Peluang Bisnis

Bisnis Butik Muslimah Usaha dengan Prospek Cerah

Bisnis Butik Muslimah

Topik kita sekarang adalah bisnis butik muslimah usaha dengan prospek cerah. Seiring makin membudayanya penggunaan busana muslim di kalangan masyarakat, bisnis baju muslimah syar’i atau membuka butik muslim makin marak digeluti perempuan. Tidak hanya artis, kalangan masyarakat umum pun dapat menjalankan bisnis ini dan sukses.

Bisnis Butik Muslimah

Ide Bisnis Butik Muslimah

Peluang usaha butik muslimah bisa Anda bidik sebagai prospek bisnis. Busana muslim atau muslimah sangat ramai dicari pembeli terutama di bulan puasa atau menjelang lebaran. Model busana muslim dan muslimah kian bervariasi, modis dan nyaman dipakai.

Tidak hanya cocok digunakan untuk pengajian atau acara­acara Islami. Namun baju muslim telah diadaptasikan dalam busana kerja, busana pesta, busana santai dan bahkan pakaian renang pun didesain khusus untuk muslim. Selain baju muslim dan muslimah, Anda pun bisa menjual perlengkapan muslim lain seperti mukena, kerudung atau jilbab, kopiah, sajadah, dll.

Sebelum membahas mengenai cara membuka butik sendiri, sebaiknya Anda harus membuat persiapan terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus dipersiapkan atau rencana usaha butik muslimah di antaranya:

  • Membuat perencanaan bisnis butik muslimah
  • Membuat analisis SWOT usaha butik muslimah
Strategi Awal Bisnis Butik Muslimah

Untuk memulai bisnis butik muslimah, Anda perlu mempertimbangkan hal berikut:

1. Desain sendiri

Jika Anda perempuan yang memiliki kemampuan mendesain baju, Anda bisa terjun langsung sebagai pemilik usaha muslimah (butik muslimah) sekaligus produsen (memproduksi sendiri produk-produk yang akan dijual). Untuk produksi, Anda tak perlu memiliki konveksi sendiri, cukup gunakan system makloon. Dengan system ini, Anda cukup menyediakan desain dan bahan.

Kemampuan mendesain sendiri produk-produk muslim ini akan memperkuat citra butik Anda sebagai butik yang eksklusif. Artinya, produk tersebut hanya bisa didapatkan di butik Anda. Desainlah produk-produk yang elegan namun dengan harga terjangkau. Ini akan menjaring lebih banyak konsumen, tidak hanya kalangan borju.

2. Cermati tren mode

Baik sebagai pemilik butik maupun sebagai produsen, Anda mesti peka dalam mengamati tren. Kalau bisa, justru Andalah yang menjadi trendsetter (pencipta tren). Ini penting agar Anda tak melulu terjebak dalam arus tren pakaian yang amat cepat berubah. Untuk Anda pemula dalam bisnis busana muslim, sebaiknya Anda ikuti dulu desain yang sesuai selera pasar. Ini lebih aman karena barang Anda dijamin laku.

3. Berburu ke sentra busana muslim

Carilah info sebanyak mungkin mengenai sentra­sentra produk busana dan perlengkapan muslim dengan kualitas bagus harga miring. Karena Anda berada pada kelas butik, maka kualitas barang harus Anda utamakan. Jangan kulakan barang dengan kualitas pasaran karena justru akan menjatuhkan citra butik Anda.

Tips memulai bisnis butik muslimah di atas memang sedikit. Namun bila diaplikasikan maka bisnis Anda akan sukses.

Permodalan Bisnis Butik Muslimah

Beberapa hal terkait permodalan usaha butik muslimah di antaranya

  1. Grosir vs eceran. Jika modal Anda besar, Anda bisa membuka butik busana muslim sekaligus sebagai pedagang grosir. Artinya, Anda menjadi orang pertama yang membeli dari produsen dalam jumlah banyak dan menjualnya kembali dalam jumlah banyak juga. Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga sangat murah karena langsung dari tangan pertama. Sebaliknya, jika modal Anda terbatas, Anda dapat memilih menjadi pengecer. Sebagai pengecer baju muslim, Anda bisa mengambil keuntungan 30­100 persen dengan pembelian satu jenis barang paling banyak satu kodi (20 potong).
  2. Jika Anda memutuskan menjadi pedagang grosir, maka Anda harus menyiapkan modal cash cadangan. Biasanya pedagang pengecer membayar menggunakan system cash tempo atau bayar belakang. Agar Anda tetap bisa kulakan, adanya modal cash cadangan menjadi sangat penting.

Analisis Bisnis Butik Muslimah

Berikut contoh rincian modal usaha butik muslimah yang bisa Anda jadikan pedoman :

Modal awal
Sewa tempat minimal 20 m2 Rp 5.000.000
Renovasi + interior Rp 2.500.000
Perlengkapan display koleksi (etalase, gantungan, manekin, dll) Rp 3.000.000
Perlengkapan administrasi (meja, komputer kasir, tinta, dll) Rp 1.500.000
Kulakan busana muslim dan produk perlengkapan (sudah termasuk ongkir) Rp 10.000.000
Total modal usaha butik muslimah Rp 22.000.000
Biaya operasional
Belanja barang bulanan (agar selalu update) Rp 5.000.000
Listrik, telepon, air Rp 750.000
Kartu nama, label butik, kantung belanja Rp 150.000
Gaji karyawan 2 orang Rp 1.500.000
Rp 7.400.000
Perhitungan laba per bulan
Omzet rata-rata Rp 400.000 x 30 hari Rp 12.000.000
Biaya operasional Rp (7.400.000)
Laba bersih Rp 4.600.000

Bisnis plan butik muslimah tersebut diperkirakan BEPnya 5 bulan. Data di atas juga bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan Anda yaitu “buka butik butuh modal berapa?”

Kiat Bisnis dan Pemasaran Butik Muslimah

Berikut beberapa kiat pemasaran usaha / bisnis butik muslimah yaitu :

  1. Anggaran untuk belanja barang dapat disesuaikan dengan kebutuhan butik Anda. Agar Anda dapat menjaring lebih banyak konsumen, selain menyediakan produk bermerk (lux), perbanyaklah produk-produk dengan harga terjangkau namun tetap eksklusif. Sediakan pula koleksi khusus untuk wanita karier seperti busana kantor, jilbab praktis, dan aksesoris pendukung.
  2. Cari suplier yang mau menerima kembali barang tak laku untuk ditukar tambah dengan produk baru. Biasanya terdapat kesepakatan jangka waktu maksimal barang dapat ditukar. Jika untuk barang tertentu Anda tak menemukan supplier yang demikian, Anda bisa menjual stok lama dengan harga diskon.
  3. Beri fasilitas khusus pada butik Anda, seperti toilet dan sofa tunggu.
  4. Beri keleluasaan pada saat konsumen memilih barang. Karyawan mendekat atau mengikuti hanya jika konsumen butuh informasi. Tak usah sewot jika ada konsumen yang membongkar begitu banyak tumpukan produk namun tak kunjung pasti mana yang hendak dibeli. Dekati dan tanyakan barang seperti apa yang ia inginkan.
  5. Agar pelanggan tak bosan, selain selalu up date koleksi, Anda bisa sedikit mengubah-ubah tema dekorasi. Tema dekorasi bisa disesuaikan dengan moment-moment tertentu seperti hari raya Islam, launching produk baru, dll. Untuk menunjukkan bahwa koleksi Anda selalu up date, ganti produk display yang terpasang pada manekin secara periodik.
  6. Jika dana sudah mencukupi dan Anda mulai dapat memetakan permintaan pasar, Anda bisa menggandeng desainer untuk menonjolkan orisinilitas produk butik Anda.

Contoh proposal bisnis atau usaha butik muslimah di atas bisa Anda pakai. Tugas Anda hanya merevisi data yang memang kurang update atau tidak sesuai dengan keadaan di lapangan. Perevisian tersebut dilakukan saat Anda akan membuka usaha butik muslimah.

Sekian info tentang bisnis butik muslimah usaha dengan prospek cerah, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Mohon post ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment