Ternak Website
Peluang Bisnis

Bisnis Warung Makan Sederhana yang Sukses

Bisnis Warung Makan

Topik kita sekarang ialah bisnis warung makan sederhana yang sukses. Tidak semua orang memiliki hobi memasak terutama para penghuni kontrakan yang biasanya ingin makan secara praktis dengan pergi ke warung makan. Dewasa ini warung makan sudah merebak di mana-mana, baik di pinggir jalan maupun di perumahan.

Bisnis Warung Makan

Warung Makan

Meskipun ada banyak orang, terutama yang sudah terbiasa menikmati masakan sendiri, kadang merasa bosan dengan masakannya. Untuk itu, warung makan menjadi ‘pelarian’ dalam situasi seperti ini. Peluang usaha warung makan ini bisa Anda ambil.

Persiapan Bisnis Warung Makan

Jika Anda ingin membuka warung makan, ada hal-hal yang harus disiapkan. Berikut beberapa persiapan membuka rumah makan :

  1. Menghitung modal dan biaya pengeluaran secara tepat agar tidak rugi.
  2. Mempunyai minat dan keahlian dalam memasak masakan yang lezat dan bila perlu menciptakan resep masakan yang baru. Hal ini bertujuan untuk menjadi daya tarik pembeli untuk datang di warung makan Anda.
  3. Melakukan survei mengenai menu masakan apa saja yang dibutuhkan dan menu masakan favorit apa saja yang dikonsumsi masyarakat sekitar.
  4. Melakukan survei harga. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui harga pasaran setiap porsi makanan di warung makan. Dengan begitu, Anda dapat memprediksi harga makanan dari setiap porsi yang dihidangkan.
  5. Membuat resep masakan yang akan dihidangkan.
Pelaksanaan Bisnis Warung Makan

Pada umumnya, tidak ada langkah-langkah yang khusus untuk buka usaha warung makan ini. Tapi Anda bisa mengikuti beberapa langkah atau cara bisnis warung makan berikut :

  1. Menyediakan menu dan bahan-bahan makanan untuk dihidangkan.
  2. Meracik bahan-bahan makanan pada malam harinya.
  3. Memasak semua bahan yang telah diracik tersebut ketika subuh atau pagi harinya bergantung waktu Anda membuka warung makan tersebut pukul berapa.
  4. Menyajikan ciri khas unik yang membedakannya dengan rumah makan lainnya, misalnya dengan menaruh akuarium yang diisi berbagai jenis ikan hias atau layanan pemesanan masakan via telepon.

Promosi dan Pemasaran Bisnis Warung Makan

Memasarkan sebuah warung makan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Strategi bisnis warung makan di antaranya berikut ini.

  1. Promosi dari mulut ke mulut. Pemasaran seperti ini dapat dilakukan kepada teman, tetangga-tetangga terdekat, hingga kepada tetangga-tetangga jauh.
  2. Membuat brosur atau pamflet. Pemasaran seperti ini jika warung makan yang Anda dirikan cukup besar.
  3. Makan dengan setengah harga atau harga khusus pada waktu-waktu tertentu.
  4. Pemasaran via internet. Jadi, ketika ada wisatawan ingin berkunjung ke suatu daerah yang sedaerah dengan tempat usaha Anda berada, dia akan menjadikan warung makan Anda sebagai rujukan.
  5. Membagikan masakan yang Anda jual kepada tetangga, kerabat, atau teman sebagai tester agar mereka akan membeli jika ingin memakannya kembali.

Hambatan Bisnis Warung Makan

Dalam membuat rencana bisnis warung makan ini, Anda juga harus memasukan hal-hal yang menjadi penghambatnya. Hambatan-hambatan dalam mendirikan warung makan biasanya berupa faktor-faktor berikut.

  1. Masakan tidak habis. Makanan adalah modal utama dari usaha warung makan sehingga biasanya terdapat beberapa menu makanan yang tidak habis. Tentunya hal tersebut menyebabkan kerugian materi.
  2. Persaingan antarwarung makan. Di daerah yang padat penduduk dan daerah perkantoran mungkin saja terdapat warung makan yang bersebelahan. Hal tersebut tentunya menimbulkan persaingan. Oleh karena itu, warung makan Anda harus memiliki ciri khas dan kalau bisa, ciptakan menu-menu baru yang unik dan menarik namun rasanya tetap enak.
  3. Makanan yang tidak sesuai dengan harapan, misalnya gosong, kurang lezat, kurang asin, dan sebagainya.

Analisa Bisnis Warung Makan

Berikut contoh proposal analisa usaha rumah atau warung makan sederhana. Angka yang digunakan untuk menghitung modal usaha rumah makan di bawah hanya estimasi saja :

Modal usaha warung makan
Peralatan
Meja + kursi plastik Rp 1.500.000
Peralatan masak + makan Rp 2.000.000
Jumlah Rp 3.500.000
Perlengkapan
Kantong plastik Rp 50.000
Plastik Rp 50.000
Kertas nasi Rp 25.000
Bahan bakar gas Rp 75.000
Jumlah Rp 200.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Omset x 30 hari x Rp 300.000) Rp 9.000.000
Biaya-biaya
Bahan baku makanan Rp 3.000.000
Biaya perlengkapan Rp 200.000
Biaya gaji karyawan Rp 500.000
Transportasi Rp 300.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 72.896
Biaya lain-lain Rp 100.000
Jumlah biaya Rp 4.172.896
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 9.000.000 – Rp 4.172.896 Rp 4.827.104

Catatan:

  • *Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.000.000 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 847.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 72.896 per bulan.
  • Analisis proposal usaha atau bisnis warung makan di atas juga bisa digunakan untuk usaha warung makan kecil, usaha warung makan lalapan, usaha warung makan prasmanan, usaha warung makan sederhana, usaha warung makan sunda, bisnis rumah makan lesehan, bisnis warung makan prasmanan atau sederhana dll.
  • Studi kelayakan bisnis warung makan di atas akan lebih akurat dengan memasukan analisis SWOT-nya

Selain bisnis warung makan sederhana, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis kami ini. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian informasi tentang bisnis warung makan sederhana yang sukses, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Tolong postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment