Peluang Bisnis

Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan

Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan

Di postingan ini kami akan bahas mengenaiĀ Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan. Usaha makanan ringan terdiri dari makanan kecil, snack dan minuman. Yang dimaksud snack di sini adalah makanan camilan yang bersifat kering dan tahan lama seperti kacang-kacangan, keripik, stik keju, kue kering, dll. Yang dimaksud makanan kecil adalah kue-kue basah, gorengan, pudding, dll. Sedangkan yang dimaksud minuman di sini adalah minuman kemasan yang siap minum.

Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan

Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan

Penjual aneka snack atau makanan ringan mungkin sudah banyak. Tapi belum banyak yang menggabungkan antara kue-kue basah, serba goreng (martabak, risoles, lumpia, tahu bakso, dll.) dengan aneka snack dan minuman. Untuk acara arisan, pengajian, rapat, atau sekedar untuk jaga-jaga kalau ada tamu di rumah, jenis usaha snack rumahan ini sering dicari oleh para ibu yang tidak mau repot.

Anda yang ingin membuka usaha makanan ringan yang menguntungkan ini tidak perlu harus bisa membuat kue-kue atau aneka makanan kecil lainnya. Cukup sediakan tempat lalu hubungi teman atau saudara untuk menitipkan makanan kecil buatannya. Sedangkan untuk snack dan minuman, Anda bisa membeli di pusat-pusat grosir snack dan minuman. Jika ingin lebih murah, carilah informasi di mana bisa membeli langsung dari produsen.

Strategi awal bisnis makanan ringan

Berikut ini strategi ketika Anda ingin membuka usaha makanan unik dan kreatif yaitu :

  1. Tentukan tempat yang akan akan Anda gunakan untuk usaha. Apakah di sekitar pasar, di daerah perkantoran, lingkungan sekolah, lingkungan kolam renang atau menyewa di depan supermarket.
  2. Bagi Anda pemula, mungkin akan kesulitan jika sama sekali tidak punya relasi yang mau atau bisa membuat makanan kecil untuk dititipkan. Solusinya, Anda bisa membeli atau kulakan pada produsen-produsen makanan kecil. Jika Anda ingin kulakan di pasar tradisional, hati-hati dalam memilih kualitas rasa dan tampilan. Anda harus menjaga imej bahwa di toko Anda hanya menjual snack dan makanan kecil yang berkualitas.
Permodalan bisnis makanan ringan

Berikut beberapa permodalan yang dibutuhkan untuk bisnis atau usaha makanan ringan unik terlaris juga kekinian yaitu :

  1. Sewa tempat, minimal 2 x 3 m. Tempat ini bisa dengan menyewa ruko, kios permanen atau cukup sewa tempat di mall atau supermarket.
  2. Rak atau etalase untuk memajang makanan kecil dan minuman, meja kursi. Wadah kaca atau toples snack ukuran besar untuk memajang aneka snack, sendok snack dan timbangan.
  3. Cooler atau pendingin minuman berpintu kaca.
  4. Tenaga kerja minimal 1 orang. Usahakan Anda mencari karyawan yang ramah dan penampilan bersih. Latihlah bagaimana menata kue dalam dos, menimbang dan membungkus snack dengan baik.
  5. Dana untuk membeli snack dan minuman dari produsen atau supplier. Carilah produsen atau supplier yang memungkinkan Anda membayar dengan tempo.

Analisis bisnis makanan ringan

Berikut contoh proposal bisnis atau usaha makanan ringan yang dapat Anda jadikan patokan :

Modal awal
a. Sewa kios Rp 3.000.000
b. Meja, kursi, rak, etalase Rp 2.000.000
c. Toples dan sendok snack Rp 1.000.000
d. Timbangan digital Rp 300.000
e. Cooler/pendingin minuman Rp 2.500.000
Total modal awal Rp 8.800.000
Biaya operasional
a. Pembelian snack dan minuman
Rp 100.000 x 30 hari Rp 3.000.000
b. Gaji karyawan Rp 500.000
c. Kantong Plastik, dos, dll. Rp 300.000
d. Transport, listrik, telepon Rp 400.000
Total Biaya Rp 4.200.000
Perkiraan laba per bulan
a. Omset rata-rata Rp 200.000 x 30 hari Rp 6.000.000
b. Biaya operasional Rp (4.200.000)
Laba bersih Rp 1.800.000

Di atas merupakan salah satu contoh rencana bisnis atau studi kelayakan bisnis makanan ringan dengan perkiraan BEP 5 bulan.

Kiat bisnis dan pemasaran bisnis makanan ringan

Berikut beberapa kiat jualan makanan ringan yang menguntungkan yaitu sebagai berikut :

  1. Pahami jenis kue atau snack yang sedang tren atau banyak dicari. Letakkan sedemikian rupa sehingga orang mudah melihatnya. Oleh karena itu Anda harus tahu ilmu cara membuat makanan ringan untuk dijual agar dapat membuat kue yang enak.
  2. Siapkan dos dengan kualitas bagus, jika perlu buat dos berlabel nama toko Anda misalnya usaha makanan ringan kriuk. Peserta arisan, pengajian atau perkumpulan apa pun yang menikmati snack dari toko Anda akan membaca informasi mengenai toko Anda.
  3. Siapkan snack dengan kemasan kecil yang pas untuk ditaruh dalam dos bersama kue atau gorengan.
  4. Buatlah paket-paket kemasan dos dengan berbagai variasi menu dan harga. Misal paket 1 harga Rp 2.500 terdiri atas kue brownies, kacang bawang dan 1 gelas air mineral, paket 2 harga Rp 3.000 terdiri atas bolu gulung, martabak, kacang telor dan 1 gelas air mineral, dan seterusnya.
  5. Buatlah paket-paket untuk pembelian snack. Misal paket 1 harga Rp 5.000 dapat 1 ons stik keju, 1 ons bolu kering dan 1 ons kacang atom.
  6. Sediakan kemasan khusus untuk oleh-oleh, misalnya menggunakan toples plastik kecil atau kantong plastik tebal. Kemasan yang dihias tali atau pita akan menambah daya tarik.
  7. Bagikan sampel kue-kue dan snack andalan Anda kepada karyawan kantor, pengunjung mall, atau siapa saja yang Anda anggap berpotensi untuk menjadi konsumen.

Sekian info seputarĀ Memulai Menjalankan Usaha Makanan Ringan, kami harap artikel kali ini berguna buat Anda. Mohon postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Comment