Beauty

Cara Cantik dengan Olahraga Bersepeda

Cantik dengan Olahraga Bersepeda

Apakah Anda mau cantik baik luar (outer) ataupun dalam (inner)? Salah satu cara agar kecantikan tetap terjaga yaitu dengan bersepeda. Untuk selengkapnya simak artikel cara cantik dengan olahraga bersepeda dan kiatnya.

Cantik dengan Olahraga Bersepeda

Bersepeda ke Kantor atau ke Sekolah

Kini telah tumbuh sebuah trend menarik yaitu bersepeda ke kantor atau ke sekolah. Di sela-sela kepadatan lalu-lintas yang sering bikin kemacetan, kini mulai terlihat pemandangan orang-orang yang bersepeda untuk berbagai keperluan, semisal ke tempat kerja atau ke sekolah.

Kegiatan seperti ini di Kota Gudeg disebut dengan slogan Sego Segawe. Sego Segawe adalah kepanjangan dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe. Yang artinya Sepeda untuk Bersekolah dan Bekerja. Sebuah etos masyarakat untuk mengembalikan kejayaan kota sepeda.

Jogja lama memang sering disebut “Kata Sepeda” karena banyaknya lalu-lalang sepeda kala itu. Kemana kita melihat di sana bisa dipastikan ada aktivitas orang naik sepeda. Kita coba ulang kejayaan “Kata Sepeda” itu, mungkinkah?

Persoalannya bukan hanya sekedar menuruti rasa romantisme-nostalgik semata. Namun juga untuk meningkatkan status kesehatan dan kecantikan masyarakat dengan bersepeda.

Cantik dengan Olahraga Bersepeda

Kita bisa menjaga kecantikan diri dengan berolahraga sepeda. Karena manfaat dari olahraga selain sehat juga bisa membuat kecantikan diri tetap terjaga.

Manfaat Bersepeda

Adapun manfaat bersepeda adalah sebagai berikut :

a. Membuat Badan Sehat dan Lebih Cantik

Dengan bersepeda maka semua organ tubuh, dari kaki, tangan, pinggul, bahu, dada dan lain-lain akan bergerak semua. Dan untuk bergerak dalam aktivitas bersepeda itu membutuhkan energi yang besar, yang didapat dari membakar lemak di bawah kulit.

Dengan sendirinya timbunan / cadangan lemak di badan akan berkurang, Sehingga akan :

  1. terlihat lebih :
  • ramping,
  • singset, dan
  • sexy;
  1. massa otot meningkat.

Dengan kata lain cantik dengan olahraga bersepeda bisa Anda dapatkan. Karena jika Anda melakukan olahraga bersepeda secara benar dan teratur maka akan membentuk tubuh menjadi :

  • langsing,
  • padat,
  • sexy, dan
  • proporsional.

Selain itu tampilan visual kulit yang menutupi seluruh badan, terutama wajah akan terlihat lebih :

  • cantik,
  • bersih,
  • licin, dan
  • segar.
b. Segar Bugar dan Seimbang

Manfaat lain dari olahraga bersepeda jika dilakukan secara teratur dan berkelanjutan adalah menjadikan badan menjadi segar-bugar. Ketika melakukan olahraga bersepeda yang termasuk kategori olahraga aerobic ini, akan melatih endurance.

Dalam arti bisa memacu kinerja sistem respirasai dan sirkulasi darah. Sehingga masukkan oksigen ke dalam darah akan optimal.

Lebih dari itu, olahraga bersepeda juga dapat melatih keseimbangan. Seperti diketahui bahwa saat bersepeda kita harus dapat mempertahankan posisi tegak sembari meluncur di atas sadel. Hal ini akan melatih badan untuk senantiasa berada pada titik keseimbangan.

c. Meningkatkan Massa Otot

Melakukan olahraga bersepeda secara teratur dan benar akan membentuk tubuh menjadi padat berisi serta berpenampilan cantik. Sebab dengan melakukan olahraga bersepeda secara rutin akan melatih otot-otot badan, baik pada bagian :

  • tangan,
  • lengan,
  • perut,
  • punggung, serta
  • otot kaki, tungkai dan betis.

Dengan demikian bersepeda termasuk dalam kategori olahraga strength yang bisa meningkatkan massa otot.

Kiat Cerdas Bersepeda

Berikut beberapa kiat cerdas bersepeda agar sehat dan cantik :

1. Tahap Persiapan

Perlu diingat bahwa saat melakukan olahraga bersepeda kita akan kehilangan cairan dalam bentuk keluarnya keringat. Untuk itu, agar tidak menderita kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) maka selama bersepeda jangan lupa membawa air minum. Baik air putih biasa (air mineral) atau jenis minuman lain.

Dalam hal busana, sebaiknya kenakan pakaian khusus untuk berolahraga bersepeda yang kira-kira cocok dengan diri Anda baik tentang bahan, ukuran, model. Juga jangan lupa untuk mengenakan topi guna melindungi kepala dari radiasi sinar matahari (jlka bersepeda pada siang hari).

2. Pemanasan

Untuk menghindari cedera karena kram (misalnya) maka sebelum menaiki sadel dan menggenjot pedal lakukan pemanasan dengan gerak badan atau lari-lari kecil. Bisa pula dengan melakukan peregangan agar otot menjadi lentur, sehingga siap untuk melakukan gerakkan yang membutuhkan ketahanan otot.

3. Latihan Olahraga Bersepeda

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal maka jadikan bersepeda menjadi sebuah kegemaran (hobi) sehingga kita dengan senang hati melakukannya. Sebaiknya lakukan olahraga bersepeda dengan frekuensi rata-rata 3 – 4 kali / minggu berdurasi berkisar 20 – 60 menit setiap kali bersepeda.

Ketika mulai mengayuh, awali dengan kecepatan sedang, lalu meningkat-meningkat lebih cepat dan cepat lagi. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, untuk menghindari kram otot atau kepala berkunang-kunang sebagai pertanda sirkulasi darah yang belum bekerja secara optimal.

Ada baiknya untuk berhenti sejenak untuk istirahat ketika Anda merasa capek, jangan memaksakan diri, agar kondisi dan stamina tubuh tetap terjaga. Selain itu kita mendapatkan manfaat berupa badan yang sehat, bugar dan tetap cantik.

4. Pendinginan

Jangan melakukan gerakkan mendadak ketika akan berhenti, namun cobalah dengan gerakkan bertahap dan pelahan. Misalnya dari kecepatan tinggi, sedang, pelahan lalu berhenti. Kemudian lakukan gerakkan sederhana untuk pendinginan seperti senam pernafasan hingga badan terasa normal dan tenang kembali.

Baca juga : Cara Cantik dengan Berenang

Sekian informasi mengenai cara cantik dengan olahraga bersepeda semoga artikel kali ini membantu sahabat semua. Mohon artikel kecantikan luar dalam ini kalian sebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Comment

WeCreativez WhatsApp Support
Admin ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!