Pilar Marketing

Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis

Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis

Pembahasan kita sekarang yakni Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis. Banyak cara untuk memasarkan produk dari bisnis kita ke calon pelanggan. Mulai dari door to door hingga melalui iklan. Ada beberapa jenis media promosi yang ada saat ini. Salah satu di antaranya adalah media promosi offline.

Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis

Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis

Berikut ini teknik media pemasaran offline di antaranya yaitu :

a. Kartu nama

Kartu nama selain murah juga efektif untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda. Minimal, dari kartu nama tersebut orang akan tahu siapa Anda dan apa yang Anda hasilkan. Sehingga secara tidak langsung Anda promosikan produk Anda. Dalam kartu nama sebaiknya cantumkan nama usaha, alamat dan no telpon, e-mail juga website.

b. Spanduk atau papan nama

Adanya spanduk atau papan nama yang jelas dan menarik akan membuat orang mengenal usaha Anda. Dan ini salah satu jenis media pemasaran offline yang banyak dilakukan pebisnis.

c. Brosur atau selebaran

Ini adalah media murah meriah dan banyak digunakan. Jika Anda ingin brosur terlihat beda, buatlah desain brosur yang unik sesuai produk yang Anda tawarkan. Misalnya produk untuk balita, Anda bisa mendesain brosur lucu berbentuk tubuh binatang.

d. Poster

Poster adalah media berpromosi yang tidak ada matinya. Apapun bisnisnya, apa pun kegiatannya, poster menjadi media yang selalu jitu. Untuk memaksimalkan efek poster, perhatikan desain dan lokasi pemasangannya. Selain untuk berpromosi, poster juga dapat digunakan sebagai penunjuk arah. Misalnya “Stop, 10 meter lagi Soto Kudus”.

e. Katalog Produk

Jika perusahaan Anda mengeluarkan berbagai macam produk dengan berbagai keunggulan, membuat Katalog produk merupakan cara yang efektif untuk mengenalkan seluruh produk Anda. Yang perlu Anda waspadai adalah ketika ada calon konsumen yang tertarik dengan salah satu produk dalam catalog dan memesannya, Anda harus memberikan barang sesuai dengan katalog. Apalagi untuk produk-produk kerajinan seperti tas, sepatu, aksesoris yang memiliki macam-macam desain dan corak. Sekali saja konsumen mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan yang dia lihat dalam katalog, dia tidak akan pernah mau memesan lagi.

f. Iklan media cetak

Media cetak dapat berupa surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. Untuk beriklan di media cetak yang telah populer atau beroplah tinggi, biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Perhatikan jenis media pemasaran offline yang sesuai khususnya untuk media cetak. Apakah media lokal, nasional, tabloid atau majalah. Perhatikan juga momen-momen tertentu yang dapat Anda manfaatkan untuk beriklan di media cetak. Misalnya Anda memiliki usaha Bimbingan Belajar, Anda dapat beriklan dalam surat kabar yang sedang memuat pengumuman hasil ujian masuk perguruan tinggi.

g. Pameran

Masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari tempat usaha Anda kadang kurang mengenal perusahaan dan produk Anda. Dengan mengikuti pameran, pasar Anda akan lebih luas. Pameran dengan tema-tema tertentu akan menarik berbagai konsumen dari lokasi yang berbeda. Selain memperluas pasar, ajang pameran juga akan mempertemukan kita dengan sesama pengusaha produk sejenis. Ini akan menambah wawasan Anda terhadap keunggulan produk-produk lain di pasaran.

h. Pemberian sampel gratis

Tidak masalah Anda mengeluarkan sedikit modal untuk memberikan sampel produk Anda secara gratis pada calon konsumen. Jika Anda pengusaha kue misalnya, bagikan sampel kue-kue Anda pada calon konsumen agar mereka merasakan kelezatan kue-kue buatan Anda. Sematkan nama produk/perusahaan dan nomor telephon pada sampel tersebut. Jika mereka telah merasakannya, suatu saat jika membutuhkan pasti akan memesan pada Anda.

i. Undian berhadiah

Undian berhadiah sudah terbukti kemanjurannya. Lihatlah iklan di televisi. Betapa banyak produk yang mengadakan undian berhadiah. Calon konsumen tertarik membeli produk karena ada harapan untuk bisa beruntung memenangkan hadiah. Semakin banyak kupon undian mereka kumpulkan, semakin banyak kesempatan untuk memenangkan undian.

Demikian info tentang Media Pemasaran Offline untuk Promosi Bisnis semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment