Peluang Bisnis

Bisnis Salon Keluarga Masa Kini

Bisnis Salon Keluarga

Di artikel ini kami akan jelaskan terkait dengan bisnis salon keluarga masa kini. Penampilan adalah hal penting bagi sebagian besar orang yang tinggal di perkotaan.  Terutama bagi wanita karier yang harus bertemu dengan banyak orang. Mau tidak mau ia harus menjaga penampilan agar ‘nyaman’ dilihat.

Bisnis Salon Keluarga

Bisnis Salon Keluarga

Ibu rumah tangga yang lebih banyak tinggal di rumah pun banyak yang ingin tampil cantik di depan suami. Oleh karena itu, buka usaha salon memiliki prospek yang cukup bagus. Tidak perlu khawatir dengan banyaknya jenis bisnis ini. Anda harus bisa beda dengan yang lain. Uraian berikut akan memberikan strategi bisnis mudah dan praktis agar salon milik Anda membuat pelanggan menjadi ketagihan.

Biasanya, para ibu lebih suka ke salon sendirian daripada mengajak anaknya yang masih kecil. Bayangkan, betapa repotnya menjaga si kecil yang jalan ke sana kemari sementara si ibu harus duduk manis ketika rambutnya di creambath.

Tentu akan menyenangkan jika ada sebuah usaha salon rumahan ataupun ruko yang menyediakan ruang bermain untuk si kecil, sehingga si kecil dapat dengan aman bermain sementara si ibu menikmati pelayanan salon. Ide bisnis Salon Keluarga adalah solusi untuk mewujudkan kenyamanan si ibu dan si kecil, juga anggota keluarga lain ketika bersalon ria.

Strategi Awal Usaha Salon Keluarga

Sebelum memulai bisnis salon keluarga, Anda harus membuat strategi usahanya. Berikut contoh strategi awal memulai bisnis ini.

  1. Anda perlu mengetahui trend usaha kekinian seperti pelayanan salon terkini. Baik itu tentang model rambut, perawatan rambut, maupun pelayanan ekstra lain seperti spa, massage, sauna, dll. Pengetahuan ini dapat Anda peroleh melalui kursus, seminar, membaca buku atau sumber­sumber lain yang up to date.
  2. Berikan layanan salon selengkap mungkin, berikut contoh ragam pelayanan usaha salon kecantikan dan spa untuk keluarga:
    • gunting rambut aneka model
    • pelurusan dan pengeritingan
    • creambath dengan berbagai pilihan produk
    • hair spa
    • hair mask
    • cat natural
    • facial dengan berbagai pilihan produk
    • totok wajah diakhiri dengan masker
    • ear candling treatment
    • make up
    • manicure and pedicure
    • hand spa and foot spa
    • lulur
    • body massage
    • bekam kesehatan dan bekam kerantikan
    • perawatan pra­nikah
    • perawatan pasca melahirkan, dll.
  3. Rekrutlah kapster yang telah berpengalaman dan supel atau pandai berkomunikasi. Ini penting karena calon konsumen Salon Keluarga berasal dari semua umur. Mulai anak­anak hingga orang tua.
Permodalan Usaha Salon Keluarga

Modal bisnis salon keluarga dan spa di antaranya yaitu :

  1. Jika Anda memiliki ruangan yang luas di bagian depan rumah, maka Anda tak perlu menyewa tempat untuk usaha ini. Apalagi jika rumah Anda di pinggir jalan yang strategis. Anda tinggal menyulap menjadi usaha salon kecantikan salon hair beauty yang nyaman dikunjungi keluarga. Usahakan pula ada tempat parkir yang luas karena pelanggan yang datang bersama keluarga biasanya menggunakan mobil.
  2. Saat ini banyak salon waralaba dari penata­-penata rambut professional. Namun untuk usaha salon waralaba ini, dibutuhkan investasi yang cukup besar, yaitu antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta. Jika Anda ingin memulai bisnis salon dengan modal terbatas, aturlah strategi bisnis semanis mungkin agar salon bisa segera dikenal masyarakat. Jika Anda perempuan berani beda, Anda pasti mampu mewujudkannya. Tapi bila memang ingin membuka salon waralaba, carilah franchise bisnis salon keluarga murah.
  3. Jika Anda sudah memutuskan sebuah ruang atau bangunan mana yang akan Anda gunakan untuk membuka bisnis salon keluarga, disarankan untuk pandai-­pandai melakukan renovasi agar menghasilkan ruangan yang nyaman namun tidak banyak memakan biaya. Jadikan bisnis ini menjadi usaha kreatif rumahan yang bagus.
  4. Di samping pelayanan salon standar, hal penting yang dapat Anda jadikan ciri khas salon rumahan yang bagus milik Anda adalah :
    • Karena segmen pasar Anda adalah keluarga, maka Anda atau kapster Anda harus bisa memberikan pelayanan kepada semua umur. Baik itu menyangkut ragam model rambut, maupun pelayanan lain seperti creambath, facial, manicure, pedicure, make up dan lain­-lain.
    • Sediakan ruangan bermain bagi anak­anak. Selama si mama dimanjakan oleh pelayanan salon, si adek dapat bebas bermain dengan aman di ruang bermain. Ruang bermain sebaiknya dapat dilihat dari ruang utama salon. Sehingga si mama dapat memantau buah hatinya bermain.
    • Selain pelayanan salon konvensional seperti gunting, creambath, facial, dan lain­lain, lengkapi juga dengan pelayanan pijat relaksasi. Biasanya para suami paling males kalau diminta nganter istri ke salon. Di salon keluarga, suami bakalan betah karena selama nunggu istri, ia bisa menikmati pelayanan pijat relaksasi.
    • Jika Anda memiliki ruang yang cukup luas, Anda bisa menambahkan ruang tunggu untuk anggota keluarga yang hanya mengantar. Ruang tunggu pun dapat Anda sulap menjadi ruang promosi. Tentu saja dengan tetap mempertimbangkan aspek kenyamanan.

Analisis Usaha Salon Keluarga

Berikut contoh proposal rincian modal bisnis salon keluarga / rumahan yaitu

Modal awal usaha salon
Sewa tempat Rp 5.000.000
Renovasi dan dekorasi Rp 1.500.000
Tempat cuci rambut Rp 750.000
Steamer rambut (untuk creambath) Rp 750.000
Tempat tidur untuk facial Rp 800.000
Tempat tidur untuk massage Rp 800.000
Peralatan salon lain (set manicure-pedicure, handuk dll) Rp 2.000.000
Meja rias + kursi 4 set Rp 2.000.000
Etalase produk perawatan Rp 1.000.000
Peralatan bermain anak Rp 1.000.000
Sofa tunggu Rp 750.000
Peralatan administrasi Rp 200.000
Total modal usaha salon keluarga Rp 16.550.000
Biaya operasional
Produk perawatan Rp 5.000.000
Listrik dan air Rp 500.000
Telepon dan transport Rp 300.000
Maintenance Rp 200.000
Gaji beautician 3 orang Rp 3.000.000
Total biaya Rp 9.000.000
Perhitungan laba
Gunting aneka model 10 orang x Rp 15.000 x 30 hari Rp 4.500.000
Perawatan 6 orang x Rp 40.000 x 30 hari Rp 7.200.000
Massage 5 orang x Rp 25.000 x 30 hari Rp 3.750.000
Biaya operasional Rp (9.000.000)
Keuntungan usaha salon Rp 6.450.000

Peluang usaha rumahan ini diperkiraan BEP 4 – 5 bulan

Kiat dan Pemasaran Usaha Salon Keluarga

Berikut beberapa kiat dan cara pemasaran bisnis salon keluarga (kecantikan) yang menguntungkan yaitu :

  1. Tawarkan paket-paket khusus untuk keluarga. Misal paket perawatan wajah untuk ibu dan anak gadisnya. Atau diskon khusus gunting rambut aneka model untuk ibu dan ayah. Buatlah paket-paket ini semenarik mungkin untuk memikat keluarga-keluarga yang peduli penampilan. Model paket seperti ini akan membuat konsumen tak ingin datang ke salon sendirian, tapi rame-rame dengan anggota keluarganya. Salon Anda pun akan ramai seketika.
  2. Anda bisa berpromosi dengan sistem kumpul poin untuk ditukar dengan berbagai hadiah. Misal tiap pembayaran layanan bisnis salon keluarga senilai Rp 100.000 akan mendapat 1 poin berlaku kelipatan. Sediakan hadiah-hadiah untuk berbagai jumlah poin. Harga hadiah tentu saja dengan memperhitungkan perkiraan laba yang Anda peroleh, misal 25% dari laba. Meskipun nilai hadiah tersebut sederhana, namun ini dapat menjadi jurus jitu untuk merebut hati konsumen.

Sekian informasi mengenai bisnis salon keluarga masa kini, semoga postingan kali ini bermanfaat buat Anda. Mohon artikel ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment