Peluang Bisnis

Membuka Bisnis Kursus Memasak Profesional

membuka bisnis kursus memasak profesional

Di postingan ini kami akan bahas tentangĀ membuka bisnis kursus memasak profesional. Jika Anda menguasai berbagai menu masakan, manfaatkan untuk membuka kursus memasak. Ada dua target konsumen yang dapat Anda bidik. Yang pertama, wanita yang hendak berkeluarga namun tidak bisa memasak. Yang kedua, masyarakat yang ingin membuka usaha di bidang kuliner.

membuka bisnis kursus memasak profesional

Membuka Bisnis Kursus Memasak Profesional

Anda yang punya pengalaman membuka usaha di bidang kuliner (masakan) akan memiliki nilai lebih karena selain menguasai teknik memasak, juga menguasai teknik menjual. Kursus memasak biasanya hanya melatih peserta agar pandai memasak. Jika Anda ingin membuka kursus masak yang memiliki keunggulan tersendiri, sebaiknya susunlah kurikulum yang mengajarkan peserta untuk pandai berbisnis kuliner.

Strategi awal bisnis kursus memasak

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memulai membuka bisnis kursus memasak

  1. Siapkan dapur atau tempat yang cukup luas untuk praktek memasak.
  2. Susun kurikulum, agenda kegiatan harian hingga bulanan juga sistem ujian.
  3. Siapkan modul yang terdiri atas kumpulan resep, tips memasak, modal yang harus dikeluarkan juga kiat-kiat berbisnis kuliner.
  4. Siapkan peralatan dan bahan sebaik mungkin sehingga saat praktek memasak, Anda tak mengalami kegagalan baik dalam rasa maupun penampilan masakan.
  5. Sebelum kursus dimulai, mintalah kepada calon peserta untuk mendaftar atau konfirmasi terlebih dahulu agar Anda bisa memperkirakan jumlah calon peserta kursus.
Permodalan bisnis kursus memasak

Berikut beberapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis kursus masak

  1. Selain dapur, perlu Anda siapkan ruangan semacam kelas untuk menjelaskan teori, sharing dengan peserta, diskusi, dll. Ruangan tak harus bagus, yang penting nyaman untuk berkumpul para peserta. Dalam ruangan tersebut, sediakan meja kursi, white board dan alat tulis.
  2. Modul dan kumpulan resep untuk bahan praktek peserta.
  3. Peralatan memasak yang terdiri dua kelompok, yaitu peralatan untuk memasak biasa dan peralatan untuk pembuatan kue-kue.

Analisis usaha berbisnis kursus memasak

Berikut contoh perhitungan balik modalnya ketika membuka bisnis kursus memasak :

Modal awal
a. Meja kursi Rp 1.000.000
b. White board dan alat tulis Rp 300.000
c. Peralatan memasak dan membuat kue Rp 5.000.000
d. Modul Rp 500.000
Total modal awal Rp 6.800.000
Biaya operasional
a. Pembelian bahan praktek Rp 1.500.000
b. Perawatan alat Rp 250.000
c. Administrasi, listrik dan telepon Rp 250.000
Total biaya operasional Rp 2.000.000
Perhitungan laba per bulan
a. 10 peserta x Rp 400.000 per bulan Rp 4.000.000
b. Biaya operasional Rp (2.000.000)
Laba bersih Rp 2.000.000

Perkiraan BEP 4 bulan

Kiat bisnis dan pemasaran bisnis kursus memasak

Berikut beberapa kiat usaha dan pemasaran saat akan membuka bisnis kursus memasak yang bisa dilakukan

  1. Buat brosur dan pamphlet yang berkualitas baik agar memberikan kesan bahwa kursus yang Anda buka bukan kursus yang ecek-ecek.
  2. Pasang iklan di media cetak, radio dan internet. Tonjolkan bahwa selain memasak, Anda akan mengajarkan kiat berbisnis kuliner.
  3. Berikan diskon khusus untuk peserta yang mengajak teman. Makin banyak teman yang diajak, makin banyak diskon. Misal si A mengajak si B dan si C untuk ikut kursus. Tiap 1 orang teman yang bergabung, mendapat diskon 10% sehingga si A mendapat diskon 20% dari biaya kursus.
  4. Jika Anda tak menguasai untuk jenis masakan tertentu, Anda bisa menggandeng partner yang menguasai jenis masakan tersebut hanya pada saat jadwal masakan tersebut dipraktekkan bersama peserta.

Sekian informasi seputarĀ membuka bisnis kursus memasak profesional, kami harap post kali ini membantu Anda. Kami berharap postingan ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment