Muslimah Career

Jenis Pekerjaan Perempuan dari Zaman ke Zaman

Jenis Pekerjaan Perempuan dari Zaman ke Zaman

Topik kita sekarang adalah Jenis Pekerjaan Perempuan dari Zaman ke Zaman. Berdasarkan perkembangan zaman saat ini, semua hal telah berpacu dengan globalisasi segala bidang dan kecepatan pertumbuhan penduduk dunia yang begitu pesat. Ada beberapa kelompok yang dapat dibahas mengenai perempuan dan hubungannya dengan pekerjaan.

Jenis Pekerjaan Perempuan dari Zaman ke Zaman

Hubungan Pekerjaan Perempuan

Berikut hubungan antara pekerjaan dan perempuan yaitu :

1. Perempuan dan Beban Hidup

Para perempuan yang digandengkan dengan beban hidup adalah mereka yang diharuskan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya sendiri. Kompetisi hidup dan tekanan ekonomi global dewasa ini membuat mereka harus bekerja di segala bidang. Berbagai jenis pekerjaan perempuan ini yang bisa dilakukan seperti pembantu rumah tangga, pedagang, buruh, pendidik, penulis, dan sebagainya. Terlepas dari latar belakang perempuan tersebut yang terpenting adalah bahwa mereka bekerja karena mereka membutuhkan pekerjaan sebagai pemenuhan kebutuhan pokok hidup mereka sendiri.

2. Perempuan dan Aktualisasi Diri

Pada tipe ini, perempuan memiliki pengetahuan, pendidikan, dan pengalaman memadai. Kebutuhan mereka untuk aktualisasi diri sejalan dengan kebutuhan tenaga kerja di bidangnya yang membutuhkan orang-orang yang profesional dan berkompeten. Dalam hal ini, perempuan bersaing dengan laki-laki dalam mendapatkan pekerjaan yang dicarinya.

Para perempuan ini dapat memilih untuk bekerja atau tidak. Mereka sudah terpenuhi kebutuhan pokoknya oleh penanggung jawab keluarga, tapi mereka bisa bekerja karena memiliki keahlian dan bisa bersaing dengan orang lain untuk meraihnya.

3. Perempuan dan Kebutuhan Masyarakat

Pada tipe ketiga ini, perempuan bekerja karena tuntutan masyarakat. Sulit bagi perempuan untuk menghindari jenis-jenis pekerjaan ini karena lebih maslahat dikerjakan oleh perempuan. Masyarakat sendiri memerlukan pekerjaan perempuan, seperti mengobati dan merawat pasien, dokter kandungan, mengajar, dan kegiatan lain yang memerlukan tenaga khusus perempuan. Maka, yang utama adalah perempuan bermuamalah dengan sesama perempuan, bukan dengan laki-laki.

Jenis Pekerjaan Perempuan

Berikut jenis pekerjaan perempuan yang banyak dilakukan dari zaman Rasulullah sampai zaman sekarang

a. Pekerjaan Perempuan Zaman Rasulullah

Sejarah Islam mencatat banyak figur perempuan sahabat Nabi Saw. yang terjun dalam berbagai bidang. Berikut adalah contoh-contoh bidang jenis pekerjaan perempuan.

  1. Khadijah istri Nabi, dikenal sebagai komisaris perusahaan.
  2. Ummu Salim binti Milhan, menekuni bidang tata rias pengantin.
  3. Zainab binti Jahsy, berprofesi sebagai penyamak kulit binatang.
  4. Al-Syifa’, seorang perempuan yang pandai menulis, sebagai sekretaris, dan pernah diangkat Khalifah Umar bin Khaththab sebagai kepala pasar Kota Madinah,
  5. Raithah, istri Abdullah ibn Mas’ud, dikenal sebagai pengusaha wiraswasta.
  6. Nama-nama seperti Ummu Salamah, Shafiyah, Laila Al-Ghaffariyah, Ummu Sinam Al-Aslamiyah, dan lain-lain, tercatat sebagai tokoh-tokoh yang terlibat dalam peperangan.
  7. Shafiyah bin Huyay, istri Nabi Muhammad Saw., pernah menjadi perawat atau bidan.
  8. Qilat Ummi Bani Anmar. Beliau tercatat sebagai seorang perempuan yang pernah mendatangi Nabi untuk meminta petunjuk-petunjuk dalam bidang jual-beli.

Satu hal yang perlu diingatkan adalah bahwa Nabi menganjurkan kepada muslimah untuk memanfaatkan waktunya dengan seoptimal mungkin.

“Sebaik-baik ‘permainan’ seorang perempuan Muslimah di dalam rumahnya adalah memintal / menenun”. (HR. Abu Nu’aim dari Abdullah bin Rabi’ Al-Anshari)

Aisyah ra. diriwayatkan pernah berkata, “Alat pemintal di tangan perempuan lebih baik daripada tombak di tangan laki-laki”.

b. Pekerjaan Perempuan Zaman Sekarang

Jenis pekerjaan perempuan pada zaman sekarang tentu saja sudah sangat variatif jika dibandingkan dengan jenis pekerjaan pada masa Rasulullah Saw. Namun, ada beberapa hal yang bisa ditarik sebagai kesamaan.

  1. Dibutuhkan skill khusus dari perempuan. Contoh: bidan, dokter, guru.
  2. Jenis pekerjaan umum yang memang mampu dikerjakan oleh individu perempuan tersebut karena dia berkompeten. Contoh: berwiraswasta, menulis, dan lain-lain.
  3. Jenis pekerjaan yang harus ada sebagai solusi bagi masyarakat untuk menghalau industri yang bisa menyesatkan. Contoh dalam hal ini adalah segala bidang usaha yang ada yang memungkinkan bercampur baurnya laki-laki dan perempuan diminimalkan dengan hadirnya para pengusaha yang meminimalkan kondisi tersebut. Seperti salon khusus muslimah, gedung olahraga khusus muslimah, dan sejenisnya.

Demikian informasi berkaitan dengan Jenis Pekerjaan Perempuan dari Zaman ke Zaman, semoga post kali ini membantu sahabat semua. Kami berharap post ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment