Penyakit Payudara

Kelainan dan Penyakit Payudara Wanita

Kelainan dan Penyakit Payudara Wanita

Sekarang kami akan ulas tentangĀ Kelainan dan Penyakit Payudara Wanita. Penyakit yang ada di dalam payudara bukan cuma tumor atau kanker, melainkan ada banyak lainnya lagi. Umumnya tidak mengenal umur. Ada yang sering pada yang sudah menikah, menyusui, tidak sedikit pada yang masih gadis.

Kelainan dan Penyakit Payudara Wanita

Kelainan dan Penyakit Payudara

Apa sajakah penyakit dan kelainan pada payudara wanita yang umumnya terjadi di masyarakat? Berikut macam macam penyakit pada payudara wanita dan ciri-cirinya :

Pertama: Penyakit payudara bawaan

Sejak lahir ada kelainan dalam bentuk maupun sifat payudara. Misal, payudara empat buah, atau ada tambahan payudara di tempat lain. Anomali begini jarang, dan umumnya tidak berbahaya. Contoh lainnya, ukuran payudara yang tidak sama besar atau penyakit payudara besar sebelah.

Kedua: Peradangan pada payudara

Payudara bisa meradang oleh banyak hal. Mungkin sebab adanya abses atau timbunan nanah di dalam kelenjar susu, atau ada sumbatan saluran air susu. Namun yang paling sering dijumpai adalah infeksi pada kelenjar susu. Infeksi ini menyerang pada ibu yang sedang menyusui (kelainan payudara saat menyusui). Penyakit ini disebut dengan Mastitis.

Ketiga: Tumor jinak payudara

Tumor ini yang paling sering berbentuk kista (seperti balon berisi cairan). Kista sendiri ada beberapa macam. Ada kista dalam kelenjar susu, ada juga dibagian lain. Jika menyeluruh pada payudara, kista bisa besar. Kista pada payudara juga ada yang disebut dengan fibrokista.

Keempat: Kanker Payudara

Yang paling perempuan takuti, yakni kanker payudara atau carcinoma mammae. Kanker ini di Indonesia tergolong kanker nomor dua setelah kanker leher rahim (carcinoma cerivis uteri), yang bersifat ganas. Jika ibu mengidap penyakit pada mamae (kanker payudara), jenis kanker ini bersifat menurun pada anak juga. Sering terjadi pada wanita yang tidak punya anak.

Selain keempat kelainan di atas, mungkin ada jenis penyakit payudara terbaru yang belum teridentifikasi. Oleh karena itu selalu bersikap hati-hati dan waspada.

Solusi Mendeteksi Panyakit Payudara

Pemeriksaan apa yang perlu dilakukan? Setelah dokter memeriksa secara fisik pada payudara, pemeriksaan mammografi merupakan cara rutin untuk mendeteksi adanya sesuatu di payudara. Namun sekarang pemeriksaan ini diragukan oleh karena sering tidak tepat. Jika ukuran tumor masih terlalu kecil, sering tidak terdeteksi. Dan bisa juga positif palsu.

Mestinya bukan tumor, terbaca sebagai tumor. Memeriksa ulang dengan pemeriksaan biopsi merupakan standar emas untuk konfirmasi apa sesungguhnya yang sedang tumbuh dalam payudara.

Demikian informasi seputarĀ Kelainan dan Penyakit Payudara Wanita, semoga postingan kali ini bermanfaat buat teman-teman semua. Tolong postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Comment