Pilar Marketing

Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis

Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis

Pembahasan kita sekarang ialah Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis. Saat ini eranya dunia digital. Mulai dari kehidupan pribadi hingga bisnis sudah mulai merambah di dunia digital. Dalam kaitannya dengan bisnis, sudah saatnya Anda memanfaatkan dunia digital ini untuk kegiatan promosi.

Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis

Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis

Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis di antaranya yaitu :

a. E-mail dan milis

E-mail atau surat elektronik juga merupakan media promosi yang cukup murah dan cepat. Bahkan jika Anda punya Milis sekali kirim Anda bisa berpromosi ke banyak orang.

b. Website

Melakukan bisnis di era millennium saat ini sulit berkembang tanpa memanfaatkan fasilitas internet seperti website dan email. Dengan adanya internet biaya-biaya seperti promosi dan komunikasi akan dapat ditekan secara drastis dan efektif. Secara sederhana website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri Anda di internet sebagai media pemasaran online produk dan brand.

Website Anda adalah sebuah tempat di internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya. Kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri Anda, memberi pertanyaan kepada Anda, memberikan Anda masukan. Atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda. Internet laksana sebuah pusat perdagangan terbesar di dunia dan website Anda adalah salah satu toko / kios / kantor di pusat perdagangan tersebut.

Sebuah website memiliki banyak keuntungan bagi berbagai macam golongan pemakai, serta menawarkan berbagai macam manfaat. Sebuah website tidak saja menghemat waktu dan tempat, tapi juga biaya. Bayangkan dana yang dapat Anda hemat untuk biaya desain dan cetak bahan promosi. Website Anda dapat menjangkau seluruh penjuru dunia dan tersedia 24 jam sehari.

Tidak membutuhkan biaya tinggi dan prospek untuk mendapatkan pelanggan semakin besar, karena dengan mudah mereka dapat mengakses dan menyimpan seluruh informasi secara instan mengenai apa yang ditawarkan melalui website Anda. Sebuah website merupakan identitas perusahaan Anda di internet, semacam ‘kartu nama dan brosur elektronik’ interaktif yang dapat dengan mudah di perbaharui isi maupun tampilannya.

c. Jaringan blogger

Selain website dan e-mail, Anda juga bisa mengonlinekan produk Anda melalui blog. Selain menjelaskan berbagai produk Anda dalam artikel blog, jangan lupa untuk menyisipkan link menuju website perusahaan Anda. Saling bertukar link blog akan membuat semua pengunjung jaringan blogger melihat link tersebut. Jika Anda sempat, sering-seringlah berkunjung ke blog orang lain dan mengisi komentar sambil memperkenalkan usaha Anda.

d. Facebook

Situs pertemanan ini kini juga menjadi media pemasaran online yang murah, efektif dan sangat interaktif. Anda bisa mengenalkan facebook perusahaan Anda ke orang tidak terhingga, 24 jam, tanpa harus beranjak dari kantor atau tempat Anda online. Hampir setiap hari pengguna facebook berinteraksi dengan teman-teman mereka di dunia maya. Maka hampir setiap hari pula facebook perusahaan Anda dapat terhubung dengan mereka.

e. Pesan singkat media chat

Media pemasaran online ini berfungsi mengirimkan pesan singkat seperti secara online, ke nama-nama yang ada dalam daftar media chat tersebut. Anda dapat pula mengirimkan pesan singkat mengenai perusahaan atau produk Anda kepada rekan-rekan yang sudah tercantum dalam daftar. Media chat untuk pesan singkat ini antara lain Yahoo Messenger, Windows Messenger, Gtalk, ICQ, dll

6. Telephon dan Pesan singkat melalui Ponsel (SMS)

Hampir semua orang memiliki dan menggunakan phone sebagai alat komunikasi utama. Anda memanfaatkannya untuk memperkenalkan dan menawarkan produk-produk Anda kepada semua nama yang ada pada phonebook. Jika ingin menambah jumlah nama yang akan Anda kirimi pesan, coba amati iklan yang banyak terpampang di media cetak.

Sekilas, keberadaan iklan ini membuat orang merasa risih. Tapi tidak untuk orang yang tahu jurus marketing. Data-data orang atau perusahaan yang memasang iklan di Koran dapat Anda kumpulkan dan pilih mana yang sesuai dengan target pasar Anda. Jika sudah terkumpul, hubungi atau kirim pesan singkat kepada nomor-nomor tersebut untuk Anda prospek.

7. Iklan radio

Karena radio adalah media promosi yang disampaikan melalui suara, maka harus pandai-pandai menyusun kata-kata agar enak didengar dan dipahami. Beberapa radio memberikan kesempatan gratis untuk beriklan, misalnya menjual mobil, motor atau produk-produk lain. Anda juga bisa menggunakan spot iklan dengan tarif yang variatif tergantung masing-masing radio. Pilihlah radio dan acara yang sesuai untuk mempromosikan produk Anda.

Demikian info tentang Media Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment