Pilar SDM

3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan

3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan

Pembahasan kita kali ini adalah 3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan. Semua orang pasti menginginkan bisnis atau usahanya tetap berdiri dan tahan dari segala hambatan. Oleh karena itu Anda harus melakukan hal-hal yang bisa membuat bisnis tahan.

3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan

3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan

Berikut ini 3 langkah dalam memanajemen karyawan agar kerajaan bisnis bisa berdiri dan tetap bertahan yaitu :

1. Motivasi karyawan

Sebagai manusia biasa, karyawan juga punya masalah-masalah pribadi di luar pekerjaan. Seringkali masalah pribadi yang menumpuk akan mengganggu kinerja mereka. Karena itu diperlukan pembinaan untuk memotivasi kerja karyawan. Untuk pemberian motivasi ini tidak harus mengadakan acara khusus. Anda dapat melakukan hal-hal sederhana dalam keseharian untuk membuat mereka bersemangat. Tips berikut ini dapat Anda coba:

a. Komunikasi hangat setiap Anda datang ke tempat usaha

Seringkali kita dibuat jengkel melihat tempat kerja yang kotor, berantakan. Tahan emosi Anda. Tanyakan kabar mereka atau kabar keluarganya. Berbincanglah seolah tidak ada masalah. Setelah tercipta komunikasi hangat, sadarkan mereka bahwa tempat kerja masih kotor dan berantakan. Mereka pasti akan membersihkan dengan senang hati.

b. Temukan dan pujilah kelebihan / prestasi mereka

Jangan pelit untuk memuji karyawan. Berusahalah untuk menemukan kelebihan mereka. Sekecil apa pun prestasi mereka jika Anda berikan apresiasi, mereka akan berusaha meningkatkan prestasinya.

c. Teguran dibalut senyuman

Jangan lekas emosi ketika mendapati karyawan Anda berbuat kesalahan, apalagi yang tanpa disengaja. Cobalah menegur disertai senyuman. Susunlah kata-kata yang mudah dicerna sehingga mereka paham bahwa teguran Anda adalah demi kemajuan bersama.

d. Berikan sanksi yang jelas dan tegas

Sosialisasikan sanksi untuk karyawan yang tidak mematuhi aturan. Misalnya bolos kerja, sering terlambat atau menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Terapkan sanksi tersebut secara tegas agar karyawan terbiasa disiplin. Suasana kerja yang disiplin akan menjaga kualitas dan semangat kerja karyawan.

Selain 4 tips di atas, Anda dapat pula membuat acara khusus untuk membina dan memotivasi karyawan. Kumpulkan seluruh karyawan dan undang seorang motivator untuk mengembalikan dan meningkatkan semangat kerja. Jika tidak mengundang motivator, Anda sendiri pun dapat bertindak sebagai motivator sekaligus menjalin kedekatan dengan karyawan.

2. Tentukan harga pas

Langkah dalam memanajemen karyawan yang kedua adalah tentukan harga pas. Pengelola minimarket tidak perlu terjun langsung melayani pembeli karena pada setiap produk telah tertera label harga. Begitu pula untuk bisnis Anda. Tetapkan harga yang jelas pada setiap produk sehingga memudahkan pelayan maupun pembeli. Untuk usaha makanan, tetapkan ukuran / takaran yang jelas untuk tiap porsi.

Jika Anda berdagang di pasar tradisional dimana semua harga bisa ditawar, tetapkan berapa harga penawaran dan berapa harga pas. Bisa juga dengan menetapkan harga pokok, kemudian selisih harga jual dengan harga pokok dijadikan pendapatan karyawan. Misalnya menjadi tambahan pendapatan karyawan. Dengan cara ini karyawan akan termotivasi untuk menjual sebanyak-banyaknya.

3. Berikan bonus

Langkah dalam memanajemen karyawan terakhir adalah berikan bonus. Agar karyawan termotivasi untuk meningkatkan penjualan, berikan bonus jika omzet melampaui target. Besaran bonus bisa bervariasi. Sebagai contoh, untuk menutup biaya operasional dan memperoleh laba yang cukup, perusahaan menetapkan target omzet Rp 25 juta per bulan. Di akhir bulan, ternyata omzet mencapai Rp 30 juta atau naik lima juta. Anda bisa mengambil 10 persen dari kenaikan omzet tersebut sebagai bonus untuk karyawan. Pembagiannya pun bisa bervariasi. Bisa dibagi rata atau dibagi sesuai beban / tanggung jawab karyawan tersebut.

Demikian info tentangĀ 3 Langkah dalam Memanajemen Karyawan semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment