Peluang Bisnis

Bisnis Sanggar Senam Peluang yang Menggiurkan

Bisnis Sanggar Senam

Pada kesempatan ini kami akan ulas perihal bisnis sanggar senam peluang yang menggiurkan. Jika Anda pernah mengikuti latihan senam di suatu sanggar, Anda mungkin terinsipirasi untuk menjadikannya sebagai usaha sampingan yang menggiurkan. Pasalnya, Anda dapat memanfaatkan skill atau kemampuan yang Anda miliki untuk mendapatkan uang. Berikut beberapa tips membuka usaha sanggar senam yang bisa dilakukan.

Bisnis Sanggar Senam

Persiapan Usaha Sanggar Senam

Untuk memulai bisnis sanggar senam, Anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut.

  1. Melakukan latihan terus-menerus untuk membangun dan mempertahankan skill senam Anda. Latihan ini juga ditujukan agar Anda sebagai pelatih senam tidak banyak melakukan kesalahan saat melatih orang lain.
  2. Menyediakan ruangan khusus untuk sanggar senam. Sebagai langkah awal, Anda dapat memanfaatkan ruangan kosong di rumah Anda. Ukuran sanggar senam juga harus Anda sesuaikan dengan jumlah peserta senam.
  3. Memakai baju khusus senam agar Anda terlihat sebagai instruktur senam. Jika tidak, baju kaos pun dapat dijadikan baju senam.
  4. Melengkapi sanggar senam Anda dengan alat-alat senam dan perangkat lainnya jika diperlukan. Dan jangan lupa buat desain interior sanggar senam semenarik mungkin agar peserta merasa betah.
  5. Menyusun jadwal senam. Jangan sampai waktu Anda habis hanya untuk melatih senam saja sedangkan keluarga Anda terabaikan.
Pelaksanaan Usaha Sanggar Senam

Peluang usaha sanggar senam ini walaupun untuk mendirikannya relatif sederhana, tapi harus dipersiapkan dengan seirus. Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Mengembangkan kemampuan Anda dalam mengeksplorasi gerakan-gerakan senam agar orang-orang pun tertarik untuk mendaftar ke sanggar senam Anda.
  2. Menyediakan sarana penunjang seperti ruang senam aerobik, kaca untuk ruang senam, kaset senam, dan juga kostum senam dapat dipakai untuk melengkapi perangkat senam.
  3. Melakukan strategi untuk mempertahankan sanggar senam, misalnya melakukan variasi terhadap gerakan atau musik senam.
  4. Mengajukan izin usaha sanggar senam ke aparat / petugas berwenang.

Promosi dan Pemasaran Usaha Sanggar Senam

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis sanggar senam yang Anda miliki, misalnya sebagai berikut.

  • Cara yang paling murah dan praktis adalah dari mulut ke mulut. Anda dapat melakukan promosi kepada kerabat, tetangga atau teman dekat kalau Anda sekarang memiliki sanggar senam. Dengan cara ini diharapkan akan ada yang mendaftar ke sanggar senam Anda.
  • Cara lainnya yaitu melalui pamflet atau brosur.
  • Cara yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran yaitu menggunakan spanduk di depan sanggar senam Anda sehingga saat orang-orang melewati rumah Anda, mereka akan tahu kalau di situ ada sanggar senam.
  • Menawarkan ke kantor atau ibu-ibu di perumahan dan Anda juga bersedia apabila diundang untuk menjadi instruktur senam.
  • Memilih nama sanggar senam yang bagus. Karena nama ini akan jadi brand bisnis Anda.

Hambatan Usaha Sanggar Senam

Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam bisnis sanggar senam ini, berkisar pada beberapa hal berikut.

  • Adanya sanggar senam saingan.
  • Adanya perbedaan kemampuan antara satu peserta dengan peserta yang lain sehingga Anda akan menemui kesulitan dalam melatihnya.
  • Tidak adanya siswa yang mendaftar.

Analisis Bisnis Sanggar Senam

Berikut contoh proposal usaha sanggar senam yang bisa Anda lakukan (angka di bawah hanya estimasi saja)

Modal Awal
Peralatan
Radio tape / CD Player + kaset/CD Rp 1.000.000
Kaca Besar Rp 1.000.000
Matras 20 orang Rp 1.000.000
Baju senam (3 stel) Rp 600.000
Sepatu senam Rp 200.000
Jumlah Rp 3.800.000
Perlengkapan
Brosur 75.000
Jumlah 75.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Pendapatan (20 peserta sanggar @ Rp 100.000 / bulan) Rp 2.000.000
Biaya-biaya
Biaya listrik dan air Rp 200.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 79.145
Biaya perlengkapan Rp 75.000
Biaya lain-lain Rp 200.000
Jumlah biaya Rp 554.145
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 2.000.000 – Rp 554.145 Rp 1.445.855

Catatan:

  • *Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan  metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.800.000 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 949.750 per tahun atau sama dengan Rp 79.145 per bulan
  • Setiap peserta mendapat 8 kali latihan per bulan

Selain bisnis sanggar senam, Anda juga bisa mengambil peluang bisnis kami ini. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Sekian informasi terkait dengan bisnis sanggar senam peluang yang menggiurkan, kami harap postingan kali ini membantu kalian. Mohon post ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment