Menikah

Keutamaan Menikah dalam Islam yang Perlu Diketahui

keutamaan menikah dalam islam

Pembahasan kita sekarang ialah keutamaan menikah dalam islam yang perlu diketahui. Ibadah yang paling lama adalah menikah. Dalam ibadah menikah ada beberapa keutamaan yang akan didapat. Tidak hanya di dunia keutamaan ini juga akan membawa kebaikan di akhirat.

keutamaan menikah dalam islam

Keutamaan Menikah dalam Islam

Ada beberapa kemuliaan dan keutamaan menikah antara dua insan, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Pernikahan memberikan rasa tenteram, kasih, dan sayang

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum [30] : 21)

b. Pernikahan memberikan kepastian nasab dan memelihara kelestariannya

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa [4] : 1)

c. Pernikahan memelihara martabat seorang perempuan

“…(Dan dihalalkan mengawini wanita-wanita yang menjaga kehormatan) di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari Kiamat termasuk orang-orang merugi.” (QS. Al-Maidah [5] : 5)

Perempuan yang terikat dalam pernikahan memiliki jaminan hukum yang jelas dan perlindungan sosial yang tegas. Dari sisi sosial, ia akan mendapatkan perlindungan dari masyarakat apabila suaminya bertindak semaunya terhadapnya. Inilah keutamaan menikah bagi wanita.

d. Pernikahan dapat mencegah moral yang tidak baik dalam pergaulan antara perempuan dan laki-laki

“Wahai para pemuda, siapa di antara kalian yang telah memiliki kemampuan (menikah), hendaklah ia menikah karena menikah itu mampu menundukkan pandangan dan menjaga farji. Maka, barang siapa yang belum mampu (menikah) hendaknya ia berpuasa. Hal ini karena puasa itu memberikan kemampuan untuk menahan syahwat.” (HR. Jamaah)

e. Menikah adalah sumber pertolongan dan kasih sayang Allah Swt

Ada tiga golongan yang sudah pasti akan di tolong Allah, yaitu

  1. orang yang menikah dengan maksud untuk menjaga kehormatan diri;
  2. seorang hamba mukatab yang berniat akan menunaikan; dan
  3. seorang yang berperang di jalan Allah.

(HR. Ahmad, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim)

f. Pernikahan menjadikan hubungan laki-laki dan perempuan (suami istri) menjadi sumber ibadah dan pahala

“Sesungguhnya, apabila seorang suami memandang istrinya (dengan kasih dan sayang) dan istrinya juga memandang suaminya (dengan kasih dan sayang), maka Allah akan memandang keduanya dengan pandangan kasih dan sayang. Dan apabila seorang suami merengkuh jemari istrinya dengan mesra maka berguguranlah dosa-dosa dari segala jemari keduanya.” (HR. Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Alkhudzri ra.)

Kemuliaan Menikah dalam Islam lainnya

Keutamaan menikah lainnya yaitu menghadirkan baiti jannati. Inilah yang didambakan oleh semua keluarga muslim. Menjadikan rumah seperti di surga, baiti jannati. Betapa bahagianya anggota keluarga, terutama suami dan istri yang telah merasakan kebahagiaan di rumah laksana di surga. Setiap keluarga memiliki persepsi berbeda tentang makna kebahagiaan.

Ada keluarga yang menilai kebahagiaan itu dari harta benda, prestasi anak-anak, pangkat dan jabatan, dan lain-lain. Namun, kebahagiaan hakiki yang disunnahkan Rasulullah Saw. adalah merebaknya aura Islam dalam setiap napas kehidupan berumah tangga.

Lalu, dari keutamaan menikah bagaimana caranya agar tercipta baiti jannati?

  1. Mengenalkan Allah Swt. kepada seluruh penghuni rumah. Terapkan pendidikan keagamaan dan norma sosial di masyarakat sejak dini.
  2. Menciptakan taman surga di rumah. Hidupkan rumah kita dengan pengajian-pengajian, baik khusus keluarga maupun umum, memakmurkan rumah dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan balaqah (majelis) zikir. Rasulullah bersabda, “Jika kalian melewati Riyadhul Jannah (taman-taman surga) maka bergabunglah! Para sahabat bertanya, ‘Apa itu Riyadhul Jannah?’ Nabi menjawab, ‘Halaqah-halaqah zikir’.” (HR. At-Tirmidzi)
  3. Mengenalkan surga kepada keluarga. Surga merupakan tempat bagi insan yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah. Selalu ingatkan keluarga Ukhti pada keindahan dan kenikmatan surga. Dengan mengingat kehidupan abadi yang kelak bisa didapatkan di surga, ajarkan keluarga Ukhti untuk selalu berlomba-lomba dalam beribadah.

Selain materi tentang keutamaan menikah dalam islam, Anda juga bisa menjadi pebisnis muslimah dengan gabung bersama Program reseller Pijar Rabbani. Program ini bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian info seputar keutamaan menikah dalam islam yang perlu diketahui, kami harap postingan ini mencerahkan kawan-kawan semua. Mohon post ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi :

Leave a Comment