Pilar Marketing

3 Aspek Pemasaran Bisnis yang Perlu Anda Tahu

3 Aspek Pemasaran Bisnis

Kali ini kami akan jelaskan mengenai 3 aspek pemasaran bisnis yang perlu Anda tahu. Ada beberapa Aspek pemasaran yang harus Anda pahami dan mengerti ketika akan memasarkan atau mempromosikan produk Anda.

3 Aspek Pemasaran Bisnis

3 Aspek Pemasaran Bisnis

Berikut 3 aspek pemasaran bisnis yang perlu Anda tahu yaitu :

1. Kenali Seluk Beluk Produk

Aspek pemasaran bisnis yang perlu diketahui adalah mengenai produknya. Seorang ratu penguasa kerajaan harus tahu kekuatan sekaligus kelemahan yang dimiliki kerajaannya. Mengetahui agar memiliki konsep yang jelas dalam membangun ekonomi rakyat dan membangun pertahanan bagi kerajaannya. Mengetahui kelemahan agar berhati-hati dan berusaha jangan sampai kelemahan tersebut tercium oleh musuh.

Begitu juga sebagai seorang Ratu Bisnis. Anda harus tahu keunggulan dan kelemahan produk-produk perusahaan Anda. Keunggulan tentu saja digunakan untuk mempromosikan produk tersebut. Sedangkan kelemahan digunakan sebagai bahan evaluasi agar ke depan dapat dihasilkan produk yang lebih baik.

Hati-hati jika Anda mempekerjakan sales. Pastikan semua sales memahami benar seluk beluk produk. Adakan training singkat sebelum mereka melayani konsumen. Informasi yang jelas dan menarik akan membuat konsumen segera tertarik. Jika sales Anda hanya memberi informasi sekenanya, dapat dipastikan konsumen akan segera pergi dan mencari produk lain. Ini berarti perusahaan Anda telah kehilangan peluang.

Untuk mengetahui tingkat kualitas produk Anda, kenali produk-produk sejenis di pasaran. Jika Anda berbisnis makanan misalnya, surveilah berbagai penjual makanan sejenis yang terkenal di daerah Anda. Bandingkan dengan produk Anda. Jika mereka unggul dalam rasa, maka Anda harus unggul tidak hanya soal rasa.

Tapi juga lebih cantik dalam penyajian dan kompetitif soal harga. Tempat yang nyaman dan pelayanan yang memuaskan juga dapat Anda jadikan keunggulan bisnis Anda. Terus adakan inovasi produk (aspek pemasaran bisnis). Hal-hal sederhana seringkali bisa menjadi nilai tambah produk Anda seperti misalnya :

  • Menambah aksesori yang match/cocok
  • Membuat kemasan lebih menarik
  • Mudah dibawa atau disimpan
  • Mudah dibersihkan
  • Menggabungkan dengan produk pendukung, seperti shampoo digabung dengan kondisioner
  • Menyematkan bonus cinderamata

Tidak ada salahnya jika Anda jalan-jalan ke luar kota misalnya, amati produk-produk yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk memberi nilai tambah bagi produk Anda. Buka line atau akses bagi konsumen untuk memberikan saran dan kritik. Merekalah yang menggunakan produk Anda, sehingga pasti merasakan kelebihan atau pun kekurangan produk Anda.

2. Siapkan Marketing Tools

Konsumen tidak akan membeli produk Anda jika mereka tidak tahu apa manfaatnya. Untuk memberikan gambaran mengenai keunggulan produk dan manfaat yang akan mereka terima, ilustrasikan menggunakan marketing tools. Siapkan dan kuasai marketing tools sebelum terjun ke pasar.

Beberapa marketing tools yang jadi aspek pemasaran bisnis dapat Anda gunakan :

a. Brosur / flyer

Ini adalah marketing tools yang paling sederhana. Berisi uraian singkat mengenai seluk beluk produk. Kuasai informasi yang tercetak dalam brosur tersebut dan berusahalah untuk menjelaskannya secara efektif. Tidak bertele-tele tapi konsumen langsung paham. Perkirakan juga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon konnsumen sehingga Anda pun telah mempersiapkan jawabannya.

b. Alat peraga

Kuasai penggunaan alat peraga sedetail mungkin. Kegagalan memperagakan alat akan berakibat jatuhnya performance Anda beserta produk yang Anda tawarkan. Pastikan alat peraga berfungsi dengan baik sebelum Anda menggunakannya untuk presentasi.

c. Laptop

Saat ini penggunaan laptop sudah merupakan sebuah kebutuhan, termasuk dalam menawarkan produk. Kuasai penggunaan laptop beserta aksesori pendukung. Selain membuat presentasi lebih menarik, penggunaan teknologi akan memberikan citra professional pada perusahaan Anda.

3. Kemampuan Presentasi dan Lobi

Kemampuan ini mutlak diperlukan untuk mengadakan penawaran pada calon konsumen atau mengadakan kerja sama dengan perusahaan lain. Bahkan kemampuan inilah yang menjadi ujung tombak laku atau tidaknya produk Anda. Produk yang tidak begitu menarik bisa terlihat menarik jika Anda mampu menjelaskannya dengan tepat.

Modal utama agar bisa presentasi dengan baik adalah percaya diri dan menguasai materi yang akan disampaikan. Meskipun Anda percaya diri tapi jika tidak menguasai materi, lawan bicara bisa under-estimate terhadap perusahaan Anda.

Demikian info tentangĀ 3 Aspek Pemasaran Bisnis yang Perlu Anda Tahu semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Comment