Beauty

Manfaat Serat Pangan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Serat Pangan

Apakah Anda ingin tetap sehat dan cantik? Bila iya, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi serat pangan. Karena manfaat serat pangan sangat banyak salah satunya menjaga Anda tetap cantik. Oleh karenanya, simak artikel mengenai serat pangan (dietary fiber) ini hingga selesai.

Manfaat Serat Pangan

Manfaat Serat Pangan

Serat pangan (Dietary fiber) ini terdapat pada sayur atau buah­-buahan. Meski kurang masyarakat perhatikan daripada zat gizi pada umumnya, tapi serat pangan punya manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa di antara manfaat serat pangan yang mungkin belum Anda tahu :

1. Mengendalikan Kolesterol

Di mana serat pangan ini punya kemampuan untuk dapat mengendalikan kolesrol. Dalam arti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kolesterol baik itu selanjutnya akan membantu :

  • menghindari plak (gumpalan lemak) pada dinding arteri,
  • menjamin kelancaran aliran darah, serta
  • menurunkan faktor risiko terjadinya suatu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (Cardio Vasculer Diseasse).
2. Baik untuk Kencing Manis (Diabetes)

Serat pangan dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita kencing manis dengan memperlambat penyerapan glukosa dalam usus. Ada catatan yang menyatakan serat pangan ini (dalam bentuk serat larut) bisa juga Anda manfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah.

Serat pangan juga akan membantu proses pencernaan, termasuk dalam pembuangan sisa­-sisa makanan (faeces). Di samping membantu proses pencernaan, serat juga akan mempersingkat masa transit makanan.

Pengertian masa transit makanan adalah waktu yang makanan butuhkan sejak masuk ke dalam mulut hingga keluar melalui lubang anus. Lamanya waktu yang tubuh butuhkan sangat variatif tergantung dari pola konsumsi makanannya.

Semakin lama masa transit makanan maka kemungkinan terkena dampak buruk yang timbul juga semakin parah. Misalnya terkena kanker usus.

Bagi mereka yang mempunyai pola makan rendah serat maka masa transit makanannya bisa mencapai lebih dari 48 jam. Sedangkan bagi para pemakan sayur dan buah­-buahan, dengan ukuran konsumsi seratnya minimal berkisar 100 – 170 gram / hari. Maka masa transit makanannya hanya sekitar 30 jam.

3. Daya Serap Tinggi

Ketika di dalam usus terdapat sayur dan buah-­buahan maka akan membentuk lapisan semacam spon yang dapat menyerap benda cair. Sehingga berbagai cairan di dalam usus terutama yang bersifat racun akan terserap. Untuk selanjutnya tubuh keluarkan bersama­sama faeces ketika BAB.

Daya serap masing­-masing jenis berbeda­-beda. Serat dari jenis biji­-bijian mempunyai daya yang lebih besar dari pada sayur mayur. Sedangkan serat dari jenis sayuran daya absorpsinya bervariasi tergantung jenisnya.

4. Mendukung Bakteri Baik

Serat akan memberikan energi bagi kehidupan bakteri di dalam usus besar dengan jalan fermentasi yang akan menghasilkan asam laktat. Asam ini akan berfungsi untuk mengatasi dampak buruk keberadaan bakteri patogen dan zat racun dalam usus.

Dengan kata lain serat pangan mempunyai kemampuan dalam memelihara pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar. Hal ini terutama diperankan oleh kombinasi serat pangan dari jenis serat larut dan serat tak larut.

5. Hindari Sulit BAB

Suatu saat mungkin kita kesulitan dalam melakukan buang air besar (BAB). Ketika hal itu terjadi jangan Anda paksakan. Karena bisa berakibat buruk jika berlangsung secara terus menerus karena otot akan menderita kelelahan. Yang selanjutnya bisa berlanjut munculnya divertikulosis karena otot akan melemah.

Perlu Anda fahami bahwa hal demikian karena kurangnya serat pangan di dalam usus / lambung. Ketiadaan / minimnya serat itu akan menyebabkan kotoran (faeces) mengeras. Sehingga kita harus berusaha lebih keras dengan kontraksi otot yang kuat (mengejan), untuk mengeluarkan kotoran.

Jalan paling mudah untuk mengatasi masalah di atas adalah mengonsumsi sayur dan buah secepat mungkin dalam jumlah yang memadai, dalam berbagi bentuk. Agar nantinya BAB akan lebih muda maka bisa :

  • Anda makan begitu saja,
  • Anda jadikan / buat jus,
  • Anda masak sesuai selera.

Baca juga : Manfaat Menari untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sekian info berkaitan dengan manfaat serat pangan untuk kecantikan dan kesehatan, kami harap post ini bermanfaat buat Anda. Tolong postingan kecantikan luar dalam ini kalian bagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!