Peluang Bisnis

Mendirikan Bisnis Salon Khusus Anak-Anak

bisnis salon khusus

Pembahasan kita sekarang adalah mendirikan bisnis salon khusus anak-anak. Seringkali para ibu kesulitan untuk membuat balitanya tenang duduk manis saat potong rambut. Bahkan ada yang kontan menangis saat melihat gunting siap memotong rambutnya. Mereka takut bila diajak potong rambut di salon, meskipun dengan berbagai macam rayuan.

bisnis salon khusus

Mendirikan Bisnis Salon Khusus Anak-Anak

Terpaksa kita sebagai ibunya potong sendiri rambut mereka meski dengan model itu­itu saja (nggak bisa model lain). Masalah ini tidak cuma dialami oleh satu ibu saja. Ibu-­ibu lain pun, terutama yang punya anak cowok sering dibuat pusing saat anaknya mesti potong rambut. Ide bisnis salon anak-­anak akan membuat para ibu tak lagi risau dengan acara potong rambut si kecil. Sebuah peluang bisnis yang kreatif dan menjanjikan.

Strategi awal usaha salon khusus anak

Berikut strategi bisnis salon khusus anak-anak yang bisa dilakukan

  1. Pilihlah lokasi yang strategis, misal di dekat childcare, preschool, taman kanak­-kanak atau SD. Penentuan lokasi amat penting mengingat orang tua yang membawa anak-­anaknya ke salon biasanya dari kalangan ekonomi menengah ke atas.
  2. Pahami perkembangan psikologi anak untuk menciptakan trik­trik membuat anak­-anak duduk tenang saat potong rambut. Untuk ini Anda bisa berkonsultasi dengan pakar pendidikan anak, psikolog atau membaca berbagai buku tentang anak­-anak. Namun perhatian mereka akan tersita ke layar televisi, sehingga selama potong rambut pun tak banyak bergerak.
  3. Rekrutlah kapster yang menyayangi dan suka dengan dunia anak-anak. Diperlukan kesabaran untuk tipe-tipe anak yang susah diam. Selain menguasai teknik pelayanan salon, kapster juga harus dapat membuat anak merasa happy.
  4. Anda perlu mengetahui trend model rambut anak-anak terkini, baik untuk balita maupun anak usia SD. Meskipun si anak tak peduli dengan model rambutnya, namun kadang orang tua menginginkan model rambut anaknya seperti artis cilik, tokoh komik, tokoh kartun, dsb. Koleksi foto-foto artis cilik yang memperlihatkan model rambutnya. Koleksi tersebut dapat diperlihatkan pada orang tua yang masih bingung hendak memilih model apa untuk rambut anaknya.
  5. Untuk memotong rambut balita, tak harus si anak duduk di depan meja rias atau cermin. Jika ia lebih asyik berhadapan dengan aneka mainan di lantai, tak ada salahnya potong rambut dilakukan dengan duduk di lantai.
Permodalan usaha salon khusus anak

Modal untuk bisnis salon khusus anak-anak antara lain :

  1. Ruangan atau ruko minimal 4 X 5 m.
  2. Perlengkapan salon yang menjadi ciri khas salon anak seperti kursi lucu, cermin di depan kursi, gunting rambut lucu, hair dryer bergambar kartun, televisi dan CD player untuk memutar film anak-anak agar tak banyak bergerak saat potong rambut, sofa untuk duduk para orang tua, clipper dan sisir.
  3. Perlengkapan administrasi seperti nota, alat tulis, kalkulator, dll.
  4. Karpet ruangan, sound system untuk memutar lagu anak-anak dan jika dimungkinkan dipasang AC untuk kenyamanan anak.
  5. Alat permainan anak. Selain berfungsi untuk membuat anak duduk di tempat saat potong rambut, alat permainan juga dapat digunakan selama anak menunggu antrian.

Analisis usaha salon khusus anak

Berikut contoh analisis bisnis salon khusus anak-anak

Modal awal
Sewa tempat Rp 4.000.000
Renovasi dan dekorasi Rp 1.500.000
Tempat cuci rambut ukuran anak Rp 750.000
Peralatan salon lain Rp 1.000.000
Meja dan kursi salon lucu 4 set Rp 1.000.000
Etalase produk perawatan Rp 750.000
Peralatan bermain anak Rp 500.000
Televisi dan sound system Rp 2.000.000
Peralatan administrasi Rp 200.000
Sofa tunggu Rp 750.000
Rp 12.450.000
Biaya operasional
Produk perawatan Rp 1.500.000
Listrik dan air Rp 400.000
Telepon dan transport Rp 250.000
Maintenance Rp 100.000
Gaji 2 kapster Rp 2.000.000
Rp 4.250.000
Perhitungan laba per bulan
Pendapatan : 10 anak x 25.000 x 30 hari Rp 7.500.000
Biaya operasional Rp (4.250.000)
Laba bersih Rp 3.250.000

Perkiraan BEP 3 bulan

Kiat dan pemasaran usaha salon khusus anak

Berikut beberapa kiat pemasaran bisnis salon khusus anak-anak

  1. Survey dan pertimbangkan tarif salon sesuai dengan lokasi, pelanggan, usaha sejenis dan pelayanan.
  2. Desainlah interior ruangan bertema anak-anak agar mereka betah dan merasa fun di dalam salon.
  3. Lakukan promosi di sekolah-sekolah dasar, Taman Kanak-kanak, play group atau preschool, childcare, dll.
  4. Selain potong dan perawatan rambut, lengkapi dengan pelayanan make up anak untuk acara karnaval, pentas seni, wisuda anak, foto, ulang tahun, dll. Sewakan juga busana anak untuk acara-acara tersebut di atas.
  5. Anda juga bisa melengkapi salon Anda dengan layanan foto. Orang tua pasti ingin mengabadikan

Demikian informasi berkaitan dengan mendirikan bisnis salon khusus anak-anak, semoga postingan ini mencerahkan kalian. Tolong post ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Comment