Peluang Bisnis

Bisnis Voucher Pulsa Rumahan yang Menguntungkan

Bisnis Voucher Pulsa

Pembahasan kita sekarang yakni bisnis voucher pulsa rumahan yang menguntungkan. Merebaknya telepon genggam sebagai salah satu alat komunikasi yang menarik perhatian berbagai kalangan masyarakat dewasa ini menimbulkan kebutuhan baru, yaitu voucher pulsa.

Voucher Pulsa

Saat ini isi ulang (voucher) pulsa dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Dengan semakin menjamurnya handphone (telepon genggam), usaha ini dapat dijadikan peluang usaha voucher pulsa yang ‘sangat menjanjikan’ karena telepon genggam bukan lagi sebagai barang ‘eksklusif’, bahkan anak kecil sudah banyak yang menggunakan telepon genggam.

Anda yang ingin usaha jual voucher fisik all operator dan juga pulsa elektrik ‘kecil-kecilan’ dan tidak memerlukan banyak tenaga, usaha ini dapat menjadi pilihan Anda. Hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang Rp 100.000 pun sebenarnya Anda sudah dapat menjalankan usaha ini. Namun segmentasi pasarnya mungkin masih terbatas pada orang-orang terdekat saja.

Jika Anda ingin membuat usaha atau bisnis jual voucher pulsa yang lebih besar, langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan.

Persiapan Bisnis Voucher Pulsa Murah

Cara bisnis pulsa dan kuota internet perlu persiapan. Dan persiapan yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga sebenarnya cukup sederhana. Meliputi beberapa hal berikut:

  • Modal yang diperlukan untuk membeli voucher pulsa.
  • Mencari pusat pembelian isi ulang pulsa dan distributor voucher pulsa fisik serta agen voucher kuota internet dengan harga yang murah.
Pelaksanaan Bisnis Voucher Pulsa

Cara bisnis atau usaha voucher pulsa sebenarnya relatif mudah. Untuk membuka usaha voucher pulsa yang sederhana, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Membeli pulsa untuk isi ulang tersebut ke pusat penjualan pulsa.
  2. Mempunyai isi ulang pulsa untuk persediaan beberapa hari.
  3. Mengoperasikan penjualan pulsa tersebut dari handphone Anda sehingga tidak perlu membuka counter handphone.
  4. Menaksir jumlah pulsa yang cukup untuk selang waktu beberapa hari.
  5. Akan lebih efektif dan efisien bila dibarengi dengan bisnis voucher pulsa fisik dan listrik serta bisnis voucher internet.

Promosi dan Pemasaran Bisnis Voucher Pulsa

Semakin banyak media yang dipergunakan untuk pemasaran, semakin besar peluang untuk menjadikan usaha jualan voucher kuota internet dan pulsa Anda semakin dikenal banyak orang.

  • Pemasaran dari mulut ke mulut melalui orang-orang terdekat. Cara pemasaran ini cukup efektif.
  • Pemasaran melalui SMS, Anda dapat mencantumkan harga voucher pulsa yang Anda jual.
  • Pemasaran melalui brosur lalu disebarkan ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh orang, misalnya sekolah atau pusat-pusat perbelanjaan. Lengkapi juga brosur tersebut dengan daftar harga pulsa yang Anda jual.

Hambatan Bisnis Voucher Pulsa

Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam bisnis jualan pulsa ini berkisar pada dua hal berikut.

  1. Tidak terjualnya pulsa pada akhir masa berlaku.
  2. Tingginya persaingan. Sekarang ini, semakin banyak counter handphone yang menjual voucher pulsa semakin menambah persaingan.

Analisis Bisnis Voucher Pulsa

Berikut contoh estimasi modal usaha jual kartu paket internet dan voucehr pulsa (angka di bawah hanya estimasi saja) :

Modal usaha voucher pulsa
Peralatan
Telepon seluler dalam kondisi baik Rp 750.000
Meja etalase Rp 1.000.000
Rak untuk aksesoris Rp 150.000
Kursi plastik Rp 100.000
Spanduk / papan promosi Rp 200.000
Jumlah Rp 2.200.000
Perlengkapan
Deposit pulsa (elektronik dan fisik) Rp 3.000.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Pendapatan (30 hari x Rp 2.000.000) Rp 6.000.000
Biaya-biaya
Persediaan deposit pulsa Rp 3.000.000
Sewa tempat Rp 500.000
Stok barang (kartu perdana + aksesoris) Rp 300.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 45.813
Transportasi Rp 50.000
Jumlah biaya Rp 3.895.813
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 6.000.000 – Rp 3.895.813 Rp 2.104.187

Catatan:

*Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan  metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 2.200.000 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 549.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 45.813 per bulan.

Selain bisnis voucher pulsa rumahan, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis kami ini. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian informasi seputar bisnis voucher pulsa rumahan yang menguntungkan, kami harap artikel ini bermanfaat buat kalian. Tolong postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi :

Leave a Comment