kiloan atau eceran serta jajanan pasar :

Modal awal
a. Sewa tempat Rp 3.000.000
b. Etalase, meja, kursi Rp 1.000.000
c. Lemari pendingin Rp 2.500.000
d. Peralatan memasak kue Rp 2.000.000
Total modal awal Rp 8.500.000
Biaya operasional
a. Belanja bahan baku Rp 4.000.000
b. Toples, dos, mika, dll Rp 300.000
c. Gaji karyawan Rp 500.000
d. Listrik, transport dan telepon Rp 300.000
Total biaya operasional Rp 5.100.000
Perhitungan laba per bulan
a. Penjualan aneka kue dan jajan pasar
Rp 225.000 x 30 hari Rp 6.750.000
b. Biaya operasional Rp (5.100.000)
Laba bersih Rp 1.650.000

Perkiraan BEP 5 bulan, perhitungan di atas bisa Anda gunakan buat panduan bisnis apalagi Anda sebagai produsen kue kering lebaran atau produsen kue kacang pemula yang butuh data perhitungan untuk patokan.

Kiat bisnis dan pemasaran kue dan jajanan pasar

Berikut kiat-kiat untuk Anda sebagai produsen kue dan jajanan pasar dalam memasarkan produk

  1. Selain melayani pesanan, menjual di kios, Anda juga bisa menitipkan produksi Anda ke minimarket-minimarket, kantin, café atau membuat toko kue basah online (khusus kue basah)
  2. Buatlah katalog jenis-jenis kue dan jajanan pasar yang bisa Anda layani pembuatannya. Katalog berisi nama-nama kue dan jajanan pasar, gambar atau foto dan harga.
  3. Berikan diskon untuk pembelian jumlah tertentu atau pada waktu tertentu dengan slogan harga jajanan pasar murah meriah atau jual kue kering lebaran murah enak.
  4. Berikan variasi kemasan. Selain, kemasan plastik, dos dan toples, Anda bisa menggunakan kemasan berbahan bambu, serat tanaman atau bahan-bahan lain yang memberikan kesan natural.
  5. Berikan variasi tampilan khas produksi Anda. Sama-sama bolu kukus, tapi Anda bisa menambahkan kismis atau buah kering di atasnya. Ini akan memberikan kesan ‘bukan bolu kukus biasa’, padahal bahan yang Anda tambahkan hanya sederhana.
  6. Jagalah kualitas rasa. Tuliskan tanggal kadaluwarsa untuk kue dan jajanan pasar yang bisa tahan lebih dari satu hari.
  7. Buatlah brosur yang dilengkapi gambar kue dan jajanan pasar beserta harga-harga. Sebarkan di perumahan-perumahan, sekolah-sekolah, kantor-kantor, dll. Buatlah brosur semenarik mungkin. Berikan kata-kata yang membuat calon konsumen tertarik misalnya jual kue basah murah dan bisa juga kue jajanan pasar delivery. Intinya buat agar calon pelanggan tertarik pada pandangan pertama.
  8. Jalin kerja sama dengan komunitas mahasiswa di kampus. Biasanya mahasiswa sering mengadakan acara seminar, orientasi mahasiswa baru, out bond dll yang memerlukan konsumsi praktis.

Sekian info perihal menjadi produsen kue dan jajanan pasar, kami harap postingan ini membantu Anda. Kami berharap postingan ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment