Ratu Bisnis

Karakter Alamiah Muslimah yang Mampu Melejitkan Potensi Bisnis

Karakter Alamiah Muslimah

Topik kita kali ini adalah Karakter Alamiah Muslimah yang Mampu Melejitkan Potensi Bisnis. Disadari atau tidak, dalam diri muslimah melekat potensi bisnis yang menakjubkan. Hanya kemauan yang bisa menggerakkan potensi itu.

Karakter Alamiah Muslimah

Karakter Alamiah Muslimah yang Mampu Melejitkan Potensi Bisnis

Berikut beberapa karakter alamiah muslimah dan potensi yang dimilikinya yaitu :

1. Muslimah lebih teliti dalam berbagai hal

Dalam budaya jawa, seorang muslimah sejak kecil dilatih untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan. Menjahit, memasak, membatik, menyulam, adalah contoh pekerjaan rumit yang sering dilakukan oleh para muslimah.

Ibu kita dulu sering mengajak anak perempuannya ke pasar agar teliti dalam memilih barang yang akan dibeli, teliti dalam membandingkan harga, teliti dalam menghitung berapa uang yang harus dibayar dan berapa kembaliannya. Budaya ini secara tidak langsung telah membiasakan para muslimah melakukan berbagai hal dengan teliti.

Di rumah, seorang muslimah lebih teliti dalam meletakkan barang. Alat masak, alat bersih-bersih, baju bersih-baju setengah pakai-baju kotor, Koran lama-koran baru, rekening listrik, rekening telephon, semua diletakkan sesuai sifat dan fungsinya. Benda-benda tersebut sepele namun sering membuat masalah ketika tidak diletakkan dengan benar. Ketelitian muslimah ini adalah karakter yang cocok untuk memanajemen sebuah bisnis.

2. Muslimah mampu mengerjakan beberapa hal sekaligus (multi-tasking)

Meskipun hanya di rumah, tetapi sebenarnya pekerjaan ibu rumah tangga itu amatlah banyak. Apalagi ibu yang anaknya masih kecil-kecil. Mulai dari bersih-bersih, nyuci, nyetrika, masak, nyuapin anak, hingga menjadi guru saat anak mengerjakan PR.

Pada pagi hari adalah saat di mana seorang ibu harus mengerjakan berbagai hal dalam waktu yang singkat. Apalagi jika ibu pun harus bekerja di kantor. Keadaan ini membentuk karakter seorang muslimah yang mampu melakukan berbagai hal dalam waktu yang hampir bersamaan. Sebuah karakter yang sesuai untuk kebutuhan bisnis.

Alangkah mudah bagi seorang muslimah untuk menyiapkan pesanan susu kedelai untuk acara senam pagi, menyiapkan pesanan roti untuk arisan nanti sore dan pesanan nasi uduk untuk  pengajian nanti malam. Bisnis apa pun menuntut seseorang untuk bergerak cepat dan tepat.  Dan muslimah, pasti bisa memenuhi tuntutan itu.

3. Muslimah lebih luwes dalam berkomunikasi

Ibu rumah tangga memiliki komunitas yang seringkali lebih luas dari suaminya yang hanya di kantor dari pagi hingga sore. Pagi hari mengantar anak sekolah, bertemu dengan sesama ibu yang mengantar anaknya sekolah. Begitu juga saat menjemput di siang hari. Minggu pagi refreshing bersama komunitas senam pagi. Minggu sore, berkumpul dengan komunitas arisan. Malam jum’at bertemu dengan komunitas pengajian di masjid. Banyak komunitas yang menjadi ajang sosialisasi muslimah.

Ini tidak lepas dari karakter alamiah muslimah yang lebih luwes dalam berkomunikasi. Mereka mudah sekali mengungkapkan perasaan-perasaan, menceritakan hal-hal yang baru saja dialami atau hal apa pun kepada teman satu komunitas. Bahkan untuk tetangga yang punya hajat, seringkali si bapak lebih mempercayakan kepada ibu untuk memberikan ucapan dan menyerahkan amplop sumbangan. Berbekal karakter tersebut, perempuan lebih mampu berkomunikasi dengan calon pembeli agar berminat untuk membeli.

4. Muslimah memiliki kecenderungan mengelola uang dengan baik

Salah satu keunggulan karakter alamiah muslimah adalah memiliki kecenderungan mengelola uang dengan baik dan tidak korupsi. Sudah terbukti bahwa hampir semua perusahaan menempatkan perempuan untuk urusan administrasi dan keuangan.

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan mencatat dari 46 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diketahui, sekitar 60 persen pengelolanya adalah kaum perempuan (muslimah). Dengan jumlah yang cukup banyak itu, peran muslimah pengusaha menjadi cukup besar bagi ketahanan ekonomi, karena mampu menciptakan lapangan kerja, menyediakan barang dan jasa dengan harga murah serta mengatasi masalah kemiskinan.

Dalam menjalankan usahanya, muslimah pengusaha mengelola usahanya dengan hati-hati sehingga berpotensi untuk menjadi lebih besar dalam disiplin pengembalian kredit. Bahkan tingkat pengembalian kredit dari usaha muslimah hampir mencapai 100 persen. Oleh karena itu, muslimah merupakan potensi dan aset dalam pembangunan bangsa.

Karakter alamiah muslimah lain selain yang telah disebutkan di atas yaitu :

  1. Muslimah lebih efisien dalam mengkoordinasi setiap orang
  2. Muslimah cenderung berbisnis dengan hati
  3. Muslimah mampu menyeimbangkan antara informasi dengan intuisi
  4. Dibalik kesabarannya, muslimah memiliki keberanian mengambil resiko

Demikian info tentang Karakter Alamiah Muslimah yang Mampu Melejitkan Potensi Bisnis semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment