Peluang Bisnis

Bisnis Kado dan Parcel Aneka Momen

Bisnis Kado dan Parcel Aneka Momen

Pembahasan kita kali ini yakni bisnis kado dan parcel aneka momen. Saling memberi hadiah atau bingkisan merupakan cara ampuh untuk mempererat tali silaturahmi. Namun seringkali kita bingung harus seperti apakah bingkisan yang akan kita berikan agar tampak lebih spesial.

Bisnis Kado dan Parcel Aneka Momen

Bisnis Kado dan Parcel Aneka Momen

Pengemasan bingkisan kado atau parcel hadiah yang keliru justru akan membuat barang yang berharga menjadi tampak tidak berharga. Sebaliknya, barang sederhana akan tampak lebih berharga dan bermakna jika dikemas dengan eksklusif.

Kado biasanya dikemas dalam dalam wadah atau box tertutup untuk memberikan surprise / kejutan. Sedangkan parsel biasanya dikemas dalam wadah yang dapat dilihat dari luar. Keindahan kado terletak pada teknik pengemasan. Sedangkan parsel, selain indah dalam teknik pengemasan, juga harus indah dalam teknik penataan bahan isi.

Parsel seringkali identik dengan hari raya. Padahal, parsel dapat kita gunakan sebagai media ungkapan kebahagiaan pada berbagai momen. Biasanya pembuat parsel hanya produktif pada saat menjelang hari raya. Belum banyak yang memanfaatkan kebutuhan parsel untuk momen-momen lain seperti untuk ulang tahun, tanda terima kasih, kenang-kenangan, ultah perkawinan, hari valentine, wisuda, dll. Karena itu, jangan sia-siakan peluang ini!

Strategi Awal Usaha Kado dan Parcel Aneka Momen

Untuk memulai bisnis kado dan parcel aneka momen, Anda perlu mempertimbangkan hal berikut:

  1. Anda yang tak pernah atau tak tau bagaimana teknik-teknik pengemasan kado/parsel (wrapping/packaging) dapat belajar melalui buku-buku bacaan, pelatihan-pelatihan atau cukup mengamati aneka parsel yang dipajang di toko-toko kemudian mengembangkan kreasi sendiri.
  2. Tidak hanya bahan makanan yang dapat dijadikan isi parsel. Bahan-bahan lain yang tidak kalah cantik untuk isi parsel yaitu:
  • Parsel tanaman hias, bisa digunakan untuk memberi ucapan pada seseorang yang hobi koleksi tanaman hias.
  • Parsel buku, bisa digunakan untuk memberi ucapan pada seseorang yang gemar membaca dan mengoleksi buku, atau pada momen kenaikan kelas.
  • Parsel pakaian / kain, bisa digunakan untuk memberi kejutan pada sang ibu di hari ibu, atau untuk teman kita yang gemar menjahit.
  • Parsel alat tulis dan perlengkapan sekolah, bisa digunakan untuk kejutan si kecil yang jadi juara kelas. Sekedar mendapat nilai A pada sebuah latihan pun, parsel ini akan membuat si kecil termotivasi mempertahankan prestasinya.
  • Parsel set perhiasan, ini cocok sekali untuk momen hari valentine, ulang tahun pernikahan, atau untuk seseorang yang sangat kita sayangi.
  • Parsel perlengkapan bayi, tentu saja ini paling cocok untuk momen kelahiran bayi.
Permodalan Usaha Kado dan Parcel Aneka Momen

Beberapa hal terkait permodalan bisnis kado dan parcel aneka momen dan ditambah kado di antaranya

  1. Sewa tempat
  2. Etalase untuk display
  3. Belanja bahan isi untuk contoh

Analisis Usaha Kado dan Parcel Aneka Momen

Berikut contoh analisa bisnis kado dan parcel yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memulai bisnis ini:

Modal awal
Sewa tempat Rp 4.000.000
Renovasi dan interior Rp 1.500.000
Bahan-bahan display Rp 1.000.000
Etalase Rp 2.000.000
Belanja bahan isi kado dan parsel awal Rp 7.000.000
Belanja bahan pengemas kado dan parsel awal Rp 1.000.000
Peralatan administrasi Rp 250.000
Sofa tunggu Rp 750.000
Total modal awal usaha toko kado dan parcel Rp 17.500.000
Biaya operasional
Belanja bahan isi kado dan parsel bulanan Rp 5.000.000
Belanja bahan pengemas kado dan parsel bulanan Rp 300.000
Listrik, air, telepon Rp 500.000
Gaji pegawai 2 orang Rp 1.500.000
Rp 7.300.000
Perhitungan laba per bulan
Omzet kado dan parsel ‘built in’ Rp 250.000 x 30 hari Rp 7.500.000
Jasa pengemasan kado dan parsel (termasuk bahan pengemas) 15 kemasan x Rp 10.000 x 30 hari Rp 4.500.000
Jumlah penjualan Rp 12.000.000
Biaya operasional Rp (7.300.000)
Laba bersih Rp 4.700.000

Perkiraan BEP 4 bulan

Kiat Pemasaran Usaha Kado dan Parcel Aneka Momen

Berikut beberapa kiat bisnis dan pemasaran bisnis kado dan parcel yaitu :

  1. Beri ketentuan radius/batas wilayah pengiriman kado/parsel sesuai patokan harga yang Anda berikan. Jika melebihi radius, cantumkan juga persentase penambahan biayanya.
  2. Perkirakan waktu pembelian bahan isi parcel. Waspadai kenaikan harga bahan menjelang hari raya. Agar tak mengalami kerugian, Anda mesti bisa memperkirakan lonjakan harga jauh-jauh hari.
  3. Belanja bahan isi sebaiknya di toko grosir atau produsennya langsung agar harganya lebih murah.
  4. Bubuhkan kartu ucapan yang eksklusif, tidak hanya menggunakan sepotong kertas putih. Seringkali nilai ucapan tersebut lebih bermakna dari pada isinya.

Demikian informasi tentang bisnis kado dan parcel aneka momen, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Kami berharap post ini dishare agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment