Ternak Website
Peluang Bisnis

Buka Les Privat Komputer Anak-Anak

Buka Les Privat Komputer Anak-Anak

Peluang atau prospek bisnis kursus komputer atau buka les privat komputer anak-anak sangat menjanjikan. Hal ini mengingat penggunaan komputer kini mulai dikenalkan sedini mungkin pada anak-anak. Sasaran bisnis ini adalah anak-anak kelas 3 – 6 SD.

Buka Les Privat Komputer Anak-Anak

Buka Les Privat Komputer Anak-Anak

Meskipun di sekolah-sekolah telah ada pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komputer), namun karena keterbatasan waktu, tenaga pengajar dan fasilitas, menyebabkan pelajaran komputer di sekolah sering tak bisa optimal. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan les privat komputer anak atau kursus komputer di rumah.

Materi komputer yang diajarkan untuk standar anak tak perlu rumit-rumit seperti misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel, Paint, Notepad dan Wordpad. Les atau kursus privat ini ditujukan untuk anak yang memiliki computer di rumahnya. Sehingga Anda tinggal datang, instal program yang dibutuhkan, dan les bisa segera dimulai.

Strategi awal les komputer anak-anak

Cara membuka les privat komputer harus didahului dengan perencanaan strategi bisnis. Berikut beberapa strategi awal untuk membuka usaha ini :

  1. Tak perlu tempat khusus untuk usaha ini. Ruang tamu di rumah dapat Anda sulap menjadi kantor untuk administrasi, pendaftaran dan konsultasi.
  2. Tak perlu karyawan khusus untuk administrasi. Anda dapat mengurus administrasi pada pagi atau siang hari ketika tak ada jadwal les.
  3. Waktu luang yang dimiliki anak sekolah biasanya sore, malam dan hari libur. Maka buatlah jadwal les pada jam-jam tersebut.
  4. Susun modul yang menyenangkan untuk dibaca anak-anak. Siapkan materi-materi untuk bahan latihan mengetik, latihan program excel, latihan menggambar di komputer, dll.
  5. Jika Anda sendiri sudah kewalahan melayani semua murid les, rekrutlah pengajar yang selain menguasai materi, juga komunikatif dengan anak-anak.
  6. Buatlah presensi pengajar yang harus ditandatangani oleh murid sebagai bukti pengajar datang tepat waktu.
  7. Milikilah ilmu manajemen les privat agar usaha Anda ini lebih kuat ke depannya.
Permodalan les komputer anak-anak

Bisnis kursus les privat komputer anak memerlukan sedikitnya dua modal yaitu :

  1. Modal utama untuk usaha ini hanyalah kemampuan komputer yang Anda miliki. Untuk menjaring peserta les, Anda tinggal pasang iklan di media cetak, radio atau internet.
  2. Modul dan ATK.

Analisis usaha les komputer anak-anak

Berikut contoh analisa usaha kursus les privat komputer rumahan untuk anak-anak yaitu

Modal awal
Meja kursi kantor Rp 1.000.000
Pembuatan Modul dan ATK Rp 500.000
Total modal awal Rp 1.500.000
Biaya operasional
Iklan Rp 500.000
Promosi ke sekolah-sekolah Rp 300.000
Transport dan telepon Rp 500.000
Total biaya Rp 1.300.000
Perhitungan laba
Biaya kursus komputer 20 siswa x Rp 150.000 per bulan Rp 3.000.000
Biaya operasional Rp (1.300.000)
Laba bersih Rp 1.700.000

Perhitungan proposal buka les privat komputer anak-anak di atas balik modalnya atau BEPnya sekitar 1 bulan

Kiat dan pemasaran usaha les privat komputer anak-anak

Berikut contoh cara promosi buka les privat komputer untuk anak-anak yaitu:

  1. Pasang iklan secara rutin di media cetak, radio atau internet.
  2. Setelah calon siswa mendaftar di kantor Anda, survei alamat rumah calon siswa agar nanti saat mulai les, Anda tak kesulitan mencari alamat.
  3. Buat surat penawaran untuk murid / orang tua murid di sekolah-sekolah.
  4. Buatlah harga les privat komputer khusus untuk privat lebih dari satu siswa per pertemuan. Berikut tabel ilustrasi biaya privat computer anak-anak.
1 anak 2 anak 3 anak
Biaya privat per siswa Rp 25.000 Rp 17.500 Rp 15.000

Sekian informasi tentang buka les privat komputer anak-anak, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap post ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment