Peluang Bisnis

Memulai Usaha Catering dengan Mudah

Memulai Usaha Catering

Topik kita kali ini adalah memulai usaha catering dengan mudah. Semakin banyak masyarakat yang tidak mau repot ketika punya hajat. Selain repot, kadang memasak sendiri untuk hajatan justru menjadi boros. Ini disebabkan kita juga harus membagikan tanda terimakasih kepada semua orang yang telah membantu kita menyiapkan masakan.

Memulai Usaha Catering dengan Mudah

Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka bisnis dan usaha catering atau katering makanan dan snack. Apalagi jika Anda menguasai berbagai jenis masakan. Jangan sia-siakan kemampuan Anda.

Selain acara hajatan, peluang bisnis dan usaha catering atau katering makanan sehat juga bisa Anda rambah ke aktivitas yang lain. Anda bisa menambah sasaran atau target pasarnya dan juga lini bisnisnya. Misalnya buka atau memulai usaha catering makan siang di pabrik dan acara pernikahan atau wedding.

Anda juga bisa menyasar kepada orang-orang yang mendambakan penampilan atau dengan kata lain orang yang ingin langsing. Nah, peluang bisnis dan usaha catering makanan diet harus Anda tangkap dan kelola.

Strategi awal usaha catering

Untuk memulai usaha catering makanan sehat, Anda harus membuat strategi bisnisnya. Berikut beberapa strategi awalnya :

  1. Berbeda dengan usaha rumah makan, Anda harus benar-benar menguasai teknik memasak jika hendak membuka usaha catering seperti bisnis katering makanan sehat bayi dan anak. Bahkan perbandingan jumlah bahan mentah dengan jumlah porsi yang nanti dihasilkan, Anda harus bisa menghitungnya dengan cermat. Meskipun Anda merekrut koki atau kepala dapur untuk mengatur proses produksi, jika Anda tidak menguasai teknik memasak dan perhitungan bahan baku dengan cermat, akan terjadi pemborosan di sana sini.
  2. Usaha katering biasanya dimulai dari katering rumahan yang melayani pesanan skala kecil. Jika Anda sama sekali belum pernah melayani atau mendapat pesanan katering skala rumahan, sebaiknya Anda memulainya dengan usaha katering rumahan. Katering rumah dapat berupa rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan atau pengajian, nasi boks untuk 20-100 porsi, dll. Tapi walaupun masih skala kecil, Anda tetap harus tahu ilmu cara buka usaha catering rumahan.
  3. Selalu up date menu masakan terkini. Ada baiknya Anda berlangganan tabloid masakan atau survei katalog menu masakan katering-katering lain. Ini akan membuat ilmu Anda tentang cara bisnis catering makanan
Permodalan usaha catering

Berikut beberapa modal memulai usaha catering makanan dan lainnya yang perlu dipersiapkan :

  1. Alat memasak. Untuk menghemat modal, alat masak yang telah ada dapat digunakan untuk memenuhi pesanan katering rumah. Pesanan hingga 200 porsi masih bisa dilayani dalam rumah Anda sendiri, pandai-pandailah mensiasati dapur Anda.
  2. Perlengkapan penyajian dan peralatan makan. Ini digunakan untuk memenuhi pesanan prasmanan. Jika Anda belum memilikinya, sebaiknya Anda terima pesanan khusus makanan saja, tidak termasuk pelayanan dan peralatan makan. Atau usaha catering rantangan saja yang modal peralatannya belum terlalu besar.
  3. Rak atau lemari untuk meletakkan bahan baku, bumbu-bumbu dan peralatan.
  4. Uang belanja. Anda perlu menyediakan uang belanja minimal 60 persen dari harga masakan yang dipesan. Untuk konsumen baru yang belum Anda kenal, lebih aman jika Anda meminta DP 50 persen dari total harga yang harus dibayar. Selain meminimalkan modal, Anda juga tidak perlu khawatir terjadi pembatalan pesanan.

Analisia usaha catering

Berikut contoh proposal usaha catering makanan sehat rumahan yang bisa Anda pakai. Sebenarnya masih banyak contoh-contoh yang lain. Namun, analisis memulai usaha catering di bawah juga cukup mewakili.

Modal awal
a. Renovasi dapur Rp 3.000.000
b. Peralatan memasak Rp 10.000.000
c. Peralatan penyajian Rp 5.000.000
d. Peralatan makan Rp 5.000.000
e. Uang muka pembelian mobil boks tertutup Rp 10.000.000
Total Modal Awal Rp 33.000.000
Biaya operasional
a. Belanja bahan baku Rp 15.000.000
b. Gaji koki dan karyawan Rp 2.500.000
c. Transport, listrik, telpon Rp 1.000.000
Total biaya operasional Rp 18.500.000
Perkiraan laba per bulan
a. Pemasukan per bulan
Omset rata-rata Rp 800.000 x 30 hari Rp 24.000.000
b. Biaya operasional Rp (18.500.000)
c. Cicilan mobil Rp (2.000.000)
Keuntungan usaha catering (laba bersih) Rp 3.500.000

Di atas salah satu contoh perhitungan keuntungan usaha catering dengan perkiraan BEP 10 bulan.

Kiat bisnis dan pemasaran usaha catering

Berikut kiat-kiat bisnis dan pemasaran untuk memulai usaha catering box makan siang kantoran misalnya dan usaha lain yang berhubungan dengan katering yaitu :

  1. Pastikan cita rasa masakan tetap terjaga berapapun jumlah pesanan. Kunci bisnis katering adalah rasa masakan, penyajian dan pelayanan.
  2. Selalu siapkan pesanan katering lebih awal dari waktu yang disepakati. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada salah satu jenis makanan yang kurang jumlahnya.
  3. Buatlah proposal penawaran jasa katering untuk lembaga-lembaga atau instansi. Mintalah bantuan ahli desain grafis untuk membuat proposal yang eksklusif. Tampilkan menu-menu andalan, paket-paket makan siang kantor, paket-paket untuk meeting, gathering, dll. Cantumkan pilihan harga mulai dari yang paling ekonomis hingga lux. Yakinkan pada mereka bahwa katering Anda akan lebih menghemat biaya dari pada harus membagikan uang makan untuk tiap karyawan.
  4. Carilah data ibu melahirkan di klinik-klinik. Anda bisa mengajukan surat penawaran yang dilengkapi daftar menu dan harga untuk acara-acara pasca melahirkan seperti aqiqah. Tanggal lahir bayi juga data yang dapat Anda gunakan untuk menawarkan jasa katering saat perayaan ulang tahun. Usaha catering atau katering makanan bayi sehat juga bisa Anda tawarkan sekalian.
  5. Buatlah brosur dan pamphlet untuk disebarkan di perumahan-perumahan, asrama mahasiswa, arisan ibu-ibu, dll. Pasang iklan di media cetak, radio juga internet.
  6. Bagi yang menjajaki bisnis katering dan juga wedding organizer, harus juga update ilmu yang berkaitan. Misalnya selain harus tahu ilmu EO, Anda juga harus tahu cara memulai usaha catering pernikahan. Agar kedua bisnis tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

Demikian informasi seputar memulai usaha catering dengan mudah, kami harap artikel ini berguna untuk teman-teman semua. Kami berharap artikel contoh bisnis plan catering makanan sehat ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment