Inner Beauty

Cara Memelihara Inner Beauty dengan Meditasi

Memelihara Inner Beauty

Apakah Anda mau memelihara atau menjaga inner beauty? Bila iya, Anda bisa mempraktekkan cara memelihara inner beauty dengan meditasi yang ada di dalam artikel ini. Oleh karenanya Anda harus simak artikel tentang meditasi untuk menjaga inner beauty ini hingga selesai agar lebih paham dalam mempraktekkannya.

Memelihara Inner Beauty

Eksplorasi Inner Beauty dengan Meditasi

Berikut beberapa hal untuk eksplorasi kecantikan dengan meditasi untuk memelihara inner beauty :

a. Brain Imaging

Lihatlah wajah orang-orang suci atau para peneguh iman semuanya tampak berseri-seri, memancarkan aura dan energi positif dalam kehidupan. Apa rahasianya mereka bisa memelihara inner beauty atau aura? Mereka sering melakukan meditasi atau sebutan lainnya.

Meditasi yang dimaksudkan dalam konteks ini merupakan sebuah kegiatan olah pikir dan olah rasa dengan pendekatan tertentu. Seperti diketahui bahwa otak dan perasaan manusia dapat dilatih seperti halnya ketika melakukan olah raga.

Kita dapat melatih pikiran dan perasaan untuk mengurai berbagai masalah, emosi, menstabilkan perhatian. Serta mengurangi kerentanan otak kita dari kekacauan berfikir dan kegalauan emosional.

Dengan meditasi dapat meredakan ketegangan, mengurangi stress dan kecemasan. Sehingga Anda akan lebih rileks dan tenang. Selain itu sikap menjadi lebih terkontrol, baik dalam berfikir, berbicara maupun bertindak.

Meditasi akan menguatkan jiwa, hati dan pikiran. Sehingga orang akan teguh dalam mempertahankan prinsip-prinsip hidup yang baik dan benar.

Hal ini sesuai dengan sebuah hasil penelitian. Di mana penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data dari mesin citra otak (brain imaging) diperoleh sebuah fakta. Fakta tersebut yaitu dengan meditasi maka tingkat stress seseorang dapat diturunkan atau berkurang.

Ketenangan dan kedamaian itu tidak hanya Anda miliki sendiri namun juga Anda pancarkan kepada sekeliling Anda. Sehingga lingkungan sekitarpun akan menerima energi positif yang menentramkan jiwa.

Selain itu, dari wajah andapun akan terpancar sebuah spirit estetis yang begitu indah.

b. Ciptakan Hening

Ciptakan saat hening, tenang, urai pikiran yang tidak keruan. Pada saat itu Anda akan menyadari menjadi bagian dari alam dan mencoba menyatu dengan semesta raya.

Dan bahwa diri kita sebagai jagat cilik (mikrokosmos) yang merupakan bagian dari jagat gede (makrokosmos). Dengan menciptakan suasana hening maka Anda bisa memelihara inner beauty Anda.

Untuk cara menciptakan hening yaitu :

  • cobalah duduk dengan posisi bersila, lalu diam seperti batu;
  • jangan bergerak sama sekali;
  • rasakan semua yang terasa, baik pikiran ikuti saja kemana dia berpikir;
  • rasakan detak jantung dan nafas Anda pelahan-lahan;
  • Anda rasakan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh.
c. Positif Thinking dengan Meditasi

Dengan meditasi Anda dapat melakukan semacam “condisioning” terhadap pandangan atas sesuatu. Serta menjaga suasana hati yang lebih baik, selama kurun waktu tertentu.

Lakukan meditasi secara teratur atau rutin. Misalnya dengan melakukan meditasi 30 menit (minimal) setiap hari. Maka Anda akan mengembangkan struktur otak berkaitan dengan pola pikir positif konstruktif.

d. Terima Apa Adanya

Inner beauty berkaitan dengan kemampuan pengendalian diri dalam menghadapi berbagai permasalahan. Jika tidak mampu melakukan pengendalian diri maka kita akan tegang dan stress.

Kondisi stress yang diderita oleh seseorang disebabkan oleh adanya sikap menentang atau tidak bisa menerima sebuah realitas. Biasanya keadaan itu merupakan sebuah realitas yang tidak dikehendaki atau tidak sesuai dengan keinginan atau angan-angan.

Sebaliknya sikap tenang dalam menghadapi kenyataan yang tidak dikehendaki atau dapat menerima kenyataan akan menimbulkan perasaan tenang dan rileks. Ketenangan inilah yang akan menjaga aura inner beauty anda.

e. Penumbuh Kebijakan

Meditasi merupakan pendekatan sistematik untuk :

  • mengembangkan sejenis pengendalian diri baru,
  • penumbuh kebijakan dalam kesadaran hidup, serta
  • memiliki potensi power sebagai kekuatan therapis.

Jika melakukan meditasi secara benar dan teratur maka akan dapat menurunkan faktor risiko atas potensi terjadinya penyakit. Khususnya penyakit yang ditimbulkan oleh pola pikir yang tidak karuan, kemudian berpotensi menimbulkan berbagai penyakit fisik (psikosomatis).

Karena dengan meditasi Anda akan memperoleh reaksi kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Atau dengan kata lain dapat meningkatkan produksi zat antibody.

Teknik Meditasi untuk Memelihara Inner Beauty

Ini dia beberapa teknik meditasi untuk Anda yang mau memelihara inner beauty :

1. Pilih Ruang yang Tenang

Cara meditasi untuk memelihara inner beauty yang pertama yaitu pilih ruang yang tenang. Caranya yaitu :

  • pilih sebuah ruang yang relatif tenang;
  • usahakan ruang tersebut jauh dari potensi gangguan;
  • lalu duduk bersila dengan posisi punggung lurus.

Anda juga bisa duduk dengan tegak namun nyaman di sebuah kursi. Ini dilakukan bila Anda tidak bisa melakukan posisi di atas, karena suatu sebab tertentu.

2. Bernafas Secara Pelahan

Cara meditasi untuk memelihara inner beauty yang kedua yaitu bernafas secara pelahan. Langkahnya yaitu :

Langkah pertama

Pejamkan mata Anda. Lalu kendorkan otot-otot dan saraf, sehingga tubuh Anda terasa nyaman, rileks tanpa ada sikap yang menekan atau mengganggu.

Langkah kedua

Hiruplah udara secara perlahan-lahan melalui lubang hidung kemudian dikeluarkan secara perlahan pula. Lakukan hal itu dalam irama tarikan yang panjang-panjang, baik ketika udara masuk maupun ketika dikeluarkan.

Bernafaslah secara teratur. Keluarkan semua udara kotor dari paru-paru / rongga dada. Hingga yakin bahwa paru-paru Anda terisi udara bersih atau oksigen yang sangat dibutuhkan itu. Sampai Anda merasa benar-benar nyaman.

3. Sejenak Berhenti Berfikir

Cara meditasi untuk memelihara inner beauty yang ketiga yaitu sejenak berhenti berfikir. Langkah-langkahnya :

Langkah pertama

Berhentilah dalam memikirkan sesuatu. Buanglah semua pikiran tentang segala permasalahan. Baik persoalan :

  • pekerjaan,
  • karier,
  • jodoh,
  • keluarga,
  • peruntungan, atau
  • problem apapun.

Selanjutnya ciptakan saat hening, tenang dan tenteram.

Langkah kedua

Hubungkan pikiran, perasaan / emosi serta keyakinan Anda kepada semesta alam dan pencipta-Nya. Lalu ciptakan saat hening, tenang, urai pikiran yang tidak keruan.

Rasakan dan sadari Anda menjadi bagian dari alam dan mencoba menyatu dengan semesta raya. Dan bahwa diri kita sebagai mikrokosmos merupakan bagian integral dari makrokosmos.

Langkah ketiga

Pertahankan kondisi seperti di atas beberapa saat. Minimal 30 menit dengan demikian jiwa kita akan menjadi bugar, tenang, tenteram serta merasakan kenikmatan happiness.

Kondisi seperti ini akan menumbuhkan daya inner beauty yang luar biasa. Di mana kondisi ini akan ditebarkan kepada lingkungan dimana Anda berada.

Baca juga : Cara Menjaga Inner Beauty dengan Tertawa

Sekian info terkait dengan cara memelihara inner beauty dengan meditasi, kami harap artikel kali ini mencerahkan teman-teman semua. Mohon post memancarkan inner beauty menuju kecantikan sempurna ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!