Peluang Bisnis

Bisnis Toko Kelontong bagi Mompreneur

Bisnis Toko Kelontong

Pembahasan kita kali ini ialah bisnis toko kelontong bagi mompreneur. Walaupun saat ini tidak sedikit minimarket bertebaran di pinggir jalan kecil ataupun di pinggir jalan besar, tidak mempengaruhi pertumbuhan toko kelontong. Hal ini disebabkan toko kelontong dapat merebak hingga ke perkampungan atau gang kecil yang tidak terjangkau minimarket. Dengan alasan itulah, usaha toko kelontongan ini sesuai untuk para mompreneur atau muslimahpreneur.

Bisnis Toko Kelontong

Persiapan Usaha Toko Kelontong

Cara memulai bisnis atau usaha toko online perlu beberapa persiapan. Jika Anda ingin berbisnis toko kelontong, berikut beberapa hal yang harus disiapkan.

  1. Modal finansial harus disiapkan untuk membeli barang-barang keperluan toko kelontong.
  2. Menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.
  3. Menyiapkan ruangan khusus di teras rumah Anda untuk menaruh barang-barang yang didagangkan. Selain itu, mencari toko grosir untuk menyuplai barang yang didagangkan di toko kelontong Anda.
Pelaksanaan Usaha Toko Kelontong

Pada dasarnya, pelaksanaan usaha ini cukup sederhana. Strategi bisnis toko kelontong juga mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut.

  1. Menjual produk eceran ke masyarakat. Pada umumnya, barang yang dijual adalah barang sehari-hari.
  2. Membeli barang yang didagangkan. Anda pun dapat melakukan pembelian barang dagangan via telepon sehingga Anda dapat tetap menunggui toko.
  3. Mengadakan ciri khas warung Anda sendiri, misalnya memvariasikan barang dagangan atau dengan menjaga kebersihan dan kerapian warung juga merupakan faktor daya tarik bagi pembeli.
  4. Memperkuat kesabaran dalam menunggu pembeli.
  5. Mengira-ngira persedian barang dagangan yang akan habis dalam sehari atau beberapa hari.
  6. Menggunakan uang keuntungan atau modal secara hati-hati.

Promosi dan Pemasaran Usaha Toko Kelontong

Cara mengembangkan usaha toko kelontong bermula dari aktivitas promosi dan pemasarannya. Pemasaran usaha toko kelontong yang sifatnya masih tradisional, dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Pemasaran dari mulut ke mulut, apalagi untuk usaha yang sifatnya tradisional, seperti toko kelontong ini, terbukti sangat efektif.

Hambatan Usaha Toko Kelontong

Walaupun cukup mudah untuk dilakukan, bisnis ini juga tidak luput dari berbagai hambatan sebagai berikut.

  • Menghadapi timbulnya persaingan dagang.
  • Menimbulkan kebosanan dalam menjalani bisnis ini seringkali hadir karena sifatnya yang monoton atau tetap, yaitu hanya melayani pembeli di rumah.
  • Memberikan keuntungannya yang tidak tentu, kadang besar, kadang kecil karena banyaknya pembeli tidak tentu setiap harinya.
  • Melihat letak rumah yang kurang strategis dan terpencil dari rumah-rumah penduduk sehingga pembeli enggan untuk datang.

Analisa Bisnis Toko Kelontong

Analisa usaha toko kelontong sulit untuk diperkirakan. Hal ini disebabkan pengeluaran dan pemasukan yang tidak teratur setiap harinya. Berikut contoh proposal usaha toko kelontong :

Modal awal bisnis atau usaha toko kelontong
Peralatan
Persediaan barang dagangan Rp 2.000.000
Lemari kaca atau rak barang Rp 1.000.000
Jumlah Rp 3.000.000
Perlengkapan
Kantong plastik Rp 40.000
Kalkulator Rp 10.000
Jumlah Rp 100.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Pendapatan Rp 100.000 x 30 hari Rp 3.000.000
Biaya-biaya
Barang dagangan Rp 500.000
Biaya perlengkapan Rp 100.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 62.480
Biaya lain-lain Rp 50.000
Jumlah biaya Rp 712.480
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 3.000.000 – Rp 712.480 Rp 2.287.520

Catatan:

  • *Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.000.000 – Rp 1.000.000) / 4 = Rp 749.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 62.480 per bulan
  • Studi kelayakan bisnis toko di atas menggunakan data lama

Selain bisnis toko kelontong, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis kami ini. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian info terkait dengan bisnis toko kelontong bagi mompreneur, kami harap postingan ini membantu Anda. Mohon post ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment