Ternak Website
Peluang Bisnis

Bisnis Salon Muslimah jadi Alternatif Usaha

Bisnis Salon Muslimah jadi Alternatif Usaha

Kali ini kami akan jelaskan seputar Bisnis Salon Muslimah jadi Alternatif Usaha. Saat ini makin banyak perempuan mengenakan jilbab untuk menutup auratnya. Meskipun mengenakan jilbab, mereka tetap ingin memiliki rambut yang sehat dan cantik, serta tubuh dan wajah yang berseri.

Bisnis Salon Muslimah jadi Alternatif Usaha

Bisnis Salon Muslimah jadi Alternatif Usaha

Karena itu mereka membutuhkan salon khusus wanita agar ketika merawat rambut, mereka bebas membuka jilbab tanpa terlihat laki-laki yang bukan muhrim. Melihat kebutuhan ini, ide membuka usaha salon muslimah cukup menjanjikan.

Meskipun belum sebanyak salon umum, salon muslimah sudah mulai bermunculan. Jika Anda ingin menjadi salah satu ‘pemain’ bisnis kecantikan salon dan spa muslimah. Buatlah layanan spesial yang menjadi ciri khas salon kecantikan muslimah Anda.

Strategi awal usaha salon muslimah

Cara memulai usaha atau bisnis salon muslimah harus didahului dengan riset terlebih dahulu. Hal ini untuk menentukan strategi apa agar bisnis ini maju. Berikut beberapa strategi awal yang bisa Anda lakukan :

  1. Pengetahuan syariah Islam, terutama tentang wanita, akan membuat Anda lebih yakin dalam membuat konsep salon muslimah.
  2. Jika Anda adalah perempuan berjilbab, maka ini akan menjadi sebuah nilai plus karena konsumen akan lebih yakin bahwa Anda sebagai owner telah memahami dan melaksanakan cara berpakaian yang Islami.
  3. Pilihlah jenis-jenis kosmetik dan perawatan yang sesuai kaidah Islam, seperti non alcohol dan tak ada unsur hewani yang diharamkan.
  4. Untuk menghadiri acara-acara tertentu, kadang seorang muslimah ingin tampil cantik dengan kreasi jilbab yang beda. Ini dapat Anda jadikan peluang bisnis salon muslimah yang memberikan layanan kreasi jilbab plus aksesorinya untuk berbagai acara. Jilbab dapat menggunakan koleksi milik salon (sewa) atau menggunakan koleksi pribadi.
  5. Pilih lokasi yang sesuai, misal di dekat kampus-kampus Islam, dekat masjid raya, dll.
Permodalan Bisnis Salon Kecantikan

Sebelum memulai Anda harus memiliki rencana bisnis salon muslimah terlebih dahulu. Di antaranya mengenai permodalan. Berikut beberapa persiapan membuka salon muslimah yaitu :

  1. Sewa tempat atau ruko. Luas tempat bergantung pada ragam layanan yang Anda tawarkan. Makin banyak layanan, makin luas ruangan yang dibutuhkan.
  2. Interior ruangan yang bertema muslimah. Buatlah rancangan yang memberikan citra muslimah elegan pada salon Anda. Tidak hanya menunjukan sisi muslimahnya saja namun juga power of beauty dari seorang muslimah. Selain dari pemilihan warna cat, wall paper, gordyn, furniture dan sebagainya, citra muslimah elegan dapat dibangun melalui poster-poster foto, gambar dan kata-kata.
  3. Perlengkapan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk salon. Perlengkapan yang dibutuhkan pada umumnya sama dengan jenis-jenis salon lain. Yang sedikit membedakan adalah pada pemilihan jenis produk perawatan dan kosmetik. Pilihlah produk-produk perawatan dan kosmetik yang identik dengan citra muslimah.
  4. Sofa tunggu, pendingin ruangan dan perlengkapan administrasi.

Analisa usaha salon muslimah

Berikut contoh proposal usaha atau bisnis salon muslimah yang di dalamnya ada data analisa usaha salon muslimah. Analisis dan rincian modal usaha salon ini bisa dijadikan salah satu pedoman ketika Anda ingin memulai bisnis ini :

Modal awal usaha salon dan spa
Sewa tempat Rp 5.000.000
Renovasi dan dekorasi Rp 1.500.000
Tempat cuci rambut Rp 750.000
Steamer rambut (untuk creambath) Rp 750.000
Tempat tidur untuk facial Rp 750.00
Peralatan salon lain (set manicure-pedicure, handuk, dll) Rp 2.000.000
Meja rias + kursi 4 set Rp 2.000.000
Etalase produk perawatan Rp 1.000.000
Sofa tunggu Rp 750.000
Koleksi jilbab dan aksesoris Rp 1.000.000
Lemari untuk memajang aneka jilbab dan manekin Rp 1.000.000
Peralatan administrasi Rp 500.000
Total modal usaha salon muslimah Rp 17.000.000
Biaya operasional
Produk perawatan Rp 3.000.000
Listrik dan air Rp 500.000
Telepon dan transport Rp 300.000
Maintenance Rp 200.000
Gaji beautician 3 orang Rp 3.000.000
Rp 7.000.000
Perhitungan laba per bulan
Gunting aneka model 10 orang X Rp 15.000 X 30 hari Rp 4.500.000
Perawatan 5 orang X Rp 40.000 X 30 hari Rp 6.000.000
Make up + sewa jilbab 2 orang X Rp 35.000 X 30 hari Rp 2.100.000
Pendapatan total Rp 12.600.000
Biaya operasional Rp (7.000.000)
Laba bersih Rp 5.600.000

Proposal bisnis salon muslimah di atas diperkirakan akan BEP 4 bulan

Kiat pemasaran usaha salon muslimah

Prospek bisnis salon muslimah sangat besar dan juga menjanjikan. Berikut beberapa tips membuka usaha salon muslimah dan juga kiat pemasarannya :

  1. Survey dan pertimbangkan tarif salon sesuai dengan segmen pasar yang akan Anda bidik. Jika pasar yang Anda bidik adalah kalangan ekonomi menengah ke atas, tarif dapat dinaikkan tetapi dengan konsekuensi Anda harus memberikan kualitas layanan terbaik. Jika segmen utama yang Anda bidik adalah kalangan pelajar dan mahasiswi, Anda harus berani bersaing soal harga.
  2. Berikan harga diskon untuk awal buka agar konsumen berminat untuk merasakan pelayanan plus mengetahui bahwa salon muslimah milik Anda memiliki berbagai keunggulan dibanding salon sejenis lainnya.
  3. Lengkapi pelayanan salon Anda dengan paket busana plus make up untuk wisuda, pertunangan, pre wedding dan pernikahan muslim.
  4. Adakan promosi di kampus-kampus terutama menjelang acara wisuda. Promosi dapat menggunakan brosur, poster atau spanduk.
  5. Buat web site salon muslimah Anda. Selain sebagai media berpromosi, web site juga dapat berguna sebagai layanan konsultasi seputar kecantikan yang sesuai dengan syar’i.
  6. Buatlah catalog aneka kreasi jilbab untuk mempercantik penampilan muslimah di berbagai acara. Berikan tarif kreasi jilbab sesuai tingkat kerumitan dan kualitas jilbab yang dipilih. Jika jilbab dan aksesori yang digunakan milik pribadi konsumen, maka hanya dikenakan tarif jasa kreasi sesuai tingkat kerumitan.
  7. Agar konsumen dapat langsung melihat contoh kreasi jilbab salon Anda, pasang beberapa contoh kreasi jilbab pada kepala-kepala manekin, kemudian pajang dalam lemari kaca atau etalase

Demikian info berkaitan dengan bisnis salon muslimah jadi alternatif usaha, kami harap post ini berguna untuk Anda. Kami berharap post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment