Peluang Bisnis

Produsen Kaos Kaki dan Manset Muslimah

Produsen Kaos Kaki dan Manset Muslimah

Pembahasan kita kali ini yakni produsen kaos kaki dan manset muslimah. Wanita yang berkerudung tidak jarang membutuhkan perlengkap busana selain kerudung, seperti kaos kaki dan manset. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakannya dalam menutup aurat.

Produsen Kaos Kaki dan Manset Muslimah

Persiapan Menjadi Produsen Kaos Kaki Muslimah

Untuk memproduksi kaos kaki (kaus kaki) dan manset muslimah, Anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut

  • Modal untuk membeli bahan manset, kaos kaki, plastik pembungkus, mesin jahit, dan perlengkapan menjahit. Jika Anda sudah memiliki mesin jahit sendiri, itu sudah dapat dijadikan salah satu modal.
  • Keahlian menjahit terutama menjahit manset dan kaos kaki.
  • Kesabaran dan ketekunan.
  • Referensi tempat belanja alat dan bahan yang Anda perlukan, misalnya di pasar-pasar khusus tekstil atau tempat-tempat penjualan kain.
  • Orang-orang yang menjadi target pemasaran usaha Anda. Target yang dijadikan sasaran tentunya adalah muslimah.
  • Siapkan waktu yang cukup untuk mengerjakan bisnis tersebut.
Pelaksanaan Jadi Produsen Kaos Kaki Muslimah

Untuk berjualan kaos kaki dan manset muslimah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Membuat motif manset dan kaos kaki yang unik dan lucu sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli manset dan kaos kaki yang Anda produksi.
  2. Memulai pemasaran kepada konsumen, sebelumnya perkirakan terlebih dahulu usia calon konsumen Anda.
  3. Mempertahankan terus ritme kerja Anda agar tetap eksis (konsisten). Untuk mempertahankan ritme kerja ini lebih sulit daripada memulai membuka usahanya.

Promosi dan Pemasaran Seorang Produsen Kaos Kaki Muslimah

Memasarkan bisnis kaos kaki dan manset muslimah dapat dilakukan kepada orang-orang berikut ini.

  • Promosi kepada teman-teman via jaringan pengajian di majelis taklim ibu-ibu dan juga teman-teman yang memakai kerudung atau jilbab.
  • Menjalin kerja sama dengan toko muslimah yang sudah ada lebih dahulu untuk memasarkan produk yang Anda buat. Melakukan pemasaran ke toko-toko tersebut dapat menjadi sarana yang cukup efektif.
  • Menjalin kerja sama dengan kenalan yang membuka toko perlengkapan muslimah yang berada di luar daerah dapat juga dilakukan. Diawali dengan membuka jaringan ke toko-toko pakaian muslimah yang berada di daerah lain. misalnya Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
  • Memasarkan dengan orang yang baru dikenal. Promosi tersebut dapat dilakukan di mana saja (tentu saja dengan melihat situasi dan kondisi).
Hambatan Menjadi Produsen Kaos Kaki Muslimah

Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam bisnis kaos kaki dan manset muslimah ini terletak pada beberapa hal berikut.

  1. Kekurangan pekerja. Mengelola usaha ini susah jika mengandalkan sumber daya manusia yang terbatas, misalnya hanya dua orang. Jika dua orang ini sedang menghadapi pemesanan yang banyak atau sedang sakit, pemesanan tidak dapat selesai sesuai permintaan.
  2. Tidak semua toko menerima produk ini, kecuali toko busana muslimah. Dengan demikian, Anda harus pintar-pintar melakukan negosiasi dan juga harus pintar melakukan pendekatan kepada orang-orang agar mau menjadi agen usaha Anda.
  3. Susah mencari bahan dasar yang cocok untuk membuat manset.

Analisis Produsen Kaos Kaki Muslimah

Berikut contoh proposal bila ingin menjadi seorang produsen kaos kaki dan manset muslimah yang bisa Anda lakukan (angka di bawah hanya estimasi saja)

Modal
Peralatan
1 unit komputer Rp 5.000.000
Jumlah Rp 5.000.000
Perlengkapan
Kartu nama Rp 25.000
Promosi (iklan, proposal) Rp 75.000
Jumlah Rp 100.000
Perhitungan laba / (rugi) per bulan
Pendapatan (2 kali jasa konsultasi dalam 1 bulan @ Rp 2.500.000) Rp 5.000.000
Biaya-biaya
Biaya listrik Rp 100.000
Biaya telepon Rp 100.000
Biaya transportasi Rp 250.000
Biaya penyusutan peralatan* Rp 104.146
Biaya perlengkapan Rp 100.000
Biaya lain-lain Rp 100.000
Jumlah biaya Rp 754.146
Laba / Rugi Bersih
= pendapatan – biaya
= Rp 5.000.000 – Rp 754.146 Rp 4.245.854

Catatan:

*Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan  metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.000.000 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 1.249.750 per tahun atau sama dengan Rp 104.146 per bulan

Selain materi tentang produsen manset muslimah dan kaos kaki, kami juga menyediakan info peluang bisnis. Program reseller Pijar Rabbani bisa jadi alternatif bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

Demikian info seputar produsen kaos kaki dan manset muslimah, kami harap post ini bermanfaat buat Anda. Tolong post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

About the author

Hijab Muslimah

Leave a Comment