Peluang Bisnis

Membuka Usaha Taman Kanak-Kanak

Membuka Usaha Taman Kanak-Kanak

Topik kita kali ini adalah membuka usaha taman kanak-kanak. Peluang bisnis pendidikan anak usia dini atau taman kanak-kanak sangat terbuka lebar. Ini karena sebelum masuk SD, anak-anak dianjurkan memiliki kemampuan dasar membaca dan menulis. Kemampuan dasar ini meliputi pengenalan huruf, mengeja dan cara penulisan huruf.

Membuka Usaha Taman Kanak-Kanak

Membuka Usaha Taman Kanak-Kanak

Tidak berbeda jauh dengan play group multiple intelligence, ide berani beda untuk bisnis PAUD dan TK (taman kanak-kanak) juga mengusung konsep multiple Intelligence. Yang sedikit berbeda adalah silabus, alat permainan dan format penilaian. Hal ini dikarenakan tahap perkembangan anak juga berbeda.

Sasaran pendirian taman kanak-kanak adalah anak-anak berusia 4-6 tahun. Sampai pada usia ini, tipe-tipe kecerdasan mulai mengalami perkembangan yang signifikan. Guru atau pengajar dapat mengukur delapan jenis kecerdasan tiap anak dengan lebih jelas.

Tipe kecerdasan akan berkembang terutama karena adanya faktor lingkungan. Dengan selalu terpantaunya perkembangan tiap jenis kecerdasan anak, orang tua dan guru dapat memberikan perlakuan yang tepat terhadap anak.

Strategi awal usaha taman kanak-kanak

Cara membuka usaha taman kanak-kanak (TK) dan memulai bisnis paudharus diawali dengan membuat strategi yang benar. Berikut beberapa strategi awal bisnis sekolah swasta untuk anak-anak :

  1. Susun silabus sistem pembelajaran di TK. Sebagai pedoman, Anda dapat mencari informasi standar pembelajaran anak usia dini di dinas pendidikan setempat. Modifikas silabus sehingga dapat dgunakan untuk mengukur delapan jenis kecerdasan anak.
  2. Konsultasikan semua perangkat pembelajaran (silabus format penilaian, buku rapor dll) dengan pakar pendidikan agar benar-benar sesuai dengan konsep multiple intelligence
  3. Rekrut pengajar yang memilik ijazah mengajar anak usia dini
  4. Lobilah pihak-pihak terkait untuk menjadi sponsor pendirian taman kanak-kanak. Misal lobi dengan produsen susu anak agar mau menjadi sponsor alat permainan edukatif. Atau lobi dengan produsen multivitamin anak untuk menjadi sponsor peralatan makan anak.
  5. Pelajari juga ilmu tata usaha taman kanak-kanak dan paud agar bisnis ini tetap berjalan lancar dan dalam waktu yang lama
Permodalan usaha taman kanak-kanak

Cara membuka usaha taman kanak-kanak dan paud di rumah maupun di ruko memerlukan beberapa hal, di antaranya :

  1. Sewa tempat jika Anda belum memiliki tempat yang luas untuk usaha ini.
  2. Alat permainan adukatif mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Anda bisa memilih dalam katalog alat permainan edukatif (APE) agar dapat memilih mana yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia 4-6 tahun.
  3. Meja kursi anak, kursi penunggu, white board dan ATK
  4. Perlengkapan makan dan kebersihan. Perlengkapan makan diperlukan untuk pemberian snack atau makan porsi kecil pada waktu-waktu yang telah

Analisis usaha taman kanak-kanak

Berikut contoh simulasi perhitungan modal untuk merintis dan membuka usaha taman kanak-kanak (TK) yaitu :

Modal awal
Sewa tempat dan renovasi per tahun Rp 10.000.000
Alat permainan edukatif berbagai jenis Rp 10.000.000
Baju seragam 30 stel x Rp 50.000 Rp 1.500.000
Meja kursi, white board, ATK, dll Rp 5.000.000
Perlengkapan administrasi (komputer + printer, lemari, dll) Rp 5.000.000
Perlengkapan makan dan kebersihan Rp 1.000.000
Total modal awal Rp 32.500.000
Biaya operasional
Gaji pengajar 3 orang Rp 5.000.000
Gaji karyawan 2 orang Rp 1.000.000
Bahan permainan anak dan ATK Rp 1.500.000
Konsultasi rutin dengan pakar pendidikan Rp 750.000
Perawatan alat dan kebersihan Rp 300.000
Listrik dan telepon Rp 500.000
Total per bulan Rp 9.050.000
Total per tahun Rp 108.600.000
Perhitungan laba
Pemasukan per bulan 30 murid x Rp 170.000 x 12 bulan Rp 61.200.000
Uang masuk 30 murid x Rp 3.000.000 Rp 90.000.000
Total pemasukan per tahun Rp 151.200.000
Biaya operasional per tahun Rp (108.600.000)
Laba per tahun Rp 42.600.000

Catatan:

  • Perkiraan BEP 10 bulan
  • Perhitungan di atas belum termasuk biaya mendirikan sekolah paud dan/atau membuka usaha taman kanak-kanak

Kiat dan pemasaran usaha taman kanak-kanak

Cara mendirikan TK Islam terpadu bisa Anda pelajari sambil berjalan. Kali ini kami akan membahas kiat dan pemasaran saat membuka usaha taman kanak-kanak

  1. Berkonsultasilah secara rutin dengan pakar pendidikan agar kualitas pembelajaran tetap terjaga.
  2. Buat brosur dan pamflet dengan khusus. Misal brosur bergambar boneka, berbentuk buah-buahan, dll. Pasang iklan di media cetak, radio atau internet, terutama menjelang tahun ajaran baru.
  3. Untuk menunjukkan bahwa Taman Kanak-Kanak milik Anda memang beda, informasikan perkembangan jenis-jenis kecerdasan tiap siswa secara rutin pada orang tua murid. Misal tiap pertengahan dan akhir semester. Rekomendasikan hal-hal yang perlu dilakukan orang tua. Misal Nadila menonjol pada spatial intelligence (kecerdasan spasial) namun tak begitu baik pada word intelligence (kecerdasan bahasa), maka rekomendasikan orang tua untuk mengikutkan Nadila dalam ekstrakurikuler melukis. Sedangkan untuk memperbaiki tingkat kecerdasan bahasa, rekomendasikan orang tua untuk melatih Nadila berkomunikasi dengan banyak orang.
  4. Up date informasi terbaru tentang prestasi atau kegiatan-kegiatan taman kanak-kanak dalam website untuk menunjukkan pada publik bahwa Taman Kanan-Kanak yang Anda kelola tetap eksis dan berkualitas

Demikian informasi mengenai membuka usaha taman kanak-kanak, semoga artikel ini berguna untuk Anda. Tolong postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment